Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cek Jadwal Imsak di 4 Aplikasi Ini! Lindungi Ponselmu dengan Asuransi Sinarmas

by Sindhi Aderianti on 4 Mei, 2020

Tak terasa, bulan Ramadan sudah memasuki hari ke-11. Dalam menjalani ibadah puasa, seluruh umat Muslim diwajibkan menahan hawa nafsunya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Sahur pun menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum berpuasa, dengan waktu imsak sebagai atas akhir boleh makan dan minum.

Cara Cek Jadwal Imsak Lewat Aplikasi Hp

Namun seperti yang diketahui, Indonesia memiliki tiga zona perbedaan waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Oleh karenanya, kita harus lebih teliti memantau ‘jam-jam krusial’ terutama imsak, agar selalu bangun sahut tepat waktu.

Beda Waktu Imsak dan Subuh

Dalam menerapkan batas waktu sahur, umumnya kita melihat jadwal imsakiyah. Tapi, ada juga sebagian orang yang baru benar-benar berhenti makan dan minum begitu adzan subuh berkumandang. Lantas sebenarnya apa yang membedakan antara imsak dengan subuh?

Secara istilah, imsak merupakan waktu di mana seorang muslim yang sedang makan sahur harus menahan segala hal yang membatalkan puasa. Waktunya biasanya 10 hingga 15 menit sebelum adzan subuh. Sementara itu,  subuh merupakan waktu berkumandangnya adzan yang menjadi penanda dimulainya pelaksanaan salat.

Menurut Al-Quran, ada 3 istilah yang digunakan dalam ibadah puasa yakni shiyamshaum dan imsak.  Nah, kesalahan yang dilakukan umat Islam di Indonesia tak lain adalah meletakkan waktu imsak terlalu mepet dengan adzan subuh. Padahal secara timing, imsak itu sebenarnya berbarengan dengan dikumandangkannya adzan subuh.

Jadi, bila kamu melihat sudah memasuki jadwal imsak namun belum masuk subuh, masih diperbolehkan untuk melanjutkan sahur. Lalu berhenti makan dan minum, serta hal lain yang membatalkan puasa begitu adzan subuh berkumandang.

(Baca Juga: 10 Manfaat Puasa dari Segi Medis, Salah Satunya Bikin Awet Muda!)

Cek Jadwal Imsak Melalui Website dan Aplikasi Ini

Selama menjalankan ibadah puasa, kendala yang umumnya terjadi sering kali tidak mengetahui jadwal imsak sampai tak punya gambaran sebaiknya bangun sahur dari jam berapa. Demi mengatasi hal tersebut, ada beberapa website dan aplikasi Islami yang merilis jadwal imsak untuk masing-masing daerah.

1. Kementerian Agama

Kementerian Agama - Cek Jadwal Imsak di 4 Aplikasi Ini

Melalui website resmi Kementerian Agama dan Direktorat Jenderal Bimbinga Masyarakat, kamu akan diberi pilihan untuk melihat jadwal imsak atau salat. Cukup akses bimasislam.kemenag.go.id, lalu pilih jadwal imsak. Setelah itu, pengunjung website kemudian diminta memilih daerah tempat tinggal (provinsi dan kota) masing-masing. Setelah itu, kamu akan disuguhkan dengan jadwal imsak 1 Ramadan hingga 30 Ramadan.

 2. Muslim Pro

Muslim Pro - Cek Jadwal Imsak di 4 Aplikasi Ini

Muslim Pro merupakan aplikasi muslim paling populer yang telah diunduh sebanyak 50 juta pengguna. Aplikasi ini mempunyai fitur yang menampilkan jadwal sholat, pemberitahuan adzan, jadwal imsak dan iftar, hingga tasbih digital. Bahkan Muslim Pro juga dilengkapi fitur Al-Quran digital yang memudahkanmu membaca ayat-ayat suci dimanapun.

3. Qurma

Qurma - Cek Jadwal Imsak di 4 Aplikasi Ini

Aplikasi ini bisa dibilang all in one untuk kebutuhan muslim sehari-hari. Lewat Qurma, kamu bisa tahu jadwal puasa dan imsakiyah dari kalender hijriah dan jadwal sholat yang ada di dalam aplikasi. Selain itu Qurma juga punya fitur lain yang menarik. Seperti tasbih digital dan Qurma market, tempat di mana kamu bisa berbelanja segala kebutuhan seperti pakaian muslim. Ada juga konten video ceramah harian dari banyak ustadz.

4. Muslimlife

Muslimlife - Cek Jadwal Imsak di 4 Aplikasi Ini

Selanjutnya untuk mengetahui jadwal imsak Ramadan 2020, bisa juga melalui aplikasi bernama Muslimlife. Tak hanya jadwal puasa, imsakiyah, dan waktu sholat, kamu pun berkesempatan ikut kelas tajwid melalui aplikasi tersebut secara gratis. Muslimlife juga punya fitur qibla finder, sedekah untuk anak yatim, dan klinik Al Fatihah di mana kamu bisa mengecek apakah bacaan kamu sudah tepat atau belum.

Lindungi Ponsel Kesayanganmu dengan Simas Insurtech

Selama self quarantine, tentu smartphone menjadi sahabat terbaik dalam menunjang produktivitasmu. Terlebih di bulan Ramadan ini, ponsel pintar semakin diandalkan karena bisa digunakan untuk mengetahui jadwal imsak, mencari resep masakan sahur dan berbuka, hingga mengikuti kajian online.

Begitu pentingnya smartphone bagi hidupmu, menjadikan asuransi elektronik juga perlu dimiliki. Sebab di banyak kasus, smartphone yang mendadak rusak menyebabkan pengeluaran tak terduga dan mahal pula biaya servisnya. Dengan asuransi elektronik, tentunya kamu akan memperoleh banyak manfaat perlindungan smartphone kesayangan, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Beberapa kerugian yang disebabkan oleh kelalaian pengguna umumnya tidak akan dijamin oleh manfaat asuransi peralatan elektronik. Adapun risiko yang dijamin dalam asuransi elektronik ini antara lain sebagai berikut:

  • Bencana alam
  • Kebakaran
  • Ledakan
  • Sabotase
  • Pencurian perampokan
  • Salah rakit
  • Salah rancang / disain
  • Kerusakan komponen
  • Resiko yang sifatnya tak terduga

Sinarmas Insurtech siap melindungi barang-barang elektronikmu lewat jaminan asuransi. Selain smartphone, asuransi elektronik juga berlaku bagi televisi, laptop, hingga mesin digital dan pabrik. Yuk, ajukan segera asuransi ini melalui CekAja.com yang pasti lebih mudah!

(Baca Juga: Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara, Sudah Pernah Coba?)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.