Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Memilih Asuransi Elektronik yang Tepat

by Estrin Vanadianti Lestari on 30 Juni, 2020

Pernahkah terlintas di pikiranmu, bahwa barang elektronik juga perlu perlindungan? Jika pernah, kira-kira melindungi dengan cara apa? Garansi pabrik? Tentu belum cukup, karena kamu butuh asuransi elektronik untuk melindungi aset berhargamu, ditambah saat ini kamu dimudahkan dengan adanya pengajuan asuransi elektronik secara online. Sebelum kamu mengajukan nya, kamu juga perlu mengetahui tips memilih asuransi elektronik yang tepat berikut ini.

tips memilih asuransi elektronik yang tepat

Jika selama ini produk asuransi yang kamu tahu hanyalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, properti, perjalanan, dan lain-lain, ternyata asuransi untuk barang elektronik juga ada loh. Tapi apa sih pengertian hingga ketentuan dari asuransi elektronik itu sendiri?

Pengertian Asuransi Elektronik

Sama seperti produk asuransi pada umumnya yang bertujuan melindungi, asuransi elektronik merupakan layanan asuransi yang bisa memberikan perlindungan terhadap kemungkinan kerusakan, yang terjadi pada alat elektronik milik kamu. 

Asuransi elektronik juga bisa membantu menjaga dan memberikan ganti rugi, jika risiko-risiko kerusakan terjadi, pada barang elektronik milik tertanggung. 

(Baca Juga: Asuransi Kamera Untuk Usaha Rental)
Jenis-jenis Barang Elektronik yang Bisa Diasuransikan

Adapun jenis barang elektronik yang biasa diasuransikan mulai dari handphone, kamera, drone, alat musik, laptop, PC, tablet, alat medis, peralatan radiasi, barang elektronik untuk kebutuhan industri, hingga fasilitas komunikasi.  

Tujuan Asuransi Elektronik
  • Bisa memberikan proteksi
  • Bisa memberikan ganti rugi, jika risiko kerusakan terjadi
  • Bisa menggunakan barang elektronik dengan tenang
  • Membuat pemilik barang, merasa terlindungi dari berbagai ancaman kerusakan barang di luar garansi
  • Lebih meminimalisir risiko
Jenis-jenis Asuransi Elektronik

Jika dilihat dari jenisnya, asuransi elektronik bisa dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya adalah:

  • Asuransi Handphone

Untuk jenis asuransi elektronik yang satu ini memang lebih spesifik yakni untuk handphone. Mengapa handphone sangat butuh perlindungan asuransi elektronik? Pasalnya, benda kecil ini sangat rentan mengalami risiko kerusakan, karena sering dibawa kemana-mana. 

  • Asuransi Elektronik Rumah Tangga

Jenis asuransi elektronik yang selanjutnya adalah asuransi elektronik rumah tangga. Di mana asuransi ini bisa memberikan perlindungan terhadap barang-barang seperti TV, kulkas, mesin cuci, AC, oven, dan lain-lain. 

  • Asuransi Elektronik Peralatan Industri

Jika dilihat dari namanya, asuransi ini tentunya bisa melindungi barang elektronik pada peralatan industri seperti jaringan komputer, peralatan listrik untuk medis, mikroskop elektron, studio musik, hingga electronic data processing (EDP).

Jadi, sangat penting bukan mengasuransikan aset berupa barang elektronik milik kamu? Setelah membaca artikel ini, mungkin kamu jadi ingin mendaftarkan asuransi elektronik, untuk barang-barang elektronik yang butuh perlindungan ekstra. 

Tips Memilih Asuransi Elektronik yang Tepat

Tapi, sebelum membeli asuransi elektronik, pastikan kamu mengetahui tips memilih asuransi elektronik yang tepat berikut ini:

1. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Tips memilih asuransi elektronik yang tepat pertama adalah, pastikan kamu memilih produk asuransi dari perusahaan terpercaya. Hingga saat ini, perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan elektronik masih sedikit, sehingga kamu harus lebih teliti dan waspada. 

Pastikan perusahaan asuransi elektronik, mempunyai kredibilitas yang baik dan jelas. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki kantor cabang yang bisa datangi, nomor kontak yang bisa dihubungi, email, website, hingga memiliki media sosial.

2. Cek Premi dan Nilai Pertanggungan yang Ditawarkan 

Tidak hanya dilihat dari segi kredibilitas perusahaan, tips memilih asuransi elektronik yang tepat juga dilihat dari besaran premi dan nilai pertanggungannya. Pasalnya, premi yang kamu bayarkan setiap bulan, harus sesuai dengan nilai pertanggungan yang akan kamu dapatkan, ketika barang elektronik mengalami kerusakan. 

Dengan asuransi elektronik, aset berhargamu berupa barang elektronik, bisa dijamin pertanggungan biayanya. Sehingga, kamu harus disiplin dalam membayar premi. 

Umumnya, biaya premi asuransi elektronik adalah 2 persen hingga 10 persen per tahunnya. Pasalnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi selain harga barang, yakni kondisi, jenis barang, hingga lokasi dan kondisi lingkungan sekitar. 

(Baca Juga: Cicilan 0% Kartu Kredit untuk Smartphone Impian)
3. Cek Informasi Terkait Fasilitas dan Biaya-biaya

Sebelum memilih asuransi elektronik yang tepat, pastikan kamu mengetahui segala informasi terkait fasilitas hingga biaya-biayanya. Pasalnya, beberapa perusahaan asuransi elektronik, menyediakan dua jenis asuransi elektronik yakni Easy Cover dan Max Cover (biasanya untuk asuransi handphone). 

Selain itu, perhatikan biaya-biaya lainnya, seperti biaya tambahan jika kamu melakukan perluasan jaminan untuk risiko tertentu. Hingga proses klaim, jika risiko kerusakan terjadi terhadap barang elektronikmu.

4. Pertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan

Tips memilih asuransi elektronik yang tepat berikutnya adalah dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan, barang elektronik yang kamu asuransikan, memiliki nilai harga yang tinggi, sehingga sangat butuh perlindungan. 

Selain itu, pilih premi yang sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai produk asuransi elektronik yang kamu pilih, terlampau mahal, dan fasilitasnya tidak mencakupi apa yang menjadi kebutuhanmu.  

Dapatkan Asuransi Elektronik Terbaik hanya di CekAja.com!

Nah, itu dia beberapa tips memilih asuransi elektronik yang tepat, untuk melindungi aset berhargamu berupa barang elektronik. Buat kamu yang mau tahu pilihan produk asuransi elektronik yang tepat? Kamu bisa langsung buka situs CekAja.com, untuk melihat informasi produk, membandingkan, sekaligus mengajukan secara online.

Di CekAja.com, ada banyak produk asuransi elektronik yang, bisa kamu bandingkan berdasarkan manfaat, besaran premi, dan tingkat kesesuaian dengan profil diri dan kebutuhanmu. 

Jadi tunggu apa lagi? Pilih sekarang asuransi elektronik yang tepat, dan segera ajukan dengan mudah, cepat, dan praktis, hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk