Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas, Ciputra Life Masuk Kriteria!

by Sindhi Aderianti on 12 Mei, 2020

Asuransi kesehatan kini semakin penting untuk dimiliki. Pasalnya dengan asuransi, finansialmu akan terselamatkan dari segala kerugian akibat sakit atau kecelakaan. Melalui polis asuransi yang dimiliki, perawatan medis mulai dari rawat jalan, bersalin, perawatan gigi, rawat inap, sampai obat-obatan sudah pasti ditanggung sepenuhnya. Sudah punya asuransi kesehatan, belum?

7 Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas

Alasan Perlu Segera Memiliki Asuransi Kesehatan

Siapapun pasti tahu benefit dari memiliki asuransi kesehatan berkualitas. Namun jika masih enggan memilikinya, mungkin kamu perlu mengetahui fakta yang satu ini.bDi Indonesia, peningkatan biaya perawatan medis mencapai 11% dan diperkirakan akan mengalami kenaikan yang sama dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Mengacu pada data dari Aon Global ini, peningkatan biaya medis dapat dikatakan meningkat 2x dibandingkan tingkat inflasi umum. Artinya, biaya perawatan medis tumbuh lebih cepat alias terus bertambah mahal, bahkan daripada pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Mengenal 2 Jenis Asuransi Kesehatan

Cukup banyak asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Semua berlomba-lomba ingin memberikan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ‘kantong’ masing-masing. Secara garis besar, asuransi kesehtan ini terbagi atas dua jenis, antara lain sebagai berikut:

  • Asuransi kesehatan keluarga

Sesuai namanya, asuransi kesehatan keluarga menanggung lebih dari satu anggota mulai dari pasangan, anak-anak, hingga tanggungan yang lainnya. Premi asuransi jenis ini tentunya lebih besar ketimbang individu. Makin banyak tanggungan, semakin besar juga preminya. Meski begitu, besaran premi tersebut tak semahal jika kamu mendaftarkan anggota keluargamu satu per satu untuk bisa mendapat perlindungan dari asuransi kesehatan.

  • Asuransi kesehatan individu

Jenis asuransi ini bisa kamu beli sendiri, tanpa perlu menunggu pemberian secara kelompok dari perusahaan tempatmu bekerja. Tentu premi asuransi kesehatan individu pun lebih ringan daripada keluarga. Bahkan, jumlahnya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan tiap nasabah. Meski begitu, asuransi ini tetap mencakup semua manfaat yang penting untuk para nasabah.

(Baca Juga: Gajian Masih Full jangan Boros, Ini 4 Rekomendasi Investasi Saat Pandemi)

7 Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas

Memilih asuransi kesehatan berkualitas memang gampang-gampang susah. Perlu banyak membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, terutama dari segi cakupan jaminan dan premi. Umumnya, asuransi kesehatan terbaik di Indonesia memiliki karakteristik tersendiri yang mudah dikenali. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Sistem cashless

Sistem cashless - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia biasanya memiliki sistem cashless, sehingga kamu tak perlu repot lagi menyiapkan dana terlebih dahulu, apalagi dalam kondisi darurat. Dengan klaim secara cashless kamu cukup membawa kartu polis asuransi untuk ditunjukkan kepada pihak rumah sakit yang sudah bekerja sama. Akan tetapi, bukan berarti sistem pembayaran reimbursement tak baik ya. Hanya saja, sistem cashless biasanya jauh lebih praktis meski memang bikin premi lebih mahal.

2. Jaringan rumah sakit luas

Jaringan rumah sakit luas - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Agar mendapat pelayanan terbaik, pilih asuransi kesehatan yang memiliki jaringan rumah sakit yang merata. Terutama berdekatan dengan tempat tinggal, kantor, atau memiliki preferensi dokter tertentu. Pasalnya, jika rumah sakit tak masuk dalam jaringan perusahaan asuransi yang kamu pilih, proteksi asuransi kesehatan jadi tak maksimal digunakan.

3. Plafon dan premi seimbang

Plafon dan premi seimbang - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Jika sudah memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa memilih premi yang lebih rendah dengan menggabungkan dua manfaatnya, antara BPJS Kesehatan dengan asuransi kesehatan yang kamu miliki. Pertimbangkan juga dengan besaran premi yang harus kamu bayarkan tiap bulannya. Idealnya, premi asuransi berkisar antara 5% hingga 10% dari total pendapatan per bulan. Jika gaji kamu sebesar Rp 5 juta per bulan, artinya kamu bisa menyisihkan antara Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu per bulan, untuk tambahan asuransi kesehatan lain selain BPJS Kesehatan.

4. Prioritaskan rawat inap

Prioritaskan rawat inap - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Biaya kesehatan yang paling mahal biasanya mencakup biaya rawat inap. Oleh karena itu, prioritaskan rawat inap terlebih dahulu. Pasalnya, ada juga asuransi kesehatan yang hanya meng-cover rawat inap tanpa rawat jalan agar preminya bisa lebih terjangkau. Tapi, jika bujet kamu mencukupi untuk mendapatkan keduanya akan lebih baik lagi.

(Baca Juga: 7 Pengorbanan Perawat Selama Corona, Layak Punya Asuransi Kesehatan Ciputra)

5. Masa tunggu singkat

Masa tunggu singkat - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Perhatikan juga masa tunggu penyakit yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang tak memiliki masa tunggu, sehingga penyakit bawaan atau penyakit yang sudah diderita pun bisa tercover. Lain halnya dengan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pihak swasta. Ada ketentuan tentang masa tunggu penyakit. Penyakit kamu tak bisa diklaim jika muncul atau terjadi pada saat masa tunggu. Sebaliknya, jika masa tunggunya sudah lewat atau terlewati, barulah bisa mengklaim sesuai dengan penyakit yang diderita.

6. Skema limit yang menguntungkan

Skema limit yang menguntungkan - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Asuransi kesehatan terbaik di Indoneisa juga memberikan skema limit yang menungtungkan. Skema tersebut umumnya tak memberikan limit atau batasan untuk poin tertentu saja, melainkan limit keseluruhan. Sehingga jika total limit yang diberikan masih ada, kamu bebas mengklaimnya untuk hal-hal lain seperti mengalami kecelakaan.

7. Premi asuransi kesehatan murni lebih terjangkau

Premi asuransi kesehatan murni lebih terjangkau - Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas Ciputra Life Masuk Kriteria

Ciri terakhir, ada pilihan asuransi kesehatan murni. Supaya manfaat dari proteksi kesehatan yang kamu dapatkan lebih maksimal, memang sebaiknya pilih asuransi tersebut.  Asuransi kesehatan murni tidak menggabungka beberapa manfaat lainnya seperti tabungan masa depan, atau bahkan untuk tujuan investasi. Murni untuk memindahkan potensi kerugian finansial saat kita sakit atau mengalami kecelakaan. Sehingga dari besaran preminya pun jadi lebih terjangkau.

Asuransi Kesehatan Ciputra Life Paling Tepat Untukmu

Berbicara mengenai asuransi kesehatan terbaik, Ciputra Life memiliki program asuransi kesehatan bernama Citra Proteksi Kesehatan yang bisa menjadi opsi paling tepat untukmu. Program ini memiliki banyak keistimewaan, sesuai dengan kriteria asuransi berkualitas tadi.

Citra Proteksi Kesehatan selalu memprioritaskan penggantian biaya inap di rumah sakit sepenuhnya. Selain itu, pertanggungan jika meninggal dunia karena sakit ataupun kecelakaan pun tak kalah istimewanya. Dengan manfaat tersebut, pihak tertanggung berhak atas pengembalian dana tunai sebesar 100% dari jumlah premi yang sudah dibayarkan.

Adapun syarat untuk memiliki asuransi kesehatan Ciputra Life cukup sederhana dan tidak akan merepotkanmu. Syarat yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memiliki usia 6 bulan hingga 59 tahun
  • Bersedia membayar premi dengan kenaikannya per tahun sesuai dengan kenaikan usia dari tertanggung
  • Menggunakan masa pertanggungan 8 hingga 10 tahun
  • Bersedia menggunakan klaim dengan mekanisme reimbursement

Kapan lagi bisa terlindungi dengan asuransi kesehatan yang tak diragukan lagi kualitasnya seperti Citra Proteksi Kesehatan dari Ciputra Life? Ajukan sekarang juga melalui CekAja.com, lalu rasakan berbagai manfaat nyatanya di masa depan.

(Baca Juga: Waspada 5 Modus Kejahatan Baru! Yuk, Pakai Asuransi Kendaraan Adira)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.