Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mau Usaha Rental Kamera? Asuransikan Kameramu di Sini!

by Estrin Vanadianti Lestari on 23 Juni, 2020

Seakan tidak ada habisnya, dunia fotografi kini semakin maju dan diminati, khususnya bagi para fotografer. Bahkan, bagi mereka yang hobi fotografi tapi tidak punya kamera, kini sudah banyak rental kamera yang bisa jadi solusi para fotografer pemula. Melihat adanya peluang bagus di dunia fotografi, buat kamu yang mau usaha rental kamera, sebaiknya asuransikan kamera mu, agar aset berupa barang elektronik, tetap aman dan terlindungi. 

mau usaharental kamera? Asuransikan kameramu di sini

Rental Kamera jadi Peluang Usaha Kalangan Anak Muda

Jika zaman dulu dunia fotografi lebih terbatas, karena kamera yang digunakan masih analog, kini teknologi telah mengubahnya menjadi lebih canggih. Banyak kamera yang diproduksi dengan teknologi dan fitur yang beragam.

Maka dari itu, harga kamera pun saat ini semakin mahal, dan tidak semua orang bahkan fotografer di kalangan anak muda bisa membelinya. Nah, melihat ada peluang besar, banyak dari para pengoleksi kamera pun memutar otak, agar hobinya bisa menghasilkan uang, yakni dengan usaha rental kamera. 

Sebagian besar penyewa kamera biasanya adalah anak-anak muda, seperti mahasiswa yang sedang belajar, hingga karyawan muda yang memiliki pekerjaan sampingan, menjadi seorang fotografer. 

Bagaimana dengan Prospek Rental Kamera?

Di era digital seperti ini, usaha rental kamera tentu sangat menjanjikan. Terlebih, kini dunia fotografi tidak hanya sekadar memotret objek berupa manusia, tetapi juga objek berupa barang untuk iklan, atau hanya sekadar untuk membuat konten di sosial media pribadi. 

(Baca Juga: Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis)
Berapa Rata-rata Keuntungan dan Biaya Modal Usaha Rental Kamera?

Buat kamu yang mau usaha rental kamera, mari intip perkiraan perhitungan keuntungan hingga modal biayanya berikut ini:

  • Biaya Modal Usaha

Setidaknya kamu memiliki kamera sebanyak lima buah, untuk disewakan. Satu buah kamera digital diperkirakan memiliki harga Rp2 juta hingga Rp5 juta. Kita ambil harga termahalnya.

5 kamera x @ Rp5 Juta= Rp25 Juta

  • Keuntungan

Dalam satu hari, semisal kamu mendapatkan 5 orang penyewa dengan harga sewa per hari Rp50.000. Maka omset yang didapatkan adalah Rp250.000 per hari. Jika dikalikan dalam jangka waktu sebulan maka jadi Rp250.000 x 30 hari= Rp7,5 juta. Lumayan bukan hasilnya?  

Hambatan Usaha Rental Kamera

Setiap usaha, pasti memiliki masalah atau hambatan. Dalam usaha ini, hambatan yang mungkin akan sering kamu temukan antara lain adalah kerusakan hingga kehilangan. 

Hambatan tersebut, tentunya bisa mengakibatkan kerugian besar. Terlebih, jika kamu berniat merentalkan barang, maka kamu harus siap dengan segala konsekuensi yang terjadi akibat kelalaian konsumen. Salah satunya dengan mengasuransikan kameramu. 

Tips Usaha Rental Kamera

Namun, bagi para pemilik rental kamera, sebaiknya perlu mengetahui tips bisnis ini terlebih dahulu, agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

1. Menentukan Target Sasaran

Menentukan Target Sasaran - Mau Usaha Rental Kamera Asuransikan Kameramu di Sini

Dalam usaha rental kamera, kamu juga perlu melakukan riset terhadap pasar, sehingga kamu bisa menentukan target sasaran. Biasanya target rental kamera adalah kalangan fotografer profesional maupun pemula. 

Selain membutuhkan, tentunya mereka juga sudah mengerti dari penggunaan kamera. Sehingga, kamu tak perlu khawatir berlebih akan terjadinya kerusakan ketika disewakan.   

2. Menyediakan Kamera dengan Berbagai Macam Jenis

Menyediakan Kamera dengan Berbagai Macam Jenis - Mau Usaha Rental Kamera Asuransikan Kameramu di Sini

Karena usaha rental kamera sudah semakin menjamur, maka sebaiknya kamu menyediakan fasilitas lebih, seperti menyediakan berbagai jenis kamera digital yang lengkap. 

Selain itu, sewakan juga perangkat pendukung lainnya, seperti tripod, lensa tambahan, stabilizer, lighting, kamera drone dan lain-lain. Hal tersebut bisa menarik minat para penyewa, agar lebih memilih usaha remta kameramu.

3. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Pilih Lokasi Usaha yang Strategis - Mau Usaha Rental Kamera Asuransikan Kameramu di Sini

Meski jenis usaha ini adalah menjual jasa penyewaan, namun lokasi usaha juga sangat penting. Pasalnya, lokasi yang strategis akan membuat calon penyewa bisa dengan mudah menemukan lokasi mu.

Usahakan lokasi rental berada di pinggir jalan, dekat dengan lokasi wisata, perkantoran, hingga perkotaan. Jangan lupa pasang plang nama rental kamera kamu, agar mudah ditemukan.

4. Lakukan Promosi lewat Media Online

Lakukan Promosi lewat Media Online - Mau Usaha Rental Kamera Asuransikan Kameramu di Sini

Salah satu promosi yang paling mudah, murah dan efektif saat ini adalah melalui media online. Kamu bisa membuat website, akun Instagram, Facebook, hingga Youtube. 

Dengan begitu, usaha rental kamera kamu jadi mudah dideteksi, oleh mesin pencarian di internet. Jangan lupa cantumkan jenis kamera, harga sewa, syarat dan ketentuan, alamat usaha rental, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi. 

Buat review dan testimoni semenarik mungkin, agar penyewa lain, juga tertarik menyewa kamera di rental kamu. Pasang harga yang bersahabat, dan sering adakan promosi atau bonus jam sewa, agar lebih menarik perhatian. 

5. Buka Cabang di Kota Lain

Buka Cabang di Kota Lain - Mau Usaha Rental Kamera Asuransikan Kameramu di Sini

Tips membuka usaha rental kamera berikutnya adalah dengan membuka cabang di kota lain. Kamu bisa mencari lokasi daerah atau kota besar, yang memiliki peluang rental kamera yang bagus. 

Cara ini guna memperluas jaringan usaha rental kamu. Sehingga, peminat rental kamera yang ada di luar kota, juga bisa menggunakan jasa penyewaan kamera di rental milikmu.  

(Baca Juga: Ini Pengertian Asuransi Elektronik Lengkap, yang Wajib Diketahui)
6. Menghindari Risiko kerugian Semaksimal Mungkin dengan Asuransi

Menghindari Risiko kerugian Semaksimal Mungkin dengan Asuransi - Mau Usaha Rental Kamera Asuransikan Kameramu di Sini

Membangun usaha rental kamera, memang memiliki risiko yang besar, terhadap kerusakan dan kehilangan barang. Sehingga, sebagai pemilik rental, kamu harus menghindari risiko-risiko dan kerugian semaksimal mungkin.

Misalnya, dengan cara memberlakukan syarat terhadap calon penyewa seperti meminta KTP atau identitas lain, memberlakukan uang deposito, hingga asuransikan kameramu. 

Apa Ada Produk Asuransi untuk Kamera?

Kamera, merupakan barang elektronik yang memiliki nilai jual tinggi, atau berharga. Kini, produk asuransi tidak hanya bisa melindungi barang mati seperti kendaran atau properti saja, tetapi barang elektronik juga bisa. 

Asuransi elektronik, kini sudah banyak ditemukan di berbagai perusahaan asuransi. Asuransi elektronik bisa menjadi alat perlindungan terhadap aset berupa barang elektronik, seperti kamera digital dari berbagai risiko kerusakan.

Penasaran dengan informasi seputar asuransi elektronik untuk kamera? Kamu bisa lihat produknya, bandingkan, sekaligus mengajukan asuransi elektronik untuk kamera, melalui situs CekAja.com. 

Nah, jika kamu mau usaha rental kamera, asuransikan kameramu di CekAja.com saja! Bisnis rental kamera lancar, aset kamera canggih mu juga tetap aman!  

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk