Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

3 Risiko Pekerjaan Pemadam Kebakaran, Lindungi Dengan Ciputra Life Biar Aman

by Gito on 5 May, 2020

Pemadam Kebakaran merupakan salah satu profesi yang memiliki risiko sangat tinggi. Pemuda-pemuda tangguh itu mempertaruhkan semuanya, termasuk kesehatan dan keselamatannya untuk menyelamatkan orang lain dari bencana yang kadang kala, tidak hanya kebakaran.

Memperingati Hari Pemadam Kebakaran Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Mei, kamu perlu tahu bahwa tidak mudah untuk menjadi anggota Pemadam Kebakaran alis Damkar. Mental dan fisik kamu dituntut harus selalu prima.

Disamping itu, kamu juga harus bisa mengambil tindakan yang benar namun cepat dalam situasi apapun. Maka tak aneh jika program pelatihan Damkar di Indonesia, mirip dengan program latihan tentara.

Hal itu disandarkan pada ragam permasalahan yang ditemui petugas Damkar saat menjalankan tugas.

Karena petugas pemadam kebakaran tidak hanya berjibaku dengan api, permasalahan lainnya seperti pohon tumbang, evakuasi binatang liar layaknya biawak atau sarang tawon, hingga kepala anak terjepit di pagar ditangani oleh petugas pemadam kebakaran.

Nah berikut merupakan 3 risiko yang harus dihadapi pemadam kebakaran saat menjalankan tugasnya.

(Baca juga: Asuransi untuk Lukisan? Simak Jenis dan Manfaatnya)

1. Risiko kematian

Pemadam Kebakaran memiliki semboyan, pantang pulang sebelum padam. Hal itu mengisyaratkan tentang jiwa juang dan juga semangat yang tidak boleh kalah berkobar dengan si jago merah.

Dengan jam kerja yang mengikat selama 24 jam, 7 hari seminggu dan 30 hari satu bulan, tidak ada kata libur bagi para satria berbaju oranye tersebut.

Setiap saat, kala masyarakat membutuhkan Petugas Damkar bisa langsung diterjunkan untuk membantu masyarakat mengatasi masalah yang terjadi.

Karena tingginya risiko pekerjaan tersebut, Petugas Pemadam Kebakaran kerap dihadapkan pada risiko kematian saat menjalankan tugas.

Oleh karena itu perlu kecekatan bertindak dan kematangan berpikir dalam melakukan pekerjaannya.

Kebakaran lahan yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia juga ditangani oleh petugas pemadam kebakaran yang bekerjasama dengan instansi lainnya.

Tingginya risiko tersebut bisa kamu lihat di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran, “Pantang Pulang Sebelum Padam, Walau Nyawa Taruhannya”.

2. Risiko Kesehatan

Seringnya petugas Damkar menghirup asap membuat kondisi kesehatannya berisiko.

Meskipun dalam melakukan tugasnya, petugas dilengkapi dengan masker gas yang mampu menyaring udara dan juga partikel beracun lainnya, tetapi potensi terpaparnya tetap ada.

Oleh karena itu, penting bagi petugas pemadam untuk selalu menjaga kebugaran tubuhnya dengan memakan makanan yang bergizi tinggi.

Di beberapa wilayah administratif juga sudah disiapkan insentif tambahan untuk peningkatan gizi dan juga penghasilan diluar gaji petugas Damkar.

Tingginya beban pekerjaan dan juga luasnya cakupan tugas membuat para petugas Damkar harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun daerah.

3. Risiko kecelakaan kerja

Risiko ini bisa terjadi bagi siapa saja dan untuk profesi apapun. Namun risiko lebih besar ditanggung oleh petugas damkar.

Betapa tidak, ketika ada ular kobra masuk ke perumahan warga atau rumah yang mengalami kebakaran, petugas damkarlah yang berada pada garis paling depan dalam upaya penyelamatan.

Mau itu hewan buas, api yang panas, kabel listrik menjuntai, anjing yang tenggelam, cincin yang tidak bisa terlepas dari jari atau kepala anak yang tersangkut pagar, semunya harus dihadapi oleh para petugas damkar.

Mereka tidak diberi kesempatan untuk memilih masalah apa yang boleh tidak ditangani.

Jika ada telepon dari masyarakat, maka bergegas mereka berpakaian dinas lapangan dan menyalakan sirene truk pemadam. Oleh karena itu risiko pekerjaan tidak dapat dilepaskan dari profesi mereka.

(Baca juga: Jadikan Bisnis dengan JULO, Ini 5 Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan)

Lindungi Kesehatan Dengan Ciputra Life 

Nah buat kamu yang berprofesi sebagai Petugas Pemadam Kebakaran, berbangga hatilah. Karena profesi tersebut merupakan profesi yang mulia. Tidak banyak orang yang rela berkorban demi orang lain.

Agar semuanya bisa tetap terlindungi dan tidak ada yang dikorbankan, kamu mesti memikirkan untuk menambah perlindungan diri. Salah satu caranya adalah dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Hal itu dimaksudkan agar kamu bisa tetap sehat dan memiliki rencana cadangan jika sesuatu yang buruk datang menghampiri. Jadi pekerjaan kamu aman, risiko yang mungkin terjadi juga bisa ditanggulangi oleh pihak asuransi.

Proteksi dari Ciputra Life merupakan salah satu opsi yang baik untuk kamu. Proses pembayarannya tidak perlu repot kamu setor di bank setiap bulan, karena bisa dilakukan autodebit untuk setiap pembayaran. 

Untuk melihat dan menemukan produk asuransi yang cocok buat kebutuhan kamu, akses CekAja.com. Kamu tidak perlu repot telpon dan cek website perusahaan asuransi yang kamu inginkan.

Preminya murah lo dan biaya pertanggungannya besar. Jadi tunggu apa lagi. Lindungi kesehatanmu agar kamu bisa melindungi keluargamu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit