Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Mengajukan Asuransi Online dengan Mudah dan Cepat

by Estrin Vanadianti Lestari on 14 Mei, 2020

Saat ini dengan teknologi, semua kegiatan bisa dilakukan dengan mudah, praktis dan cepat, termasuk ketika mengajukan asuransi. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan asuransi yang diinginkan, dari berbagai perusahaan terbaik, hanya melalui online. Buat kamu yang tak mau ribet datang langsung ke kantor cabang, yuk intip cara mengajukan asuransi online berikut ini.

Cara Mengajukan Asuransi Online dengan Mudah dan Cepat

Sebelum membahas bagaimana cara mengajukan asuransi online, mari simak dulu sedikit informasi terkait asuransi online. Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu menjadi mudah, salah satunya dengan hadirnya internet. Sehingga, mayoritas penjualan dalam bidang apapun kini memilih menjajakan produknya di media online.

Hal tersebut pun juga terjadi pada penjualan di bidang asuransi, bahkan seluruh perusahaan asuransi di Indonesia, kini sudah menerapkan pelayanan asuransi online, demi mempermudah pelayanan ke nasabah.

Alur Pengajuan Asuransi Online dan Asuransi Konvensional Berbeda

Asuransi online, bisa kamu jumpai melalui berbagai jalur distribusi online. Sebut saja seperti melalui marketplace C2C (Customer to Customer), B2C (Business to Customer), platform milik perusahaan asuransi, melalui fintech, atau platform online lainnya. Intinya, jalur distribusi tersebut bisa diakses dengan mudah, menggunakan mobile application atau website.

Alur distribusi asuransi online dan asuransi konvensional (melalui agen), juga berbeda, sehingga produk asuransinya yang dijual pun ikut berbeda. Secara umum, cara mengajukan asuransi online, lebih sederhana dengan proses yang mudah dan cepat.

(Baca Juga: Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas, Ciputra Life Masuk Kriteria!)
Fakta-fakta Asuransi Online

Karena asuransi online bisa dibilang termasuk sistem penjualan baru, maka penting bagi kamu untuk mengetahui fakta-fakta asuransi online berikut ini.

  • Calon nasabah wajib proaktif
  • Persyaratan berbagai produk asuransi online, lebih sederhana
  • Manfaat asuransi tergolong lebih kecil, ketimbang asuransi konvensional
  • Harga premi lebih murah
  • Informasi, brosur, simulasi perhitungan, hingga formulir pengajuan, semua dalam bentuk digital.
  • Memiliki program reward untuk menjaga loyalitas
  • Proses pengajuan lebih mudah dan cepat
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengajukan Asuransi Online

Setelah mengetahui fakta-faktanya, hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui sebelum mengetahui cara mengajukan asuransi online adalah, memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Membaca dengan seksama terhadap produk dengan baik
  • Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhanmu
  • Perhatikan harga premi, perhitungannya, hingga periode pembayarannya
  • Pastikan kamu memeriksa keamanan dan privasi data pribadi
  • Melakukan perbandingan antara produk yang satu dengan yang lainnya, dari berbagai perusahaan asuransi yang tersedia
  • Pastikan juga, respon customer service cepat dan tidak menyulitkan nasabah
Cara Mengajukan Asuransi Online

Cara Mengajukan Asuransi Online dengan Mudah dan Cepat

Secara umum, cara mengajukan asuransi online hampir sama di semua platform. Hanya saja, ketentuan hingga syaratnya agak berbeda di setiap perusahaan asuransi. Berikut kami ulas cara mudah mendaftar asuransi secara online secara umum.

  1. Cara pertama dalam mengajukan asuransi online adalah dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Umumnya, dokumen tersebut berupa syarat yang meliputi lampiran tanda pengenal beserta identitas diri seperti KK/KTP yang berlaku, Akta kelahiran yang tertanggung, NPWP, dan sebagainya
  2. Kunjungi website asuransi yang kamu pilih. Bisa melalui website resmi, melalui platform fintech dan lain-lain.
  3. Pilih produk asuransi yang kamu pilih dan kamu butuhkan, sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial mu.
  4. Cara mengajukan asuransi online selanjutnya adalah dengan mengisi data yang telah disediakan (formulir digital), yakni identitas yang mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan dengan pilihan instansi yang dipilih sebagai tempat rujukan.
  5. Selanjutnya, pilihlah biaya premi per-bulan.
  6. Setelah itu, simpan data atau ajukan asuransi, dan kamu hanya tinggal menunggu balasan notifikasi nomor registrasi di e-mail. Atau bisa juga pihak perusahaan asuransi akan menghubungimu terkait pengajuan yang telah dilakukan.
  7. Jika nomor registrasi masuk ke email, maka bisa langsung diprint lembar virtual account-nya. Nomor tersebut bisa digunakan ketika kamu ingin membayar tagihan asuransi ke bank atau dengan sistem pembayaran lainnya.
  8. Jika kamu ingin melakukan pembayaran, maka datanglah ke bank yang telah ditunjuk perusahaan asuransi tersebut.
  9. Setelah itu, lakukan pembayaran ke bagian teller seperti biasa dengan menyerahkan uang serta nomor virtual. Setelah itu, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran.

Untuk sistem pembayaran premi di asuransi online, biasanya bisa melalui bank yang telah disepakati oleh pihak asuransi, baik melalui teller atau layanan internet banking dan mobile banking.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan layanan auto debet dari rekening untuk memudahkan pembayaran bulanan, sehingga, kamu tidak perlu khawatir menunggak, karena lupa bayar tagihan.

(Baca Juga: Review Asuransi PFI Mega Amanah Link, Asuransi Jiwa dan Investasi Jadi Satu!)

Itu lah sedikit informasi tentang cara mengajukan asuransi online dengan mudah, praktis dan cepat. Perlu kamu ketahui juga, bahwa ada banyak produk asuransi yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi, sehingga kamu harus pahami betul agar tidak berujung kecewa.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu, situs CekAja.com bisa membantu para calon nasabah asuransi, untuk menemukan produk asuransi yang tepat. CekAja.com juga menawarkan berbagai jenis asuransi yang lengkap.

Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, perjalanan, pendidikan, asuransi elektronik, dan masih banyak lagi. CekAja.com juga bekerjasama dengan banyak perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

Dengan mengajukan asuransi online melalui CekAja.com, kamu bisa dimudahkan dengan pelayanan perbandingan, pengajuan secara online, hingga bisa mencari produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu.

Yuk, segera ajukan asuransi pilihanmu secara online, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk