Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ketahui Resiko Berkendara Tanpa Asuransi Sebelum Terlambat

by Estrin Vanadianti Lestari on 10 Juni, 2020

Bukan hanya karena kesalahan kita, kecelakaan bisa saja terjadi karena kelalaian orang lain. Sehingga, sebelum munculnya risiko-risiko berkendara, sebaiknya kamu segera mendaftarkan asuransi. Sebelum terlambat, ada baiknya kamu juga ketahui risiko berkendara tanpa asuransi, agar kamu tidak rugi secara finansial dan juga keselamatan pengendara.

Ketahui Risiko Berkendara Tanpa Asuransi Sebelum Terlambat

Pasalnya, angka kecelakan mobil, terbilang cukup tinggi, terutama disebabkan oleh kelalaian pengendara. Jadi, pastikan sebelum memberanikan membawa kendaraan, kamu mengetahui risiko berkendara tanpa asuransi.

Terlebih, disini asuransi bagaikan alat perlindunganmu, selama berkendara. Sehingga, kamu tetap merasa tenang, terlindungi dan tidak mencemaskan hal-hal lain, namun tetap selalu berhati-hati.

Hal-hal yang Menyebabkan Kecelakaan
  • Berkendara Sambil Bermain Gadget
  • Berkendara Ketika Mengantuk, dan Tetap Memaksakannya
  • Berkendara Sambil Mendengarkan Musik Keras
  • Pengendara Tidak Mematuhi Rambu Lalu Lintas
(Baca Juga: Mengenal Asurnasi GAP, Perlindungan Ekstra Terhadap Kendaraan Bemotor Anda)
Manfaat Memiliki Asuransi Kendaraan maupun Kesehatan

Asuransi kendaraan maupun kesehatan merupakan sebuah produk perlindungan, terhadap segala risiko-risiko kecelakaan dan lainnya, yang terjadi terhadap kendaraan dan bisa melukai kamu juga.

Biasanya, asuransi kendaraan bisa didaftarkan, ketika mobil baru saja dibeli. Sedangkan asuransi kesehatan, bisa didaftarkan kapan saja. Adapun berikut manfaat miliki asuransi:

  • Bisa memberikan perlindungan bagi pemilik kendaraan
  • Bisa membantu pemilik dalam melakukan perencanaan keuangan
  • Bisa memberikan rasa aman tanpa khawatir berkendara
  • Bisa memberikan perlindungan lebih, karena kamu bisa mengajukan asuransi yang sesuai dengan keinginanmu
  • Kamu juga bisa mendapatkan layanan tambahan, misalnya seperti hotline 24 jam dan derek mobil

Lantas, bagaimana jika kamu tidak memiliki asuransi? Berarti kamu tidak bisa merasakan manfaat-manfaat berkendara seperti di atas dong? Yuk, sebelum terlambat, mari ketahui risiko berkendara tanpa asuransi berikut ini.

Risiko Berkendara Tanpa Asuransi
1. Pengendara Akan Sulit Mendapatkan Pengobatan

Pengendara Akan Sulit Mendapatkan Pengobatan - Ketahui Resiko Berkendara Tanpa Asuransi Sebelum Terlambat

Resiko berkendara tanpa asuransi yang pertama adalah kamu akan sulit mendapatkan pengobatan ketika mengalami kecelakaan. Ibaratnya, kamu tidak memiliki alat bantuan untuk membantumu ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Kamu mungkin akan tetap bisa mendapatkan fasilitas kesehatan, namun pelayanannya tidak akan sebaik, jika kamu memiliki asuransi. Pasalnya, perusahaan asuransi tentunya memiliki banyak rekanan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Sehingga, kamu tidak akan kesulitan, ketika ingin melakukan pengobatan. Bisa dibayangkan, kamu sedang menahan rasa sakit, tapi banyak fasilitas kesehatan yang menolak atau kamu harus tetap mengantri dengan pasien tanpa asuransi lainnya.

2. Pengendara Akan Merasa Cemas dan Tertekan Terhadap Kerugian Finansial

Pengendara Akan Merasa Cemas dan Tertekan Terhadap Kerugian Finansial - Ketahui Resiko Berkendara Tanpa Asuransi Sebelum Terlambat

Risiko berkendara tanpa asuransi selanjutnya adalah kamu mungkin akan merasa cemas dan tertekan terhadap kerugian finansial. Pertama ketika kamu melihat kondisi kendaraan mu yang sudah rusak berat, hingga kondisi kamu sendiri, yang harus mendapatkan perawatan intensif.

