Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Pilih Asuransi Untuk Gadget Kesayanganmu

by Vera Khairifah on 29 Juni, 2020

Siapa bilang asuransi hanya diperuntukkan bagi perlindungan diri? Ya, asuransi elektronik untuk gadget juga tersedia, lho. Buat kamu yang masih bingung memilih, simak tips pilih asuransi untuk gadget berikut ini.

tips pilih asuransi untuk gadget

Mengenal Asuransi Elektronik

Asuransi untuk gadget atau yang dikenal dengan nama asuransi elektronik adalah salah satu jenis asuransi yang memberi perlindungan terhadap kepemilikan barang elektronik berteknologi.

Jenis peralatan elektronik yang dilindungi beragam, mulai dari smartphone, smart TV, kamera, laptop, segala mesin digital, mesin berat maupun peralatan pabrik, peralatan medis canggih, peralatan untuk film, dan masih banyak lagi lainnya.

Sehingga asuransi elektronik bisa digunakan untuk melindungi alat elektronik pribadi maupun industri. Untuk kamu yang ingin mengasuransikan gadget, wajib mengetahui tips pilih asuransi untuk gadget. Pahami pula risiko-risiko yang dijaminkan dalam asuransi elektronik sebagai pelindung gadget-mu.

Risiko yang dijaminkan asuransi elektronik meliputi kerusakan alat elektronik akibat bencana alam, kebakaran, ledakan, sabotase, salah rakit, salah rancang, risiko tak terduga dan tak disengaja, pencurian atau perampokan, dan kerusakan komponen alat elektronik tersebut.

Sedangkan untuk risiko yang tidak dijaminkan adalah kerusakan alat elektronik akibat perang atau pemberontakan, reaksi nuklir atau radioaktif, serta kerusakan akibat kelalaian yang disengaja.

(Baca Juga: Pengertian Lengkap Asuransi Elektronik)
Jenis-jenis Asuransi Elektronik

Ada beberapa jenis asuransi elektronik yang bisa nasabah pilih sesuai dengan kebutuhannya, di antaranya sebagai berikut:

  • Asuransi Smartphone

Asuransi Smartphone

Adalah asuransi yang yang melindungi berbagai jenis risiko kerusakan gadget smartphone yang kamu beli. Jenis asuransi ini biasanya menjalin kerjasama dengan lembaga penyedia kredit smartphone, namun juga bisa dimiliki dengan pengajuan sendiri olehmu.

Jenis risiko yang dijaminkan meliputi risiko kerusakan selama masa garansi smartphone dari penyedia kredit selama 6 bulan sampai 1 tahun, perlindungan layar smartphone, perlindungan kerusakan akibat kecelakaan, terkena cairan, maupun akibat pencurian, serta risiko kehilangan akibat perampokan yang melibatkan kekerasan.

  • Asuransi Peralatan Elektronik

Asuransi Peralatan Elektronik

Adalah asuransi elektronik yang menjaminkan risiko kerugian yang ditimbulkan akibat hal-hal tertentu yang sudah tertera dalam polis asuransi. Jenis asuransi ini juga disebut dengan istilah bahasa Inggris, yakni Electronic Equipment Insurance (EEI).

Barang-barang yang bisa diasuransikan dengan asuransi ini adalah barang elektronik bertenaga listrik rendah hingga menengah. Seperti laptop, komputer, tablet, alat-alat laboratorium, kamera, alat percetakan, dan gadget lainnya.

Risiko-risiko yang dijaminkan terbilang umum, sesuai dengan jaminan asuransi elektronik pada umumnya. Seperti risiko kerusakan akibat bencana alam, salah rakit, sampai kerusakan dan kehilangan akibat pencurian.

  • Asuransi Peralatan Elektronik Industri

Asuransi Peralatan Elektronik Industri

Terakhir, ada asuransi peralatan elektronik bertenaga listrik menengah hingga tinggi untuk kebutuhan industri alias pabrik. Mesin-mesin besar tentu memiliki harga yang tidak murah sehingga perlu diasuransikan.

Untuk itu, perlindungan atas risiko kerusakan fisik perlu dimiliki. Jenis risiko yang dijamin sama dengan jaminan EEI.

Tips Pilih Asuransi Untuk Gadget

Setelah mengetahui lebih dalam soal asuransi elektronik, sekarang saatnya membahas tips pilih asuransi untuk gadget sebagai asuransi elektronik untukmu.

1. Pilih Jenis Asuransi Elektronik yang Tepat

Pilih Jenis Asuransi Elektronik yang TepatTips pilih asuransi untuk gadget yang pertama adalah dengan memilih jenis asuransi elektronik yang tepat sesuai dengan gadget yang ingin kamu lindungi.

Sebelum memilih asuransi, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dulu dengan petugas perusahaan asuransi. Hal ini berguna untuk memperdalam pengetahuanmu tentang asuransi elektronik untuk gadget.

Memilih asuransi elektronik yang tepat akan membawamu pada keuntungan. Sebab gadget berkualitas tidak mudah mengalami penurunan harga. Nillai barang yang terjaga ini yang membuatnya wajib untuk diasuransikan dengan baik.

(Baca Juga: Asuransi Untuk Usaha Rental Kamera)
2. Pertimbangkan Besaran Premi dan Nilai Pertanggungan

Pertimbangkan Besaran Premi

Besaran premi bulanan dan nilai pertanggungan yang didapat tentu menjadi tips pilih asuransi untuk gadget yang paling dipertimbangkan calon nasabah.

Dengan menggunakan asuransi elektronik, gadget akan aman dari berbagai risiko karena sudah ada jaminan pertanggungan biaya. Sebagai gantinya, kamu harus disiplin membayar premi bulanan.

Nah, hal ini lah yang patut kamu sesuaikan dengan pendapatanmu. Pertimbangkan lebih dulu, apakah kamu sanggup menyisihkan pendapatan bulanan untuk membayar premi?

Kemudian, pertimbangkan pula nilai pertanggungannya. Setarakah dengan premi yang kamu bayarkan setiap bulannya?

3. Bandingkan Dengan Nilai Gadget dan Data di Dalamnya

Bandingkan Dengan Nilai Gadget

Tips pilih asuransi untuk gadget selanjutnya adalah membandingkan nilai gadget beserta kepentingan data di dalamnya dengan nilai pertanggungan asuransi elektronik yang ditawarkan. Gadget terbaik memiliki komponen terbaik pula yang harganya di atas rata-rata.

Bayangkan jika gadget kesayanganmu mengalami kerusakan akibat risiko tertentu, lalu hitung perkiraan biaya perbaikan. Jika kamu sudah mampu memperkirakannya, cek kesesuaian nilai pertanggungan yang ditawarkan dengan pekiraan harga tersebut.

Nilai gadget dan aset data di dalamnya bahkan bisa dinilai lebih mahal lagi apabila kamu menyimpan banyak data penting yang bersifat privasi atau berkaitan dengan karya yang memiliki hak cipta.

4. Tetap Lindungi Data Gadget Dengan Backup

Lindungi Data Gadget

Meskipun tujuan dari memiliki asuransi elektronik adalah mengganti biaya kerugian gadget akibat risiko tertentu, tapi ada hal lain yang perlu dipikirkan. Yakni nilai penting dari data-data yang kamu simpan.

Mendapat cover biaya perawatan atas kerusakan maupun penggantian karena pencurian bukan berarti serta merta membuatmu abai dalam mem-backup data yang dimiliki. Maka dari itu, pastikan untuk rutin melakukan backup, ya.

Itulah beberapa tips pilih asuransi untuk gadget kesayanganmu. Mau tahu pilihan produk asuransi elektronik yang pas untuk kamu? Langsung saja bandingkan di CekAja.com.

Ada banyak produk asuransi elektronik yang akan dibandingkan berdasarkan manfaat, besaran premi, dan tingkat kesesuaian dengan profil diri dan kebutuhanmu. Pilih sekarang dan kamu bisa memiliki asuransi elektronik hanya melalui pengajuan online yang mudah dan cepat.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast