Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

by Estrin Vanadianti Lestari on 11 Juni, 2020

Terletak di Kota Wonosobo, Jawa Tengah, dataran tinggi Dieng memang sering dijadikan sebagai lokasi wisata, yang indah dan menyejukan. Pasalnya, deretan wisata pegunungan Dieng terlihat seperti negeri di atas awan, yang ada di cerita dongeng. Masa sih?

Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Salju Pernah Turun di Pegunungan Dieng

Tidak hanya itu, suhu udara di tempat-tempat wisata pegunungan Dieng pun, terbilang dingin bak di tengah salju. Seperti yang diketahui juga, bahwa pegunungan Dieng pernah mengalami fenomena unik, yakni turun salju.

Suhu di pegunungan Dieng sendiri biasanya hanya berkisar 11-18°C. Namun, jika masuk musim tertentu, suhunya bisa mencapai titik beku yakni 0°C. Maka tak heran, jika rasanya seperti sedang berada di hamparan salju.

Meski salju yang turun tidak selebat yang ada di negara barat, namun fenomena tersebut justru sangat menarik perhatian para wisatawan. Terlebih, Indonesia juga bukan termasuk negara beriklim dingin, sehingga hal tersebut menjadi fenomena yang sangat langka.

(Baca Juga: Segini Biaya Mendaki Gunung Everest Hingga Jika Meninggal Pun Bayar)
Lokasi Pegunungan Dieng Strategis

Bagi kamu yang ingin berwisata ke deretan wisata pegunungan Dieng, lokasinya juga sangat strategis, terutama bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa. Pasalnya, Dieng terletak di tengah-tengah Pulau Jawa. Kamu bisa mengaksesnya menggunakan pesawat, kereta, bahkan mobil pribadi.

Deretan wisata pegunungan Dieng, juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk berakhir pekan. Apalagi buat kamu yang sudah penat dengan hiruk pikuk kota yang bising dan bikin stres.

Deretan Tempat Wisata Pegunungan Dieng

Yuk, langsung intip saja deretan tempat wisata pegunungan Dieng, yang wajib kamu kunjungi, ketika berwisata ke Kota Wonosobo atau Banjarnegara, berikut ini:

1. Candi Arjuna

Candi Arjuna - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Tempat wisata pegunungan Dieng yang pertama adalah Candi Arjuna. Tak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi lokasi ini, ketika mampir ke Wonosobo.

Terletak di Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna merupakan sebuah peninggalan kuno dari Kerajaan Mataram, di mana dulu dibangun dengan tujuan untuk menyembah Dewa Siwa. Di dalam komplek Candi Arjuna, setidaknya terdapat lima buah candi, yang dikelilingi rerumputan, dan pemandangan indah.

Karena berada di ketinggian 2.000 mdpl, membuat candi ini seperti berada di atas awan. Pasalnya, jika kamu datang pada pagi hari, kabut dan awan masih tebal, hingga menyelimuti kawasan Candi Arjuna.

2. Telaga Warna

Telaga Warna - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Rekomendasi wisata pegunungan Dieng yang selanjutnya adalah Telaga Warna. Terletak di Kejajar, Wonosobo ini bisa memanjakan mata siapapun, karena keindahan pemandangan danau yang mempesona.

Berbeda dengan danau pada umumnya yang hanya memiliki satu warna, yakni hijau, biru, atau kecoklatan, danau Telaga Warna memiliki berbagai warna. Hal tersebut dikarenakan adanya reaksi air danau dengan belerang.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata Telaga Warna, kamu bisa datang mulai pukul 08.00 pagi dan akan tutup pada pukul 17.30. Untuk harga tiket masuknya sendiri cukup murah, yakni hanya Rp10.000 per orang.

3. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Salah satu wisata pegunungan Dieng yang mirip dengan cerita-cerita di negeri dongeng adalah keindahan Bukit Sikunir. Menawarkan keindahan golden sunrise, Bukit Sikunir selalu menjadi lokasi kegemaran wisatawan, ketika menjelang pagi.

Nah, untuk kamu yang tak mau melewatkan keindahan langit jingga di Bukit Sikunir, maka wajib berangkat ketika subuh. Tidak perlu repot memanjat untuk bisa sampai ke atas bukit, kamu cukup menaiki anak tangga saja, meski cukup melelahkan.

Namun, lelahmu pasti akan hilang, selepas sampai di atas bukit dan menikmati keindahan langitnya. Belum lagi, dengan hamparan awan yang tebal seperti karpet berbulu.

4. Gunung Prau

Gunung Prau - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Jika wisata pegunungan Dieng yang sebelumnya, belum cukup untuk membayar segala keindahan alamnya, bagaimana jika kamu mendaki Gunung Prau. Pasalnya, keindahan alam akan kamu temukan di setiap jalan selama mendaki.

Untuk sampai di puncak Gunung Prau, kamu perlu membawa peralatan mendaki yang lengkap, layaknya pendaki profesional. Pasalnya, kamu akan menemukan banyak rintangan yang rumit. Bahkan, jika kamu kelelahan, kamu bisa memerlukan waktu seharian sampai dua hari loh.

Tak setinggi gunung-gunung pada umumnya, Gunung Prau tergolong gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Tinggi Gunung Prau sendiri adalah 2.565 mdpl.

Agar bisa menikmati pemandangan yang indah, disarankan untuk mendaki di saat musim kemarau. Karena, kamu akan disuguhkan pemandangan bak negeri di atas awan yang sangat indah, dari puncak Gunung Prau.

5. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Mirip seperti kawah putih Ciwidey Bandung, Kawah Sikidang juga masuk dalam jajaran wisata pegunungan Dieng yang wajib dikunjungi. Tak terlalu jauh dengan lokasi Bukit Sikunir, Kawah Sikidang juga sering dijadikan tempat untuk melihat golden sunrise.

Selain itu, kamu juga bisa sekaligus melihat keindahan kawah panas, yang selalu mengeluarkan asap berbau belerang yang menyengat. Sehingga, untuk para wisatawan yang ingin berkunjung kesana, diwajibkan untuk menggunakan masker.

Diketahui, kawah tersebut berkaitan erat dengan legenda Pangeran Kidang Garungan. Wisatawan pun juga bisa sekaligus melihat berbagai kerajinan tradisional, yang dibuat di tempat tersebut.

6. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Rekomendasi wisata pegunungan Dieng yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Wah dari namanya saja sudah bikin terbayang-bayang ya pemandangan dan suasana.

Dataran tinggi yang berada di ketinggian 2010 mdpl ini, bisa jadi destinasi wisata Dieng selanjutnya untuk dikunjungi. Di puncak bukit ini kamu akan menemukan bebatuan, di mana batu-batu tersebut merupakan tempat berpijak yang mantap untuk menikmati keindahan alam, sembari menikmati hembusan angin.

Selain itu, hembusan angin di atas bukit tersebut diketahui mampu menghasilkan suara-suara gemerisik bak siulan.

7. Lubang Sewu

Lubang Sewu - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Hampir sama dengan bukit Batu Pandang Ratapan Angin, wisata pegunungan Dieng bernama Lubang Sewu juga penuh akan bebatuan putih, dengan tekstur berlubang. Bahkan, lokasi wisata ini sering disebut sebagai Grand Canyon mini di Wonosobo.

Selain itu, ketika musim hujan tiba, bebatuan ini akan terendam oleh air Bendungan Wadaslintang. Namun, ketika air tengah surut, kamu bisa menikmati pemandangan eksotis dari bebatuan yang sangat instagramable ini.

(Baca Juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Enak di Semarang Harga Murah Paling Recomended)
8. Telaga Cebong

Telaga Cebong - Deretan Wisata Pegunungan Dieng yang Dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan

Rekomendasi yang terakhir dari deretan wisata pegunungan Dieng yang paling eksotis ini adalah Telaga Cebong. Tempat wisata ini bisa dijadikan alternatif destinasi selanjutnya yang berada di Desa Sembungan.

Tidak jauh dari Bukit Sikunir, telaga ini berada di ketinggian 2.300 meter diatas permukaan air laut. Bahkan, obyek wisata Dieng ini kerap dijuluki sebagai Telaga di Atas Awan. Mirip dengan Ranu Kumbolo, yakni danau yang berada di tengah ketinggian Gunung Semeru.

Selain telaga, keindahan alam di kawasan ini juga tambah indah, karena dipenuhi oleh perkebunan warga setempat, yang ada di sekitar Telaga. Makin eksotis deh, panorama alam yang ditawarkan oleh Telaga Cebong.

Nah, itu dia beberapa deretan wisata pegunungan Dieng, yang wajib kamu kunjungi, ketika berada di Kota Wonosobo atau Banjarnegara. Namun, karena saat ini beberapa lokasi wisata masih tutup karena dampak Covid-19, kamu bisa loh memanfaatkan waktu ini untuk menabung terlebih dahulu.

Sehingga, ketika lokasi wisata di pegunungan Dieng sudah kembali dibuka, kamu sudah memiliki dana untuk berlibur ke sana, tanpa khawatir kekurangan. Agar lebih melindungi kamu dari berbagai macam hal, ketika liburan, ada baiknya juga kamu megajukan asuransi perjalanan.

Pasalnya, asuransi perjalanan bisa membantu melindungimu ketika kamu melakukan perjalanan. Sehingga, kamu bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Sudah daftarkan dirimu asuransi perjalanan belum? Yuk ajukan segera asuransi perjalanan pilihanmu, hanya di CekAja.com, sebelum liburan ke Dieng!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk