Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Dia Daftar Penyedia Asuransi All Risk Untuk Sepeda Motor

by Maria Nofianti on 8 Mei, 2020

Kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahun terus bertambah seiring dengan kebutuhan manusia akan alat transportasi untuk mobilitas yang tinggi. Setiap tahunnya peningkatan dalam jumlah kendaraan bermotor bahkan mencapai kurang lebih 6%. Sampai sekarang mungkin jumlah sepeda motor di Indonesia sudah mencapai separuh dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Karena bayangkan saja, hampir setiap rumah memiliki sepeda motor, bahkan ada yang setiap anggota keluarganya memiliki satu motor masing masing.

Ini Dia Daftar Penyedia Asuransi All Risk Untuk Sepeda Motor Dan Cara Memilihnya

Jumlah sepeda motor yang sangat banyak ini berbanding lurus dengan jumlah kecelakaan motor. Begitu juga dengan kasus pencurian sepeda motor. Entah semahal apapun sepeda motor kita pasti tidak akan lepas dari kemungkinan dicuri orang lain. Meskipun sudah banyak teknologi yang mengklaim kalau sepeda motor akan aman dari gangguan pencuri.

Terlepas dari berapa pun harga sepeda motor kita, itu tidak akan membuatnya terlepas dari risiko tindak kejahatan seperti pencurian dan perampasan. Kalau dulu pencuri sepeda motor bermodalkan kunci T saja maka sekarang mereka lebih pintar dengan menggunakan cairan sebagai pembuka kuncinya. Jika kita sedang apes bisa saja sepeda motor kita amblas dibawa pencuri. Belum lagi maraknya kasus begal di jalanan yang akan merampas sepeda motor kita. Tindak kejahatan ini menjadi salah satu alasan banyak orang yang mencari asuransi untuk sepeda motor. Tidak hanya untuk alasan takut lecet atau rusak, membeli asuransi untuk sepeda motor lebih dari untuk keselamatan sepeda motor beserta pengemudinya.

Tetap tenang dan hubungi Polisi, itu adalah salah satu cara yang pertama bisa kita lakukan. Karena memang kadang-kadang yang terburuk terjadi, dan meskipun upaya terbaik kita, seseorang pencuri bisa saja kabur dengan membawa motor kita. Sejumlah pikiran bisa melintas di kepala kita seperti mengekstraksi dendam yang kejam seperti amukan massa dan tidak biasa pada pelaku atau hanya kesedihan karena memikirkan berapa biaya penggantian itu. Panduan singkat ini adalah ringkasan dari apa yang harus kita lakukan jika sepeda motor dicuri untuk meningkatkan kemungkinan sepeda motor kita ditemukan dan membuat kekhawatiran hilang.

(Baca juga: Biaya Ganti Plat Motor dan Syaratnya)

Apakah sepeda motor kita telah dicuri di rumah, tempat parkir  atau di luar jalan, langkah pertama yang bisa kita lakukan saat mengalami ini adalah harus melaporkan pencurian tersebut ke Polisi. Kita harus memberi mereka informasi plat nomor, merek dan model sepeda serta tempat pengambilannya dan waktu pencurian. Semakin cepat hal ini dilakukan, semakin cepat sepeda motor ditemukan pada basis data curian yang relevan yang berarti dapat dilacak oleh kamera ANPR (pengenal plat nomor otomatis). Jika sepeda motor memiliki sistem pelacakan GPS yang terpasang, berikan juga rincian kepada Polisi, karena mereka akan dapat mengirim seseorang ke lokasi sepeda motor yang terlacak dan diketahui.

Langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan memberi tahu perusahaan Asuransi. Ya, kita juga perlu menghubungi perusahaan asuransi secepat mungkin. Mereka akan meminta rincian yang sama yang dimiliki oleh Polisi dan akan mencatat klaim asuransi dalam sistem mereka.

Asuransi untuk sepeda motor juga sudah banyak ditawarkan di Indonesia. Asuransi ini akan melindungi sepeda motor kita dari risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi. Apalagi jika harga motor kita mencapai puluhan juta pasti akan sayang jika rusak atau hilang. Asuransi yang cocok untuk sepeda motor yang harganya berpuluh-puluh juta adalah asuransi all risk. Asuransi all risk ini biasanya memang menargetkan untuk sepeda motor yang berharga minimal Rp30 juta. Contohnya saja jika kita memiliki sepeda motor seperti Kawasaki Ninja, Honda CBR terbaru yang berkapasitas 250 cc maka jika tak punya asuransi all risk bisa-bisa dibuat meringis saat lecet saja. Maka dari itu kita akan buat daftar penyedia asuransi all risk untuk sepeda motor rekomendasi kita serta cara memilih asuransi sepeda motor yang bagus.

Manfaat asuransi all risk

Sebelum kita membahas daftar penyedia asuransi all risk untuk sepeda motor akan lebih baik jika kita tahu manfaat apa saja yang akan kita dapatkan saat kita memiliki asuransi all risk ini. seperti yang sudah banyak orang tahu bahwa asuransi ini ada dua jenis yaitu asuransi TLO (total loss only) dan all risk. Untuk asuransi TLO, asuransi hanya akan menanggung kerugian jika motornya hilang atau kerusakan minimal mencapai 75%. Nah untuk asuransi all risk ini manfaatnya ternyata lebih banyak loh. Apa sajakah itu? Yuk disimak di bawah ini.

  • Asuransi akan menanggung risiko karena perbuatan jahat orang lain
  • Asuransi akan menanggung risiko karena tabrakan, benturan, tergelincir, terbalik atau terperosok
  • Asuransi akan menanggung risiko karena pencurian termasuk didalamnya pencurian yang disertai tindak kekerasan
  • Asuransi akan menanggung risiko karena kebakaran akibat dari sambaran petir.

Manfaat yang banyak dari asuransi all risk untuk sepeda motor ini membuat besaran premi yang harus dibayarkan juga lebih besar daripada asuransi TLO. Nilai premi yang besar ini sebanding dengan risiko yang akan kita hadapi jika tidak memiliki asuransi motor.

Selanjutnya kita bisa beralih ke daftar penyedia asuransi all risk untuk sepeda motor yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk kalian. Kebanyakan asuransi di Indonesia hanya menawarkan proteksi TLO saja.  Tapi bukan tidak mungkin asuransi all risk ada di Indonesia. Contohnya adalah:

1. Asuransi motor Allianz

Selain memiliki asuransi untuk mobil, asuransi Allianz masuk dalam salah satu daftar penyedia asuransi all risk untuk sepeda motor. Asuransi dengan perlindungan all risk ini kan melindungi sepeda motor dengan berbagai jenis kerusakan minor maupun mayor. Umur sepeda motor yang bisa diasuransikan maksimal 5 tahun dengan nilai kendaraan maksimal Rp35 juta. Asuransi motor Allianz memiliki manfaat termasuk di dalamnya water hammer, memiliki fitur Allianz ODS yaitu One Day claim Service yang bisa dimanfaatkan kapan saja. Allianz juga memiliki banyak bengkel rekanan yang bekerja sama. Harga preminya selain berdasarkan wilayah tempat tinggal nasabah juga ditentukan oleh merk sepeda motor, tipe sepeda motor, tahun pembuatan hingga harga kendaraan.

Untuk bisa mengajukan klaim bisa melalui kantor perwakilan Allianz, jaringan bengkel rekanan Allianz dan fasilitas one day claim service. Dalam pengajuan klaim ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi yaitu formulir klaim, fotokopi KTP, SIM, dan STNK. Setelah adanya Surat Perintah kerja maka kita bisa langsung melakukan proses klaim.

2. Asuransi Central Asia

Asuransi ACA menawarkan jaminan all risk yang sangat bermanfaat terutama bagi para pemilik sepeda motor mahal. Motor-motor besar seperti Harley Davidson sangat cocok untuk diasuransikan dengan asuransi motor ACA ini. Usia sepeda motor yang bisa diasuransikan maksimal berumur 5 tahun dan nilai pertanggungan maksimal bisa mencapai Rp800 juta. Besarnya premi juga berbeda berdasarkan harga pertanggungan seperti di bawah ini:

  • Untuk uang pertanggungan sampai Rp100 juta, premi 3%
  • Untuk uang pertanggungan dari Rp100 juta – Rp150 juta , premi 2,75%
  • Untuk uang pertanggungan dari Rp150 juta – Rp300 juta, premi 2,25%
  • Untuk uang pertanggungan dari Rp300 juta – Rp500 juta, premi 2%
  • Untuk uang pertanggungan Rp500 juta ke atas, premi 1,75%

Asuransi ini memiliki biaya own risk minimal Rp200.000 setiap kejadiannya.

3. Simoda

Asuransi Simoda mengklaim masuk dalam daftar penyedia asuransi all risk untuk sepeda motor yang pertama di Indonesia. Usia sepeda motor yang bisa diasuransikan minimal 2 tahun. asuransi ini menawarkan premi sebesar 4,5% flat dan nilai uang pertanggungannya bisa dinego bersama pihak asuransinya. Biaya untuk own risk per kejadian sebesar Rp300.000.

4. Kawasaki Rider Protection

Asuransi ini dibuat khusus untuk kita yang memiliki motor Kawasaki dan PT JBR Motorcycle Indonesia yang merintis asuransi all risk untuk pemilik motor Kawasaki. Kita bisa mendaftar menjadi membernya untuk bisa mengetahui tarif preminya. Biaya own risk asuransi ini senilai Rp 300.000 per kejadian. Nilai pertanggungannya juga bisa di nego dengan pihak asuransi dan masa perpanjangan selama 7 tahun.

(Baca Juga: Penyebab Klaim Asuransi Sepeda Motor Ditolak)

Nah itu dia daftar penyedia asuransi all risk untuk sepeda motor yang bisa kita rekomendasikan. Untuk bisa memilih asuransi all risk yang sesuai dengan sepeda motor kita memang harus cerdas. Berikut adalah tips cara memilih asuransi motor yang sesuai:

  • Tahu jumlah premi yang bisa dibayarkan. Dalam memilih asuransi harus memperhatikan kemampuan finansial kita. Jangan sampai memberatkan keuangan kita. Jadi kita harus tahu berapa premi yang bisa kita bayarkan dan sesuaikan dengan asuransi mana yang preminya cocok dengan keadaan keuangan kita.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor kita. Jika kita memiliki sepeda motor baru dan harganya lumayan mahal maka asuransi all risk bisa menjadi pilihan. Ini penting, agar jika terjadi hal yang diinginkan, kita tak dibuat stress lantara harga sepeda motor yang mahal.
  • Pilih perusahaan asuransi yang kredibel dan memiliki reputasi baik. Jangan sampai tertipu dengan data-data palsu sebuah perusahaan asuransi ya. Pertimbangkan untuk meminta saran dari keluarga, teman atau dealer. Selain mencari informasi sendiri melalui internet tentunya.
  • Pilih yang proses klaimnya mudah dan cepat. Salah satu manfaat yang akan kita nikmati adalah klaim dari asuransi itu sendiri. maka pilihlah yang proses klaimnya tidak susah. Pastikan untuk tahu syarat-syarat klaim yang harus dipenuhi serta caranya.
  • Pilih asuransi dengan jumlah bengkel rekanan yang luas. Ini untuk mengantisipasi jika saja terjadi sesuatu maka kita akan dengan mudah menemukan bengkel yang bisa dipakai untuk klaim asuransi nantinya. Tak terbayangkan bukan jika rekanan bengkelnya sedikit atau mungkin jauh dari lokasi kita berada, tentu saja asuransinya akan sangat sia sia. Jadi perhatikan dan cek ini baik baik sebelum memilih asuransi untuk sepeda motor.

Banyak orang yang masih belum sadar pentingnya memiliki asuransi untuk sepeda motor mereka meskipun manfaatnya terbilang besar. Dengan mempunyai asuransi untuk sepeda motor sejak awal sebenarnya bisa mengurangi beban premi dan kerugian yang bisa disebabkan karena kejadian tak diinginkan. Jadi lindungi aset kita dengan asuransi ya!

Tentang Penulis