Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Maksimalkan Proteksi Asuransi Kesehatan dengan Cara Ini!

by Estrin Vanadianti Lestari on 25 Juni, 2020

Sudah menjadi alat perlindungan yang wajib dimiliki, kini asuransi kesehatan, juga menjadi produk finansial yang paling diminati. Terlebih, jika Anda adalah karyawan, mungkin asuransi kesehatan sudah menjadi hal yang wajib diberikan oleh perusahaan. Nah, agar kamu tak sia-sia membayar premi asuransi kesehatan per bulannya, maka perlu tahu cara maksimalkan proteksi asuransi kesehatan dengan cara ini. 

maksimalkan asuransi kesehatan dengan cara ini

Karyawan Biasanya Mendapatkan Fasilitas BPJS, Asuransi Swasta, atau Bahkan Keduanya

Umumnya, perusahaan akan memberikan asuransi kesehatan dari pemerintah, yakni BPJS Kesehatan. Namun, beberapa perusahaan lainnya, ternyata juga ada yang memfasilitasi karyawannya dengan asuransi dari perusahaan swasta. 

Dengan begitu, sebagai karyawan yang bisa menikmati fasilitas tersebut, Anda harus bisa maksimalkan proteksi asuransi kesehatan dengan cara ini, agar bisa mendapatkan keuntungan ganda. Terlebih, ada banyak risiko-risiko kesehatan, yang mungkin terjadi terhadap seorang karyawan di tempatnya bekerja. 

Mulai dari kecelakaan kerja, sakit atau kecelakaan dalam perjalanan ke kantor, bahkan, beberapa asuransi kesehatan yang diberikan, juga bisa mengcover biaya persalinan para karyawan wanita. Jadi, sayang bukan jika tidak memaksimalkan proteksinya sebaik mungkin?

Manfaat Asuransi Kesehatan

Adapun manfaat lainnya dari asuransi kesehatan ini, mungkin bisa membuat Anda paham, betapa menguntungkannya produk finansial yang satu ini. Yuk intip manfaat asuransi kesehatan secara umum berikut ini:

(Baca Juga: Remdesivir Obat Resmi Corona yang Digunakan Amerika Serikat)

  • Bisa memberikan rasa tenang, bagi Anda bahkan keluarga Anda
  • Bisa membantu meminimalisir risiko, karena jika risiko terjadi pun, semua biaya pengobatan dan perawatan akan dijamin.
  • Sangat efisien dalam melindungi kondisi kesehatan dan juga finansial, karena Anda bisa menangani dengan cepat ketika sakit, sehingga tidak perlu repot pinjam uang ke sana-kemari, dan akan membuat kondisi Anda semakin buruk.
  • Bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan
  • Bisa digunakan sebagai investasi atau tabungan di masa depan
  • Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat dan layak, terutama pada produk asuransi kesehatan swasta.

Nah, bagi Anda yang sebelumnya tidak pernah mempunyai asuransi kesehatan, mungkin sangat awam dengan segala informasi, prosedur, hingga cara menggunakannya. Agar fasilitas berupa perlindungan kesehatan tersebut tak sia-sia, lebih baik ketahui cara maksimalkan proteksi asuransi kesehatan, dengan cara ini!

Cara Maksimalkan Proteksi Asuransi Kesehatan
1. Ketahui Perbedaan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan dari Perusahaan Swasta

Cara maksimalkan proteksi asuransi kesehatan yang pertama adalah, ketahui dulu perbedaan dari asuransi BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan dari perusahaan swasta. Setiap asuransi kesehatan, pasti memiliki fasilitas yang berbeda-beda baik BPJS maupun asuransi swasta.

Jika perlu, ketahui masing-masing keuntungan dari tiap asuransi kesehatan. Anda bisa membaca ketentuannya di buku panduan, dan lewat informasi tersebut Anda bisa maksimalkan proteksi asuransi kesehatan. Setelah mengetahui masing-masing keuntungannya, kamu bisa cari tahu apa perbedaan BPJS dan asuransi kesehatan swasta.

Seperti yang diketahui asuransi BPJS kesehatan dari pemerintah ini, memang memiliki keuntungan yang bisa dimaksimalkan. Namun, ada beberapa hal yang membuat BPJS kurang memberikan kepuasan, karena adanya keterbatasan, pelayanan yang kurang baik, tidak bisa memilih fasilitas kesehatan sendiri dan lainnya.

Berbeda dengan asuransi kesehatan swasta, yang lebih mengutamakan pelayanan terbaik kepada nasabahnya. Selain itu, mereka juga menyediakan banyak rekanan rumah sakit dan fasilitas lainnya, yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga Anda bisa memilih sendiri, ingin melakukan pengobatan ke mana. 

Sehingga, masing-masing memiliki punya keuntungan yang berbeda. Maksimalkanlah proteksi asuransi kesehatan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Ketahui Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Jika bicara soal jenis, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis perawatan, yakni rawat inap dan rawat jalan. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda bisa maksimalkan proteksi asuransi kesehatan sesuai kebutuhan. 

Jika, penyakit yang Anda derita cukup untuk melakukan rawat jalan, maka Anda bisa pilih asuransi rawat jalan. Namun jika penyakit Anda sudah kronis, maka jangan paksakan untuk rawat jalan, karena Anda bisa memilih rawat inap, sebagai pilihan pengobatannya. 

Jadi, jangan sia-siakan fasilitas asuransi kesehatan yang ada, dan maksimalkan sebaik mungkin.

3. Memperhatikan dan Mencari Tahu Tentang Rekanan Rumah Sakit yang Bekerjasama dengan Asuransi Kesehatan Tersebut

Jika Anda mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan swasta dari perusahaan, maka Anda harus memperhatikan dan mencari tahu terkait rekanan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, yang bekerjasama dengan asuransi kesehatan tersebut. 

Agar lebih maksimalkan proteksi asuransi kesehatan, tentunya Anda akan lebih pilih rumah sakit yang lebih dekat dengan lokasi rumah Anda bukan? Selain lokasi, kredibilitas rumah sakit mungkin jadi penilaian Anda untuk memilih fasilitas kesehatan. 

Anda bisa mencari tahunya melalui website resmi perusahaan asuransi kesehatan swasta maupun negeri (BPJS) terkait rekanan rumah sakit. Hal ini dilakukan agar, ketika Anda jatuh sakit, Anda tidak perlu lagi sibuk mencari tahu, apakah rumah sakit tujuan Anda, bekerja sama dengan pihak asuransi kesehatan yang Anda miliki, atau tidak. 

(Baca Juga: Jangan Malu Konsultasikan Mentalmu, Ini Asuransi untuk Penyakit Psikologis)
4. Mengetahui Prosedur hingga Proses Klaim ke Dokter-dokter Spesialis

Selain lokasi rumah sakit, penting juga bagi Anda untuk mengetahui, terkait prosedur klaim rumah sakit terhadap perusahaan asuransi kesehatan yang bekerjasama dengannya. Pasalnya, ada beberapa jenis klaim yang biasa dilakukan, yakni sistem reimburse dan cashless (menggunakan kartu).

Jika Anda ingin berobat, Anda tinggal datang, pilih sendiri dokter yang ingin Anda temui. Semua pembayaran, nantinya akan diurus oleh bagian finance atau resepsionis, dengan menunjukan kepesertaan asuransi kesehatan swasta, baik sistem reimburse maupun cashless. 

Beda lagi dengan BPJS, di mana jika Anda awalnya datang ke klinik yang bekerjasama dengan BPJS, namun Anda harus melakukan perawatan ke rumah sakit tertentu atau ke dokter spesialis, maka Anda wajib mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu.

Sehingga, Anda tidak bisa memilih sendiri kemana Anda harus berobat, dan harus disesuaikan dengan rujukan dari faskes sebelumnya.   

Itulah beberapa informasi terkait manfaat hingga cara maksimalkan proteksi asuransi kesehatan, yang diberikan perusahaan, maupun asuransi kesehatan pengajuan pribadi. 

Intinya, asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki saat ini. Terlebih kini kondisi lingkungan sedang tidak aman, karena munculnya Covid-19 atau virus corona. Tidak ingin bukan, Anda menjadi salah satu korban yang gugur akibat Covid-19?

Berhubung Anda harus tetap menjaga jarak, dan meminimalisir bepergian hingga bertemu orang lain, Anda tetap bisa kok mengajukan asuransi kesehatan dengan mudah. 

Kapan lagi Anda bisa melihat informasi terkait produk asuransi kesehatan dengan mudah di satu website, membandingkannya dengan produk asuransi lain, hingga mengajukannya secara online dari rumah, kalau bukan di CekAja.com. 

Terlebih, jika perusahaan tempatmu bekerja baru menyediakan asuransi BPJS kesehatan, lebih baik lengkapi sekarang juga, dengan mengajukan asuransi kesehatan swasta hanya di CekAja.com. 

  

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk