Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Asuransi Murni atau Unit Link, Pilih Mana? Yuk, Kenali Keduanya Dulu!

by Estrin Vanadianti Lestari on 21 Mei, 2020

Tahukah kamu, bahwa produk finansial yang satu ini, ternyata memiliki beragam jenis. Ya, asuransi kini telah menjadi produk finansial yang paling sering dicari, karena memiliki banyak manfaat dan jenis. Namun, jika disuruh pilih di antara asuransi murni atau unit link, pilih mana? Nah, daripada dibikin bingung, bagaimana jika kita bahas satu per satu, dari masing-masing produk tersebut.

Asuransi Murni atau Unit Link, Pilih Mana? Yuk, Kenali Keduanya Dulu!

Jika dilihat, dari banyaknya produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi, jenis asuransi murni memang menjadi produk yang cukup diminati, oleh masyarakat Indonesia ketimbang unit link.

Namun, bagi kamu yang awam dengan nama-nama produk asuransi, mungkin perlu mengetahui lebih dalam terkait asuransi murni ini. Yuk langsung saja simak rangkuman terkait asuransi kesehatan murni beserta manfaatnya.

Apa Itu Asuransi Murni?

Asuransi murni merupakan sebuah produk asuransi (kesehatan maupun jiwa), yang dapat memberikan perlindungan finansial, ketika tertanggung mengalami masalah atas resiko-resiko yang tak terduga. Asuransi murni juga sering disebut asuransi berjangka, di mana asuransi ini memiliki masa pertanggungan yang terbatas.

Sehingga, proteksi biasanya hanya berlaku selama periode tertentu. Umumnya mulai dari satu hingga 20 tahun saja. Selain itu produk asuransi murni juga hanya menjamin satu bidang saja, misalnya kesehatan atau jiwa.

Di mana asuransi murni juga tidak memiliki keuntungan lain, seperti adanya moda tambahan asuransi lainnya. Misalnya seperti tambahan investasi, yang di dalamnya terdapat profit dan bisa diambil sewaktu-waktu oleh nasabah.

(Baca Juga: Lebih Pilih Asuransi atau Investasi? Jangan Bingung, Yuk Pahami Bersama)
Keuntungan Asuransi Murni
  • Biaya premi tergolong lebih murah, bisa disesuaikan dengan kondisi finansial kamu.
  • Uang pertanggungan tergolong cukup tinggi, meski preminya murah.
Kekurangan Asuransi Murni
  • Dana premi yang dibayarkan setiap bulannya, akan hilang atau hangus, jika tidak ada klaim selama masa kontrak.
Bagaimana dengan Asuransi Unit Link?

Sebelum membahas di antara pilihan asuransi murni atau unit link, lebih baik pahami dulu satu produk asuransi yang satu ini. Ya, asuransi unit link, disebut memiliki manfaat lengkap ketimbang asuransi murni, yakni meliputi asuransi dan juga investasi.

Selain itu, premi yang dibayarkan pada asuransi unit link, akan masukan ke dalam dua keranjang, yakni investasi dan asuransi. Pembagian sendiri, secara umum adalah 60: 40. Simak contoh perhitungannya berikut ini:

  • Premi: Rp 1 juta (Rp 600 ribu masuk ke pos investasi, dan Rp 400 ribu masuk ke pos proteksi asuransi)
Keuntungan Asuransi Unit Link
  • Berbeda dengan jenis asuransi term life atau berjangka, dana premi dalam asuransi ini tetap bisa dicairkan, bahkan tidak ada klaim kematian/ kecelakaan sekalipun.
  • Jika asuransi murni waktunya terbatas, di asuransi unit link, perlindungan asuransi jiwa berlaku seumur hidup, bahkan bisa mencapai 100 tahun. Namun, hal tersebut kembali lagi ke kebijakan perusahaan asuransinya.
  • Bayar premi asuransi, bonus investasi.
  • Umumnya dilengkapi juga dengan asuransi tambahan lain (rider), seperti tanggungan kecelakaan, cacat total, dan lain-lain, sehingga manfaatnya jadi lengkap dan menyeluruh.
Kekurangan Asuransi Unit link
  • Dana premi jelas lebih mahal dan dana tanggungan proteksi lebih kecil ketimbang asuransi murni.
  • Manfaat investasi menjadi kurang maksimal, karena fokusnya terpecah dengan manfaat proteksi.
  • Manfaat investasi, tidak bisa langsung dinikmati.
  • Bahkan ada biaya (biaya akuisisi), yang masih dibebankan pemegang polis hingga 5 tahun.
  • Tak ada jaminan untung. Seperti investasi lainnya, selalu ada kemungkinan buntung.
(Baca Juga: Cara Mengajukan Asuransi Online dengan Mudah dan Cepat)
Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Sebenarnya, semua pilihan kembali lagi pada kamu, sebagai pemilik dana. Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat proteksi sekaligus investasi, namun kamu tak mau ribet mempelajari investasi, asuransi jenis unit link bisa jadi pilihan yang tepat.

Namun, sebagai investor di produk asuransi unit link, kamu perlu menyadari juga, bahwa investor tak bisa berharap terlalu tinggi, untuk memiliki keuntungan investasi yang akan didapatkan. Karena semua tergantung kondisi pasar, yang kadang kala sulit ditebak.

Namun, jika kamu ingin memiliki perlindungan yang maksimal, kamu bisa memilih asuransi murni. Karena, umumnya asuransi murni memberi keuntungan yang jauh lebih tinggi. Di sisi lain, dana proteksi yang didapat pun tak maksimal seperti pada asuransi term life, dan tidak terpecah dengan dana untuk investasi.

Jadi, jika memang ingin mendapatkan imbal hasil investasi, disarankan untuk mengambil produk investasi murni yang terpisah.

Apapun pilihannya, baik asuransi murni atau unit link, pastikan mengajukannya melalui CekAja.com. Mengapa?

Di CekAja.com, kamu bisa menemukan banyak produk asuransi dengan jenis murni atau unit link, dari berbagai perusahaan asuransi ternama Indonesia. Sehingga, kamu bisa membandingkan produk yang satu dengan produk yang lainnya.

Selain itu, jika sudah menemukan produk yang pas, kamu bisa sekaligus mengajukannya secara online. Mudah bukan? Yuk, segera kunjungi situsnya hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk