Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Siapkan Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi Covid-19

by Estrin Vanadianti Lestari on 28 Mei, 2020

Tidak melulu soal asuransi kesehatan yang wajib dimiliki, sebagai orang tua atau kepala keluarga, ternyata mempersiapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi Covid-19, juga tidak kalah penting. Pasalnya, pandemi ini muncul saat dunia pendidikan di Indonesia, akan menuju Tahun Ajaran baru yakni Tahun Ajaran 2020/2021.

Siapkan Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Berbagai jadwal pendaftaran masuk sekolah SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi pun, sudah mulai dibuka. Nah, bagi Anda yang memiliki anak, apakah Anda sudah siapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi?

(Baca Juga: Begini Cara Kerja dan Memilih Asuransi Pendidikan yang Benar)
Ini Pentingnya Miliki Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi

Memiliki asuransi kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini memang sangat penting. Terlebih asuransi kesehatan bisa membantu Anda ketika Anda atau keluarga, tiba-tiba jatuh sakit atau positif Covid-19, meski kondisi keuangan sedang tidak sehat.

Namun, tidak hanya memiliki asuransi kesehatan, mempersiapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi, juga tak kalah penting. Di mana kondisi ekonomi keluarga saat ini bisa dibilang sedang tertekan akibat pandemi, sehingga dapat menyulitkan Anda untuk membiayai pendidikan anak.

Tidak mau bukan, jika anak Anda harus putus sekolah, menunda sekolah, hingga kuliah, hanya karena Anda tidak memiliki persiapan dana yang cukup, untuk pendidikan anak Anda?

Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi

Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi - Siapkan Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Sebenarnya, tidak hanya saat adanya pandemi saja, memiliki asuransi pendidikan anak, tentunya bisa membuat Anda lebih tenang. Memiliki asuransi pendidikan anak juga bermanfaat untuk memastikan bahwa, anak Anda bisa mendapatkan pendidikan yang terjamin, yang diberikan oleh pihak asuransi.

Terlebih, jika Anda sebagai orang tua atau kepala keluarga yang menafkahi, mengalami risiko di tengah pandemi Covid-19, maka anak Anda tetap bisa mendapatkan jaminan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, memilih produk asuransi pendidikan anak yang tepat juga gampang-gampang sulit, terlebih di tengah pandemi seperti ini. Adapun Anda sebagai orang tua harus teliti dalam siapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi.

Berikut 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Mempersiapkan Asuransi Pendidikan Anak
1. Mengetahui Jenis Produk Asuransi Pendidikan di Pasaran

Seperti yang diketahui, bahwa asuransi memiliki berbagai macam jenis, termasuk untuk produk asuransi pendidikan. Sebelum Anda siapkan asuransi pendidikan anak, pastikan Anda mengetahui jenis produk asuransi pendidikan yang biasa disediakan di pasaran.

Umumnya, jenis produk asuransi pendidikan anak di pasaran adalah asuransi dwiguna dan unit link. Belum pernah mendengar jenis produk asuransi ini? Yuk, ketahui keduanya!

Asuransi dwiguna, biasanya ditawarkan sebagai asuransi pendidikan dan asuransi dana pensiun. Asuransi ini memiliki ciri di mana ia bisa memberikan manfaat tunai pada waktu tertentu selama beberapa periode, biasa memiliki jangka waktu sampai dengan 25 tahun.

Jika diambil contoh untuk asuransi pendidikan, berarti jenis asuransi ini bisa memberikan manfaat 10 persen dari nilai pertanggungan saat anak lulus SD, SMP, dan SMA.

Bagaimana dengan jenis asuransi unit link? Asuransi unit link merupakan jenis asuransi (bisa kesehatan dan jiwa), dimana produk ini bisa digabungkan dengan investasi. Umumnya, jenis asuransi plus investasi ini memiliki jangka waktu perlindungan hingga 20 tahun.

Selain itu, pemegang polis juga memiliki rekening investasi, dalam polis asuransinya. Investasi tersebut sangat memungkinkan untuk bisa didapatkan para pemegang polis, baik dalam imbal hasil yang lebih besar atau lebih kecil, tergantung kondisi pasar.

2. Memastikan Jumlah Premi yang Harus Dibayarkan

Memastikan Jumlah Premi yang Harus Dibayarkan - Siapkan Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam mempersiapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi, Anda juga harus mengetahui budget perbulan untuk asuransi dan premi yang harus dibayarkan. Pasalnya, besaran premi yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi dan produknya berbeda-beda.

Begitu juga perhitungan terkait besaran kebutuhan dana pendidikan anak, yang Anda pilih. Pastikan sesuai dengan pendapatan Anda per bulannya. Jangan mentang-mentang segalanya untuk anak, Anda hanya fokus pada pendidikannya saja, dan melupakan kepentingan kesehatan, kehidupan keluarga dan lain-lain.

BIla perlu, siapkan asuransi pendidikan anak, sejak dini, karena perencanaan yang sudah matang bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan keluarga. Misalnya, Anda baru mempunyai rencana memiliki anak, dan usia Anda saat ini 35 tahun, maka Anda bisa memilih program asuransi yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

3. Perhitungkan Kebutuhan Biaya Pendidikan Anak hingga Kuliah

Seperti yang diketahui bahwa biaya pendidikan setiap tahunnya akan naik, mulai 10 persen hingga 15 persen. Maka dari penting bagi orang tua memperhitungkan kebutuhan biaya pendidikan anak, mulai dari masuk SD, SMP, SMA, hingga kuliah nanti.

Pilihlah sekolah yang memiliki biaya sesuai dengan budget Anda. Jangan memaksakan memilih sekolah yang mahal, padahal pendapatan Anda tak cukup untuk membayarnya.

Anda bisa memilihkan sekolah hingga perguruan tinggi negeri yang dikenal memiliki biaya yang cukup murah, ketimbang swasta. Selain itu, Anda juga harus perhitungakan biaya-biaya lainnya, di luar biaya sekolah formal. Misalnya seperti biaya bimbingan belajar, komunitas, hingga hobi anak.

4. Siapkan Asuransi Pendidikan Anak jika Perlu Sebelum Anak Anda Lahir

Siapkan Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi Covid-19 - Siapkan Asuransi Pendidikan Anak jika Perlu Sebelum Anak Anda Lahir

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dalam siapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi seperti ini, jika perlu Anda sudah rencanakan, bahkan ketika si kecil belum lahir. Hal tersebut dilakukan, agar fokus perencanaan keuangan Anda tak terpecah.

Misalnya, perencanaan keuangan untuk persalinan sudah siap, kehidupan anak dan keluarga, kesehatan, dan juga pendidikan anak. Perencanaan yang dibuat sejak dini, juga lebih matang dan menjamin kesejahteraan anak beserta keluarga.

(Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Asuransi Pendidikan)

5. Pilih Perusahaan Asuransi yang Terpercaya

Tidak hanya giat untuk siapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi, Anda juga harus memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Tidak mau bukan, jika niat Anda sudah bagus, tapi Anda salah memilih perusahaan asuransi, karena bisa-bisa Anda malah merugi dan tidak mendapatkan hasil apa-apa akibat tawaran menggiurkan.

Pilihlah perusahaan asuransi yang mengcover pendidikan anak, yang terpercaya. Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan asuransi yang bisa Anda pilih. Selanjutnya, tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Yang paling penting, perusahaan asuransi tersebut harus sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, Anda pun bisa aman mempercayakan masa depan anak di perusahaan asuransi pendidikan tersebut.

Karena di situasi pandemi saat ini, membuat banyak kantor cabang perusahaan asuransi tutup, maka kamu bisa melihat informasi lengkap hingga mengajukannya secara online di berbagai platform, yang pelayanannya juga tak kalah baik dan mudah.

Nah itu dia beberapa hal yang wajib dilakukan, dalam mempersiapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi Covid-19. Butuh rekomendasi perusahaan asuransi beserta produk yang menawarkan jaminan pendidikan? Cari di situs CekAja.com saja.

Di CekAja.com, Anda bisa temukan banyak pilihan asuransi pendidikan anak, yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Anda juga bisa membandingkan, sekaligus mengajukan asuransi pendidikan secara online.

Yuk, ajukan dan siapkan asuransi pendidikan anak di tengah pandemi, dengan cara yang mudah dan praktis, yakni hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk