Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lindungi Keluarga dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

by Vera Khairifah on 30 Juni, 2020

Kesadaran publik akan pentingnya asuransi jiwa sebagai perlindungan keluarga masih minim. Padahal ini sangat berguna untuk mengantisipasi terjadinya masalah di kemudian hari. Yuk, lindungi keluarga dengan asuransi jiwa berikut ini. Simak rekomendasinya!

Lindungi Keluarga dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

Manfaat Asuransi Jiwa

Sebagian di antara kita mungkin masih mengesampingkan pentingnya asuransi jiwa. Perlindungan untuk keluarga terhadap risiko kematian salah satu keluarga seolah dianggap tidak perlu.

Padahal, bisa saja timbul sederet kesulitan apabila salah satu anggota keluarga meninggal. Terlebih lagi jika dia merupakan tulang punggung keluarga.

Asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut:

  • Melindungi keluarga yang ditinggalkan salah satu anggotanya sebagai tulang punggung. Kebutuhan keluarga akan tetap tercukupi untuk beberapa waktu mendatang.
  • Membantu keluarga yang ditinggalkan melunasi hutang-hutang. Sehingga keluarga tidak terbebani oleh warisan hutang anggota keluarganya maupun hutang keluarga.
  • Asuransi jiwa dengan manfaat tambahan juga memberikan santunan apabila tertanggung jatuh sakit. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk keluarga.
  • Tersedia pengembalian premi asuransi jiwa apabila dalam jangka beberapa tahun tidak ada anggota keluarga yang meninggal. Premi yang bisa diambil hingga 100 persen.
(Baca Juga: 5 Asuransi yang Sesuai untuk Gaji UMR)
Syarat Pengajuan Asuransi Jiwa

Sederet manfaat asuransi jiwa di atas mungkin membuatmu ingin lindungi keluarga dengan asuransi jiwa berikut ini. Namun, simak dulu syarat-syarat yang diberlakukan perusahaan penyedia asuransi. Kamu bisa membeli asuransi jiwa jika memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  • Warga Negara Indonesia
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi jiwa
  • Menyetujui polis yang tertera di dalam asuransi jiwa yang dipilih
  • Membayar premi bulan pertama

Kemudian, kamu wajib melengkapi  dokumen-dokumen berikut ini untuk mengajukan asuransi jiwa:

  • Formulir pengajuan asuransi yang telah diisi
  • Fotocopy atau scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Keluarga
  • Identitas diri keluarga yang menjadi Penerima Manfaat
  • NPWP (jika ada)
Lindungi Keluarga Dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

Saat ini, sudah banyak perusahaan penyedia asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa keluarga. Kamu bisa memilih dengan menyesuaikan dengan besaran premi yang terjangkau untuk pendapatan bulanan, sehingga menjamin tidak adanya tunggakan premi.

Yuk, lindungi keluarga dengan asuransi jiwa berikut ini!

1. FWD Bebas Rencana

FWD Bebas Rencana - Lindungi Keluarga dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

Perusahaan penyedia asuransi asal Hong Kong ini memiliki produk asuransi jiwa bernama FWD Bebas Rencana. FWD memberikan keleluasaan untuk nasabahnya menentukan nilai uang pertanggungan yang diinginkan, sesuai dengan kebutuhannya. Fleksibilitas menjadi hal yang diunggulkan oleh FWD.

Ada beberapa keunggulan dari asuransi FWD Bebas Rencana ini, di antaranya:

  • Uang pertanggungan yang ditawarkan bisa mencapai angka Rp1 miliar jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan di tahun pertama dan tahun kedua masa kepemilikan asuransi jiwa.
  • Masa asuransi bisa diperpanjang hingga nasabah berusia 80 tahun.

Namun begitu, perlu diingat bahwa ada dua penyebab kematian yang tidak diterima dalam pencairan klaim asuransi jiwa ini. Yaitu untuk kasus kehilangan nyawa tertanggung karena bunuh diri, serta jika tertanggung yang meninggal dunia terlibat dalam aksi melawan hukum yang bersifat ilegal.

2. Manulife Lifestyle Protector

Manulife Lifestyle Protector - Lindungi Keluarga dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

Manulife memiliki produk asuransi jiwa bernama Manulife Lifestyle Protector. Ini merupakan salah satu asuransi jiwa dengan premi terjangkau, yakni di bawah Rp500.000 per bulan. Meskipun murah, uang pertanggungan yang didapat bisa mencapai Rp1,25 miliar, lho.

Selain itu, Manulife Lifestyle Protector memiliki nilai pertambahan investasi jangka panjang. Premi yang dikembalikan apabila kontrak habis tanpa klaim bisa bertambah hingga 25 persen dari total premi yang dibayarkan.

(Baca Juga: Lindungi Keluarga dari Penyakit Kritis dengan Asuransi Ini)
3. Ciputra Life Citra Proteksi Jiwa

Ciputra Life Citra Proteksi Jiwa - Lindungi Keluarga dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

Jika kamu memilih asuransi lokal, maka Ciputra Life dengan produk Citra Proteksi Jiwa bisa menjadi pilihanmu. Uang pertanggungan yang ditawarkan mulai dari Rp25 juta sampai Rp2,5 miliar.

Rentang angka ini cukup menarik, kan? Kamu bisa memilih uang pertanggungan sesuai kebutuhan. Besaran uang pertanggungan yang dipilih nantinya akan mempengaruhi premi yang dibayarkan.

Uang pertanggungan asuransi jiwa untuk keluarga ini tetap berlaku meskipun kamu sudah memiliki asuransi jiwa lainnya. Double cover dijamin membuat keluarga yang ditinggalkan mendapat manfaat lebih. Ini saatnya lindungi keluarga dengan asuransi jiwa berikut ini.

4. Astra Flexi Life

Astra Flexi Life - Lindungi Keluarga dengan Asuransi Jiwa Berikut Ini

Produk yang satu ini merupakan asuransi jiwa murni. Sama seperti kebanyakan asuransi jiwa lainnya, Astra Flexi Life memberikan penentuan uang pertanggungan pada nasabahnya. Nilai uang pertanggungan yang bisa dipilih maksimal adalah Rp5 miliar.

Yang menarik, kamu bisa memiliki asuransi jiwa ini tanpa harus melakukan medical check-up! Selain itu, asuransi juga akan diperpanjang secara otomatis setiap tahun. Sehingga kamu tak perlu melakukan pendaftaran ulang lagi.

Klaim online pada Astra Flexi Life juga akan membuat proses klaim lebih cepat dan praktis. Tidak ada potongan uang pertanggungan dalam proses pencairan klaim. Astra Flexi Life memberikan 100 persen uang pertanggungan pada Penerima Manfaat jika tertanggung meninggal dunia akibat jatuh sakit maupun kecelakaan.

Siap Ajukan Sekarang?

Setelah menyimak rekomendasi di atas, yuk, mulai lindungi keluarga dengan asuransi! Tak hanya asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga penting untuk dimiliki.

Kini, kamu bisa mengajukan asuransi secara online tanpa ribet. CekAja.com akan membantumu membandingkan berbagai produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

CekAja.com juga membantu mempermudah proses pengajuan. Petugas customer service akan menghubungimu untuk menginformasikan segala progresnya. Jadi, kamu tak perlu repot datang ke kantor perusahaan asuransi.

Tertarik? Yuk, bandingkan dan ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast