Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan saat New Normal

by Ayunindya Annistri on 9 Juni, 2020

Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan kebijakan new normal bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hal ini guna menjaga produktivitas negara agar bisa kembali bangkit secara perlahan. Namun dibalik itu semua, masyarakat juga harus waspada dan menyadari arti pentingnya asuransi kesehatan saat new normal kelak diberlakukan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan saat New Normal

Pasalnya asuransi kesehatan tak hanya melindungimu dari berbagai risiko penyakit, termasuk pula virus corona. Namun dengan penggunaan asuransi kesehatan, kondisi finansial kamu pun akan tetap stabil karena adanya perlindungan yang diberikan.

Lebih baik mencegah sebelum terlambat bukan? Nah, sebelum membahas lebih dalam mengenai pentingnya asuransi kesehatan saat new normal. Mendingan kamu pahami dulu istilah dari new normal itu sendiri dan protokolnya di bawah ini.

Sekilas Tentang New Normal dan Protokol Menjalankannya

Meskipun tatanan baru kehidupan atau new normal akan segera berlaku di Indonesia, namun pemerintah menghimbau agar masyarakat tidak menganggap kebijakan tersebut sebagai kebebasan berkumpul di muka publik tanpa protokol kesehatan yang benar.

Apalagi seperti yang kita tahu, virus corona atau Covid-19 ini memiliki gejala yang berbeda-beda untuk tiap orang. Bahkan ada pasien yang tak menyadari bahwa ia positif corona. Sehingga kasus seperti ini dikenal sebagai ‘orang tanpa gejala’.

Dengan berjalannya new normal nanti, masyarakat mau tak mau harus hidup ‘berdampingan’ bersama virus corona. Mengingat sampai saat ini, belum ditemukannya vaksin untuk virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut. Terlebih setelah adanya pernyataan dari Lembaga Biologi Molekuler, yang mengatakan bahwa virus corona tidak akan mudah musnah dari bumi dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itu, Indonesia akhirnya memutuskan untuk menjalankan skema new normal yang mana Presiden Joko Widodo telah mengerahkan seluruh jajarannya untuk memahami kondisi di lapangan terkait persiapan tatanan baru kehidupan yang akan berlaku meski pandemi ini belum berakhir.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, yakni WHO, pedoman transisi new normal bisa saja diterapkan namun dengan catatan bahwa negara tersebut telah terbukti mampu mengendalikan dan menekan angka sebaran Covid-19.

Pengendalian ini bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang tepat sebagai langkah pencegahan. Dan berikut hal-hal yang harus dipersiapkan saat new normal resmi berlaku:

  • Menggunakan masker saat beraktivitas di luar
  • Rajin mencuci tangan dengan prosedur yang tepat dan membawa hand sanitizer
  • Ketika bekerja, wajib membawa barang-barang pribadi, seperti tissue basah, botol minuman, alat makan, hingga perlengkapan ibadah
  • Saat menggunakan jasa ojek online, sebaiknya membawa helm pribadi
  • Tidak berjabat tangan
  • Lakukan physical distancing minimal 2 meter
  • Sedia disinfektan untuk digunakan pada barang-barang yang sering disentuh, seperti handphone, gagang pintu, dan lainnya

Nah bila seluruh protokol di atas dapat kamu terapkan dengan benar, selanjutnya langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki asuransi kesehatan sebagai bentuk perlindungan diri maupun finansial.

(Baca Juga: Pilihan Asuransi Terbaik saat New Normal, Agar Tetap Sehat Secara Finansial)
Seberapa Pentingnya Asuransi Kesehatan saat New Normal?

Jangan menganggap sepele asuransi kesehatan apalagi di tengah pandemi saat ini! Daripada menyesal di akhir, mendingan lakukan pencegahan sedari awal bukan?

Kalau kamu masih bingung akan pentingnya asuransi kesehatan saat new normal, berikut CekAja berikan ulasan menarik akan keuntungan dari memiliki asuransi kesehatan.

1. Lebih Hemat

Keuntungan utama yang juga menjadi alasan pentingnya asuransi kesehatan saat new normal nanti adalah menjadi lebih hemat terutama dalam hal keuangan.

Sebab, adanya pertanggungan yang diberikan pihak perusahaan asuransi berupa biaya pemeriksaan atau pengobatan ketika hal buruk terjadi, misalnya seperti terjangkit virus corona.

2. Layanan Kesehatan yang Optimal

Selain menjaga kondisi finansial tetap stabil, memiliki asuransi kesehatan juga akan membuat kamu menerima berbagai pertanggungan menarik yang pastinya lebih optimal.

Misalnya saja pada layanan asuransi Allianz, yang mana perusahaan asuransi ini menawarkan manfaat berupa penggantian biaya perawatan, rawat jalan, rawat gigi, biaya persalinan, hingga santunan harian.

(Baca Juga: Keuntungan Mengajukan Asuransi Kesehatan Secara Online saat New Normal)
3. Kompensasi yang Menyeluruh

Alasan pentingnya asuransi kesehatan saat new normal berikutnya adalah kompensasi yang diberikan. Sebab kompensasi atau tanggungan yang menyeluruh dari produk asuransi ini akan menjamin seluruh masalah kesehatanmu, sehingga besaran biayanya tak lagi menjadi kendala saat hal buruk terjadi.

Apalagi ketika new normal berlaku, dimana berbagai sektor bisnis kembali dibuka yang tentunya membuat masyarakat akan beraktivitas dan berkumpul di ruang publik seperti dulu lagi. Sehingga risiko tertular berbagai penyakit, salah satunya Covid-19 mungkin saja terjadi.

Nah, disinilah fungsi asuransi kesehatan dibutuhkan, yang mana dalam manfaatnya, pihak tertanggung dapat melakukan pemeriksaan rutin hingga rawat jalan yang telah disediakan.

Bahkan beberapa perusahaan asuransi juga menyediakan santunan harian untuk rawat inap lewat fasilitas rumah sakit rekanan.

Itulah tiga keuntungan yang menjadi alasan pentingnya asuransi kesehatan saat new normal. Ingat, pilihlah asuransi kesehatan yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

Untuk mengetahui kualitas dari produk asuransi kesehatan, kamu bisa mempertimbangkan besaran premi, proses klaim, dan testimoni dari para nasabah yang pernah menggunakan layanan asuransi tersebut.

Beberapa produk asuransi kesehatan pilihan yang bisa kamu gunakan antara lain seperti PFI Mega Life, Ciputra Life, serta Cigna. Menariknya lagi, ketiga produk ini bisa kamu ajukan secara online lewat CekAja.com dengan penawaran premi setahun hemat dua bulan.

Bagaimana, tertarik untuk mengetahui produk asuransi kesehatan di CekAja lebih dalam? Yuk, langsung kunjungi laman utama kami dan pilih fitur ‘Asuransi’. Bila masih ragu, kamu dapat melakukan perbandingan terlebih dahulu disini!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau