Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

by Nadhillah Kusindriani on 15 Juni, 2020

Memiliki asuransi kendaraan rasanya kini sangat penting. Pasalnya, asuransi tersebut berguna untuk melindungi kendaraanmu dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi. Nah, untuk kamu yang tertarik menggunakan asuransi kendaraan terbaik, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas cara daftar asuransi kendaraan khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Sekilas tentang Asuransi Kendaraan

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara daftar asuransi kendaraan, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mengetahui sekilas informasi tentang asuransi kendaraan itu sendiri.

Sejatinya, asuransi kendaraan merupakan sebuah layanan yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kendaraan yang kamu miliki.

Di mana, asuransi tersebut menjamin segala risiko yang mungkin terjadi pada kendaraanmu, baik kerusakan ataupun kehilangan yang nantinya akan dialihkan ke perusahaan asuransi kendaraan.

Tentu, sebelum memilih asuransi kendaraan yang akan digunakan, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti pelayanan dan biaya yang diberikan perusahaan asuransi hingga kekuatan keuangannya.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis perlindungan kendaraan yang dimiliki perusahaan, seperti perlindungan komprehensif, total loss only, dan perluasan jaminan asuransi.

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait asuransi kendaraan dan perusahaan penyedia layanannya, kamu bisa langsung mencari tahu cara daftar asuransi kendaraan dan melakukan pendaftaran.

(Baca Juga: Asuransi Mobil Terbaik Tahun 2020)
Cara Daftar Asuransi Kendaraan

Sebenarnya, mendaftar asuransi kendaraan itu sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari tahu beberapa hal yang dibutuhkan dan memahami prosedur atau cara daftar asuransi kendaraan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum cara daftar asuransi kendaraan khusus untuk kamu. Adapun beberapa cara daftar asuransi kendaraan tersebut antara lain:

1. Mencari Informasi terkait Asuransi Kendaraan

Mencari Informasi terkait Asuransi Kendaraan - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Cara daftar asuransi kendaraan yang pertama adalah mencari beberapa informasi terkait asuransi kendaraan. Kamu bisa memulainya dengan mengetahui manfaat dari menggunakan asuransi kendaraan, kekurangan, biaya dan lain sebagainya.

Sebab, dengan mengetahui informasi-informasi dasar tersebut, setidaknya kamu memiliki bayangan tentang asuransi kendaraan dan penggunaannya terhadap kendaraanmu.

2. Mengetahui dan Memilih Perusahaan Layanan Asuransi Kendaraan

Mengetahui dan Memilih Perusahaan Layanan Asuransi Kendaraan - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Cara daftar asuransi kendaraan yang berikutnya adalah kamu perlu mengetahui dan memilih perusahaan layanan asuransi kendaraan terlebih dahulu.

Pasalnya, ada banyak sekali perusahaan asuransi kendaraan yang bisa kamu jadikan pilihan, mulai dari Autocilin, Garda Oto, ACA, Himalaya, Jasindo, Avrist, Chubb dan lain sebagainya.

Kemudian, semua perusahaan asuransi tersebut juga sudah pasti menawarkan produknya dengan segala kelebihan yang dimiliki. Sehingga, kamu bisa mencari tahu satu persatu kelebihan yang dimiliki asuransi kendaraan dan melakukan perbandingan.

Kamu tidak hanya melakukan perbandingan melalui website saja, tetapi kamu juga bisa melakukan perbandingan dengan bertanya ke beberapa teman, saudara bahkan kerja yang menggunakan asuransi kendaraan.

Jika informasi yang dibutuhkan dirasa sudah cukup, kamu bisa langsung memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansialmu.

3. Mengetahui dan Memilih Jenis Asuransi Kendaraan

Mengetahui dan Memilih Jenis Asuransi Kendaraan - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Selanjutnya kamu tinggal mencari tahu apa saja jenis asuransi kendaraan yang disediakan perusahaan asuransi. Seperti misalnya jenis asuransi komprehensif dan total loss only.

Jika perusahaan asuransi yang kamu inginkan menyediakan dua jenis asuransi di atas atau lebih, maka kamu bisa langsung memilih jenis asuransi yang kamu butuhkan. Namun perlu diingat, bahwa setiap jenis asuransi tersebut memiliki biaya yang berbeda-beda.

Dengan begitu, ketika hendak memilih jenis asuransi, pastikan kamu mempertimbangkannya terlebih dahulu dengan matang dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansial.

4. Lengkapi Dokumen Pendaftaran

Lengkapi Dokumen Pendaftaran - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Cara daftar asuransi kendaraan yang keempat adalah melengkapi dokumen pendaftaran yang dibutuhkan. Umumnya, dokumen-dokumen yang dibutuhkan tersebut tidak akan jauh berbeda antara perusahaan asuransi kendaraan yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa dokumen tersebut, di antaranya:

  • Formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi kendaraan
  • Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • KITAS atau KITAP (untuk WNA)
  • NPWP atau SIUP
5. Survei Kendaraan

Survei Kendaraan - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, cara daftar asuransi kendaraan yang berikutnya adalah survei kendaraan. Biasanya, kegiatan survei ini dilakukan oleh petugas asuransi kendaraan, sebelum asuransi yang diajukan mulai di proses.

Kemudian, setelah survei kendaraan selesai dilakukan, nantinya hasil dari survei ini akan dimasukkan ke dalam laporan survei. Apabila kendaraan yang kamu miliki merupakan kendaraan baru, maka kamu sudah pasti mengikuti proses ini dan menunjukkan bukti serah terima kendaraan kepada petugas asuransi.

6. Pembuatan Polis Asuransi Kendaraan

Pembuatan Polis Asuransi Kendaraan - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Cara daftar asuransi kendaraan yang keenam adalah membuat polis asuransi kendaraan. Polis ini baru bisa di cetak apabila semua lima tahapan di atas sudah dilakukan dengan benar dan terisi lengkap.

Untuk kebijakan polisnya sendiri, beberapa asuransi kendaraan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Maka dari itu, ketika saat pembuatan polis, ada baiknya jika kamu melakukan kesepakatan dengan pihak asuransi. Seperti misalnya kesepakatan akan jumlah premi, syarat serta prosedur pengajuan klaim dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu bisa memahami dengan benar apa isi dari polis itu sendiri dan mengurangi risiko kerugian. Selain itu, untuk berkas asuransinya sendiri, beberapa perusahaan kerap kali mengirimkannya ke rumah masing-masing pengguna. Sehingga, pengguna tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengambil berkas tersebut.

7. Pembayaran Premi

Pembayaran Premi - Begini Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Cara daftar asuransi kendaraan yang terakhir adalah melakukan pembayaran premi. Di mana, jumlah premi yang perlu kamu bayarkan sesuai dengan yang tertera di polis. Kamu bisa membayarnya langsung datang ke perusahaan asuransi kendaraan ataupun melalui transfer.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu membayar premi di awal dan premi tiap bulan, tentunya sesuai dengan jumlah dan jangka waktu yang sudah ditentukan di polis yang telah disepakati oleh kamu dan pihak asuransi kendaraan.

(Baca Juga: Ini Asuransi Mobil untuk Pengendara Baru)
Manfaat Menggunakan Asuransi Kendaraan

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang asuransi kendaraan dan cara daftar asuransi kendaraan. Maka di pembahasan kali ini, kamu akan mengetahui beberapa manfaat menggunakan asuransi kendaraan yang di antaranya, yaitu:

Memberikan Perlindungan pada Kendaraan

Manfaat dari asuransi kendaraan yang pertama tentu saja memberikan perlindungan pada kendaraan. Perlindungan yang diberikan tersebut tidak hanya dari risiko pencurian saja, tetapi juga perlindungan dari kerusakan maupun kejadian lainnya yang tidak terduga.

Untuk pencurian sendiri, perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kendaraan biasanya berupa sejumlah dana, yang nominal atau besarannya sesuai dengan ketentuan yang diberikan pihak asuransi.

Kemudian untuk risiko kerusakan kendaraan, perlindungan yang diberikan yaitu berupa keringanan biaya perbaikan.

Membantu Pertanggung Jawaban kepada Pihak Ketiga

Menggunakan asuransi kendaraan juga akan membantumu bertanggung jawab kepada pihak ketiga apabila terjadi kecelakan.

Karena pada dasarnya, saat terjadi kecelakaan, pengendara merasa kesulitan untuk memberikan sejumlah biaya pertanggung jawaban terhadap pihak yang menjadi korban kecelakaan.

Pasalnya, biaya pertanggung jawaban yang dibutuhkan tidak sedikit. Untuk itu, dengan menggunakan asuransi kendaraan, kamu bisa menyerahkan tanggung jawab itu ke pihak asuransi. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan biaya yang besar tersebut.

Membantu Mengelola Pengeluaran

Manfaat lainnya dari asuransi kendaraan adalah dapat membantu mengelola pengeluaran. Pasalnya, dengan menggunakan asuransi kendaraan, satu tanggung jawab untuk melindungi kendaraan yang kamu miliki sudah dilakukan.

Sehingga, setiap bulannya kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya tambahan untuk kendaraan dan segala risiko yang mungkin terjadi, karena sudah melindunginya dengan asuransi kendaraan.

Memberikan Rasa Aman

Manfaat dari menggunakan asuransi kendaraan yang terakhir adalah memberikanmu rasa aman. Yang mana, kamu tidak pelu lagi merasa khawatir ataupun takut, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang menyebabkan kendaraanmu rusak. Meskipiun begitu, kamu sebagai pengendara tetap harus selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara.

Nah, beberapa informasi terkait asuransi kendaraan, cara daftar asuransi kendaraan dan manfaatnya sudah kamu ketahui di atas. Kini kamu tidak perlu lagi merasa bingung ataupunn ragu untuk mengajukan asuransi kendaraan.

Sebab, kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat melalui CekAja.com. Terlebih, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis