Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Masih Ragu dengan Kelebihan Asuransi Kesehatan? Ini Penjelasannya!

by Nadhillah Kusindriani on 9 Juni, 2020

Di tengah pandemi virus Covid-19 seperti saat ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal utama dan penting untuk diperhatikan. Sebab, apabila kekebalan tubuh mu menurun, maka kamu akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, mengatur pola makan saja rasanya tidak cukup, tetapi kamu juga perlu melindungi diri dengan kelebihan asuransi kesehatan terpercaya.

Masih Ragu dengan Asuransi Kesehatan? Ini Kelebihannya!

Pasalnya, jika kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan, kamu tidak hanya terjamin dari segi finansial saja. Tetapi kamu juga akan mendapatkan segudang kelebihan, mulai dari fasilitas hingga pelayanan kesehatan yang baik.

Oleh karena itu, agar kamu tidak ragu dan semakin yakin menggunakan asuransi kesehatan, yuk simak ulasan lengkap CekAja.com di bawah ini, yang telah dirangkum khusus untuk kamu.

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan asuransi kesehatan, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi kesehatan dan peruntukannya.

Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan merupakan asuransi yang akan menjamin dirimu dari beberapa risiko kesehatan.

Jika melihat definisi dari Investopedia (2019) dalam cigna.co.id, asuransi kesehatan merupakan suatu jenis pertanggungan asuransi yang akan membayar biaya medis, bedah ataupun biaya-biaya terkait perawatan kesehatan seperti yang tertulis di dalam polis asuransi.

Nantinya, perusahaan asuransi yang kamu gunakan akan mengganti biaya tertanggung yang timbul, baik karena sakit, cedera, rawat inap maupun biaya-biaya lainnya yang sesuai dengan polis asuransi. Namun, di sisi lain perusahaan asuransi juga bisa membayar biaya perawatan tertanggung secara langsung.

Biaya-biaya tersebut nantinya harus diganti oleh tertanggung dengan membayarnya ke perusahaan asuransi. Tetapi umumnya, pembayaran akan dilakukan oleh perusahaan dengan memotong gaji karyawannya.

Dengan begitu, karyawan bisa langsung menggunakan asuransi kesehatan yang diberikan, tanpa harus memikirkan pembayaran preminya.

Kemudian untuk peruntukannya sendiri, asuransi kesehatan sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Mengingat, biaya medis saat ini terbilang cukup mahal.

Apabila sewaktu-waktu kamu sakit dan membutuhkan biaya besar, kamu tidak perlu khawatir jika sudah memiliki asuransi kesehatan. Sebab, asuransi tersebut akan menjamin biaya yang kamu perlukan selama pengobatan.

(Baca Juga: Faktor yang Mengharuskan Kita Memiliki Asuransi Kesehatan)
Kelebihan Asuransi Kesehatan

Jika pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas tentang asuransi kesehatan, maka pada pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki asuransi kesehatan.

Karena sejatinya, asuransi kesehatan tidak hanya memberikan jaminan berupa biaya pengobatan. Tetapi, asuransi kesehatan juga memiliki sederet kelebihan yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Lantas, apa saja kelebihan-kelebihan tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Menjamin Biaya saat Sakit

Kelebihan asuransi kesehatan yang pertama adalah mampu memberikan jaminan biaya saat kamu sakit. Di mana, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan biaya pengobatan, karena sudah dijamin oleh asuransi kesehatan.

Terlebih, asuransi kesehatan juga dapat mengcover beberapa risiko kesehatan lainnya. Sehingga, kamu sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah finansial ketika risiko-risiko tersebut datang secara tiba-tiba.

2. Mampu Mengurangi Risiko

Kelebihan asuransi kesehatan yang selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko kerugian, baik secara fisik maupun finansial. Sebab, kamu tidak akan tahu berapa besar biaya yang harus kamu keluarkan selama menjalani pengobatan.

Maka dari itu, dengan menggunakan asuransi kesehatan, kamu dapat mengurangi atau meminimalisir risiko-risiko kerugian yang mungkin terjadi. Seperti misalnya, biaya pengobatan yang fantastis.

3. Membantu Mengatur Keuangan

Memiliki asuransi kesehatan nyatanya juga dapat membantu mengatur keuangamu, loh. Hal tersebut dikarenakan, kamu perlu membayar premi asuransi setiap bulan atau setiap tahunnya secara rutin.

Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan bulanan dengan cara mengelompokkan apa saja tanggungan yang harus kamu bayarkan.

4. Dapat Dijadikan Investasi

Kelebihan asuransi kesehatan yang keempat adalah bisa dijadikan investasi tabungan untuk masa depan. Karena pada dasarnya, perusahaan layanan asuransi memiliki kebijakan pengembalian dana ketika masa berlaku polis sudah habis.

Selain itu, ketika kontrak sudah habis pun kamu bisa menggunakan tabungan dari asuransi kesehatan untuk modal usaha. Bagimana, sangat menguntungkan bukan? Kamu tidak terlindung dari risiko kesehatan dan kerugian finansial.

5. Mendapat Kelayakan Pelayanan Kesehatan

Kelebihan yang kelima adalah kamu juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Namun, layanan tersebut akan disesuaikan dengan jumlah premi yang kamu bayarkan setiap bulan atau tahunnya.

Maka dari itu, sebaiknya ketika ingin mengajukan asuransi kesehatan, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu akan memilih produk asuransi yang sesuai dengan layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Kemudian, untuk jaminan pelayanan kesehatan yang diberikan pun berbeda-beda sesuai dengan produk yang dipilih. Beberapa jaminan pelayanan tersebut di antaranya, yaitu rawat inap di rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransimu, konsultasi dokter umum, konsultasi dokter spesialis, beberapa jenis terapi fisik hingga pembelian obat-obat.

6. Tidak Membebani Keluarga

Kelebihan asuransi kesehatan yang terakhir adalah kamu tidak akan membebani keluarga atas biaya pengobatan yang cukup besar apabila terjadi sesuatu pada dirimu. Sebab, semua biaya yang diperlukan nantinya akan di tanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan yang kamu gunakan.

(Baca Juga: Keuntungan Mengajukan Asuransi Kesehatan Secara Online saat New Normal)
Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Selain mengetahui kelebihan asuransi kesehatan, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis dari asuransi kesehatan tersebut. Pasalnya, hal itu berguna agar nantinya kamu bisa menentukan jenis asuransi kesehatan mana yang ingin kamu gunakan dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Adapun, jenis-jenis asuransi kesehatan terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara, berdasarkan jenis tanggungan dan beradasarkan jenis perawatan, yang akan dipaparkan secara lengkap sebagai berikut.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Kepemilikan Badan Penyelenggara

Sejatinya, jika dilihat berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara, asuransi kesehatan terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Pemerintah, merupakan asuransi yang dikelola oleh pemerintah. Contoh dari asuransi kesehatan yang dikelola pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat.
  • Swasta, merupakan asuransi yang dikelola oleh suatu badan atau lembaga swasta.
Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Tanggungan

Jenis asuransi kesehatan selanjutnya adalah berdasarkan jenis tanggungan. Di mana, jenis asuransi ini pun terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Asuransi kesehatan personal, di mana yang ditanggung atau yang mendapat perlindungan hanya satu orang. Tentunya, hal ini akan disesuaikan dengan ketentuan polis.
  • Asuransi kesehatan kelompok, yang merupakan asuransi untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada kelompok tertentu, seperti keluarga dan perusahaan.
Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

Jenis asuransi kesehatan yang terakhir adalah jenis asuransi yang dibedakan berdasarkan jenis perawatannya, yaitu:

  • Asuransi Rawat Inap (inpatient treatment), merupakan jenis asuransi khusus membiayai perawatan pasien rawat inap di rumah sakit.
  • Asuransi Rawat Jalan (outpatient treatment), merupakan jenis asuransi yang menanggung semua biaya perawatan pasien rawat jalan, mulai dari diagnosis medis, pengecekan lab, hingga biaya untuk obat-obatan.

Nah, beberapa informasi terkait asuransi kesehatan, kelebihan dari asuransi kesehatan tersebut hingga jenis-jenis asuransi kesehatan sudah kamu ketahui di atas.

Lantas, sudah tidak ada yang perlu kamu ragukan lagi bukan? Melihat banyaknya kelebihan yang kamu dapatkan dari produk asuransi kesehatan terbaik .

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Langsung saja segera ajukan asuransi kesehatan dengan mudah dan proses yang cepat melalui CekAja.com. Terlebih, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis