Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Berbagai Macam Asuransi Jiwa Yang Diminati Banyak Orang

by Maria Nofianti on 8 Mei, 2020

Asuransi memang menjadi sebuah alat proteksi bagi kita dari sebuah kerugian atas risiko yang mungkin akan terjadi. Salah satu yang populer adalah asuransi jiwa. Asuransi ini sudah lama berada di Indonesia. Asuransi Jiwa didefinisikan sebagai kontrak antara pemegang polis dan perusahaan asuransi, di mana perusahaan asuransi jiwa akan membayar jumlah tertentu kepada keluarga individu tertanggung setelah kematiannya. Jumlah uang santunan dari asuransi jiwa akan dibayarkan dengan imbalan yang sesuai dengan sejumlah premi tertentu.

macam asuransi jiwa yang diminati

Mengapa Asuransi Jiwa Penting?

Kita semua ingin mencapai kebebasan finansial pada titik tertentu dalam hidup kita, dan ketika melakukan itu, kita cenderung percaya bahwa tabungan cukup untuk membuat kita stabil secara finansial. Tetapi, jika kita memandang kehidupan dari perspektif praktis, kita akan memahami bahwa menabung saja tidak cukup untuk mencapai kebebasan finansial. Lebih dari itu, kita harus tahu bahwa kepemilikan asuransi jiwa saat ini memang diperlukan.

Asuransi jiwa adalah salah satu pilar keuangan pribadi, yang patut dipertimbangkan oleh setiap rumah tangga. Dalam tulisan ini bahkan mencoba mengajak kita melangkah lebih jauh dengan mengatakan itu penting bagi kebanyakan orang. Namun, meskipun penerapannya hampir universal, masih ada banyak kebingungan, dan bahkan skeptisisme, mengenai asuransi jiwa.

(Baca Juga: Asuransi Jiwa dengan Uang Pertanggungan Terbesar di Indonesia)

Mungkin ini karena kompleksitas asuransi jiwa, ada banyak agen asuransi yang memberikan penawaran dan yang menjualnya atau hanya preferensi kita untuk menghindari topik kematian kita sendiri. Tetapi dengan berbekal informasi yang tepat, kita dapat menyederhanakan proses pengambilan keputusan dan sampai pada pilihan yang tepat untuk diri sendiri dan keluarga kita.

Jika ada yang mengandalkan kita secara finansial, maka jelas kita memerlukan asuransi jiwa. Ini sebenarnya wajib jika kita adalah pasangan atau orang tua dari anak-anak menjadi tanggungan. Asuransi jiwa tidak hanya menerapkan nilai moneter pada kehidupan seseorang. Alih-alih, itu membantu mengkompensasi konsekuensi keuangan yang tak terhindarkan yang menyertai hilangnya nyawa.

Secara strategis, ini membantu mereka yang tertinggal menutupi biaya pengeluaran akhir, hutang dan hipotek yang terutang, biaya pendidikan yang direncanakan dan kehilangan pendapatan. Tetapi yang paling penting, setelah kematian yang tak terduga, asuransi jiwa dapat mengurangi beban keuangan pada saat anggota keluarga yang masih hidup berhadapan dengan kehilangan orang yang dicintai. Selain itu, asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan pikiran yang berharga bagi pemegang polis. Itulah sebabnya asuransi jiwa sangat penting bagi pencari nafkah utama dalam rumah tangga berpenghasilan tunggal.

Apa itu asuransi jiwa?

Asuransi jiwa adalah kontrak atau polis. Polis adalah kontrak antara perusahaan asuransi jiwa dan seseorang yang memiliki kepentingan finansial dalam kehidupan dan mata pencaharian orang lain. Perusahaan asuransi mengumpulkan premi dari pemegang polis dan membayar klaim yang disebut manfaat kematian, jika terjadi kematian. Perbedaan antara premi yang diambil dan klaim yang dibayarkan adalah keuntungan perusahaan asuransi.

Ada empat pemain utama, atau peran, dalam polis asuransi jiwa. Peran-peran ini milik penanggung, pemilik, tertanggung, dan penerima manfaat. Penanggung adalah perusahaan asuransi, yang bertanggung jawab untuk membayar klaim dalam kasus kematian. Pemilik polis bertanggung jawab atas pembayaran premi kepada perusahaan asuransi. Tertanggung adalah orang yang didasari kebijakan tersebut. Penerima manfaat adalah orang, perwalian atau entitas lain yang akan menerima klaim asuransi jiwa atau santunan kematian dalam kasus kematian tertanggung.

Hidup itu indah, tetapi juga tidak pasti. Apa pun yang kita lakukan, betapapun cerdas dan kerasnya kita bekerja, kita tidak pernah yakin apa yang ada dalam hidup untuk kita. Karena itu penting agar kita tidak membiarkan apa pun terjadi secara kebetulan, terutama untuk memiliki asuransi jiwa.

Karena kematian adalah satu-satunya hal yang pasti dalam kehidupan, selain dari pajak, kita bisa membayar untuk mengasuransikannya terlebih dahulu. Tapi apakah kamu tahu macam asuransi jiwa yang diminati banyak orang sekarang ini? Jika belum mungkin kamu akan mendapatkan jawabannya disini. Tahu macam asuransi jiwa yang diminati sekarang ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih asuransi jiwa.

Definisi & Penjelasan Asuransi Jiwa

Jika kita menggunakan definisi kamus, “asuransi jiwa” adalah produk keuangan yang membayar kita atau tanggungan kita sejumlah uang baik setelah periode yang ditentukan atau setelah kematian kita, tergantung pada masalahnya. Namun, jika kita memahami istilah ini dengan jelas dan juga menghargai arti pentingnya dalam hidup kita, pertimbangkan “asuransi jiwa” sebagai rencana cadangan untuk melindungi hidup kita.

Asuransi jiwa dalam bentuknya yang paling sederhana berarti dipersiapkan secara finansial, apapun yang terjadi. Ini memastikan bahwa keluarga kita akan menerima bantuan keuangan jika kita tidak bisa memberikan penghasilan yang sangat dibutuhkan (mungkin karena kecelakaan, pensiun, atau kematian sebelum waktunya).

Manfaat Asuransi

Dalam istilah hukum, asuransi jiwa adalah kontrak antara pemegang polis asuransi (tertanggung) dan perusahaan asuransi (penanggung). Berdasarkan kontrak ini, perusahaan asuransi berjanji untuk membayar sejumlah uang yang telah diputuskan sebelumnya (juga dikenal sebagai “Uang Pertanggungan” atau “Nilai Pertanggungan”) setelah kematian tertanggung atau setelah periode tertentu. Pentingnya memiliki asuransi jiwa adalah untuk memanfaatkan “ketenangan pikiran” yang dibawanya. Namun, dengan kita memiliki asuransi jiwa secara efektif tentu akan membebaskan pikiran kita dari beberapa pertanyaan penting seperti:

  • Apa yang akan terjadi pada keluarga kita secara finansial setelah kita meninggal?
  • Bagaimana istri dan anak-anak kita akan mengurus pengeluaran mereka setelah kita tidak ada lagi?
  • Bagaimana kita akan memenuhi kebutuhan keluarga kita jika kita kehilangan pekerjaan setelah kecelakaan?
  • Bagaimana saya memastikan bahwa kita bisa mendanai pendidikan tinggi anak kita?
  • Bagaimana kita memastikan penghasilan setelah pensiun?

Sekarang, untuk memiliki masa depan yang terjamin secara finansial, kita (tertanggung) harus membayar kepada perusahaan asuransi (perusahaan asuransi) “premi asuransi jiwa”, yang merupakan pembayaran tahunan reguler atau pembayaran satu kali tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

Asuransi jiwa ternyata juga memiliki banyak macamnya loh. Asuransi ini masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan, daya beli dan kemampuan masyarakat. Sebelum kita membahas macam asuransi jiwa yang diminati akan lebih baik kita tahu dulu macam atau jenis asuransi jiwa yang banyak ditawarkan di Indonesia.

1. Asuransi Term Life (berjangka)

Asuransi term life akan memberikan perlindungan kepada kita dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Asuransi jenis ini memiliki jangka waktu biasanya 5, 15 atau 20 tahun. Premi yang dibayarkan juga murah dan tetap. Asuransi term life ini sangat cocok bagi kita yang menginginkan perlindungan bagi hidup kita tapi kita hanya memiliki kemampuan finansial yang terbatas.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi term life ini adalah kita bisa menentukan besarnya premi yang akan kita bayarkan yang bisa menyesuaikan keadaan kita dan uang pertanggungan nya memiliki nilai yang cukup besar. Tapi jika kita tidak memiliki masalah seperti sakit/meninggal dunia sampai kontrak itu selesai maka uang preminya akan hangus. Karena hal ini tidak banyak masyarakat yang berminat membelinya.

2. Asuransi Whole Life (seumur hidup)

Asuransi jiwa whole life akan melindungi kita seumur hidup, beberapa asuransi akan melindungi sampai umur 100 tahun. Manfaat dari asuransi ini bisa lebih dari sekedar perlindungan karena bisa dijadikan tabungan jangka panjang apalagi jika kita tidak mempunyai tanggungan. Premi untuk asuransi ini lebih mahal dan bisa dua kali lipat dari premi asuransi term life. Tapi yang menarik kita tidak akan kehilangan uang premi saat kontrak kita dengan asuransinya selesai. Jadi kita masih bisa mendapatkan uang tunai saat kontrak selesai.

3. Asuransi Dwiguna (endowment)

Asuransi dwiguna ini adalah asuransi yang memiliki manfaat double yaitu perlindungan dan tabungan. Asuransi dwiguna ini keluarga kita akan bisa menerima manfaat uang pertanggungan saat kita meninggal dunia pada masa tertentu sesuai dengan kebijakan polis dan kita juga bisa menarik uang polis asuransi di waktu tertentu saat kontraknya belum berakhir jika kita membutuhkan uang.

Untuk lebih memastikan ketersediaan dana pendidikan bagi anak, atau untuk dana pensiun yang lebih banyak atau bisa juga untuk dana darurat di masa depan adalah alasan mengapa banyak orang berminat untuk membeli asuransi dwiguna ini. Besarnya manfaat yang didapatkan dari asuransi dwiguna ini juga tak lepas dari nilai preminya yang cukup besar bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Jadi paling banyak orang-orang dari kalangan menengah ke atas yang berminat membelinya.

4. Asuransi unit link

Asuransi dengan double manfaat sepertinya menjadi tren sekarang ini. Asuransi unit link menjadi salah satu macam asuransi jiwa yang diminati banyak orang. Mengapa? Satu, karena manfaat yang didapatkan yaitu proteksi dan investasi. Dua, jumlah premi yang harus dibayarkan jauh lebih murah dari asuransi dwiguna yang juga memberikan manfaat double.  Tiga, bunga yang cukup tinggi tiap tahunnya bisa menjanjikan hasil investasi yang lumayan besar. Jika kamu ingin berinvestasi tapi masih belum mengerti bagaimana investasi itu maka membeli asuransi unit link ini yang paling cocok.

Dari penjelasan macam asuransi jiwa yang ada di Indonesia ini maka bisa dilihat bahwa macam asuransi yang diminati banyak orang adalah asuransi jiwa unit link. Masyarakat pasti selalu berharap lebih tentang hal-hal yang berbau investasi. Apalagi instrumen investasinya bisa kita pilih seperti deposito, saham atau surat berharga. Maka dari itu asuransi unit link tetap tumbuh dan terus berkembang dari hari ke hari. Menurut data bahkan setengah dari total premi di asuransi jiwa berasal dari asuransi jiwa unit link.

(Baca Juga: Asuransi Kendaraan Syariah)

Asuransi unit link selain memberikan manfaat perlindungan jiwa kita juga memberikan hasil investasi yang menjanjikan. Namun perlu diketahui bahwa setiap investasi pasti mengikuti yang ada pada pasar. Saat kondisi pasar anjlok bisa jadi investasi ini gagal dan kita hanya akan memperoleh uang pertanggungan yang rendah loh. Untuk bisa lebih mendapatkan manfaat secara maksimal dari asuransi unit link kita harus lebih jeli dalam memilihnya. Berikut ini ada tips yang perlu dilakukan dalam memilih macam asuransi yang diminati banyak orang yaitu asuransi unit link.

  • Mencari perusahaan asuransi serta agen yang kredibel
  • Menyesuaikan dengan kebutuhan yang utama
  • Memilih manfaat yang sesuai
  • Memilih premi yang sesuai dengan kemampuan kita
  • Mengecek performa instrumen dari asuransi unit link
  • Memahami polis asuransi unit link

Itu dia penjelasan mengenai macam asuransi jiwa dan macam asuransi jiwa yang diminati banyak orang sekarang ini. Dengan adanya tulisan ini semoga bisa menjadi gambaran untuk mempertimbangkan asuransi jiwa mana yang akan dibeli. Mempersiapkan segala kemungkinan dengan asuransi memang hal yang penting. Jadi yuk beli asuransi untuk melindungi kita dan keluarga.

Tentang Penulis