Tanpa asuransi, semua pembiayaan pengobatan, hingga kerusakan kendaraan akan ditanggung sendiri. Seperti yang diketahui bahwa biaya pengobatan rumah sakit mahal, dan perbaikan mobil juga tidak murah.

Belum lagi jika mobil mengalami rusak berat, sehingga tidak bisa lagi diselamatkan. Kamu hanya bisa mengikhlaskan kendaraanmu, dan harus membeli kendaraan baru. Sayang bukan?

Berbeda jika kamu memiliki asuransi. Setidaknya kamu bisa mendapatkan ganti rugi sebesar 50% dari harga mobilmu yang rusak. Berbeda jika kamu menggunakan asuransi GAP, yang bisa menjamin 100% kendaraanmu dari risiko kecelakaan.

3. Kondisi Keuanganmu Akan Memburuk Pasca Kecelakaan dan Pengobatan

Kondisi Keuanganmu Akan Memburuk Pasca Kecelakaan dan Pengobatan - Ketahui Resiko Berkendara Tanpa Asuransi Sebelum Terlambat

Tidak hanya saat kecelakaan terjadi, risiko berkendara tanpa asuransi juga akan membuat keuanganmu memburuk pasca kecelakaan dan pengobatan. Pasalnya, setelah mengeluarkan uang untuk pengobatan dan memperbaiki kendaraan mu yang rusak, perencanaan keuangan mu akan berantakan, karena terpakai untuk menutupi biaya saat kecelakaan.

Tabunganmu yang sudah kamu kumpulkan untuk keperluan keluarga di masa depan, atau untuk kehidupan sehari-hari jadi terpecah. Kamu pun harus melakukan perencanaan ulang terhadap keuanganmu.

Pastikan, setelah itu kamu mendaftarkan kendaraanmu asuransi, dan asuransi kesehatan untuk sekeluarga. Karena tidak selamanya kecelakaan terjadi, ketika kamu mengendarai sendirian, bisa saja ketika kamu sedang berkendara bersama keluarga.

Jadi sudah tahu bukan, betapa pentingnya memiliki asuransi sebelum berkendara? Jangan sampai kamu terlambat mengetahui informasi penting ini.

Intip Cara Memilih Asuransi Kendaraan yang Bagus

Selain mengetahui risiko berkendara tanpa asuransi, kamu juga wajib mengetahui informasi terkait cara memilih asuransi kendaraan yang bagus sebelum mantap mengajukan. Yuk, cek rangkumannya berikut ini:

(Baca Juga: 6 Manfaat Asuransi Kendaraan Garda Oto Beserta Cara Membelinya)
  • Pastikan pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan

Asuransi kendaraan memiliki dua jenis, yakni Asuransi All Risk atau Comprehensive dan Asuransi Total Loss Only (TLO). Pahami kedua jenisnya, dan cermati manakah jenis asuransi kendaraan yang tepat untukmu.

  • Tidak asal pilih, pahami keuntungan produk secara rinci

Karena iklan produk menarik, jangan langsung percaya. Jika perlu kamu cek semua keuntungan hingga kekurangan produk secara rinci.

  • Jangan tergiur dengan satu produk, jika perlu bandingan dengan beberapa produk

Biasanya, kamu akan tergiur dengan satu produk karena malas untuk mencari yang lain. Namun, perlu kamu ketahui bahwa produk asuransi kendaraan itu banyak, dan kamu bisa menemukan yang lebih baik, dengan cara membandingkannya.

  • Pastikan produk yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial mu

Jangan sampai, kamu memilih produk yang bagus dan premi mahal, namun dengan keterpaksaan. Pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial, karena jika tidak kamu akan menemukan masalah yang lebih besar di belakang.

  • Cek kredibilitas perusahaan asuransi yang dituju

Selain produknya, cek juga kredibilitas perusahaan. Pastikan terpercaya, terkenal, dan telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan.

Yuk, asuransikan kendaraan kesayanganmu beserta keselamatan dirimu, agar terlindungi dari berbagai macam risiko kerusakan saat kecelakan. Temukan berbagai produk asuransi kendaraan hingga asuransi kesehatan paling tepat sesuai pilihanmu, hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk