Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Beli Tiket Pesawat Online Murah

by Satrya Agung on 10 November, 2016

tips traveling - CekAja.com

Beberapa tahun yang lalu para pecandu pelesiran selalu menunggu saat-saat dimana maskapai membuka sesi promo mereka. Bukan hanya mereka, tapi banyak orang awam yang juga ikutan antri.

Walau belum tentu bisa berangkat tapi setidaknya punya tiketnya dulu. Mungkin kamu ingat dulu ada saja kita mendengar si anu dapat tiket ke Bali cuma 50 ribu atau tiket ke Singapura cuma 100 ribu. Semua itu didapatkan dengan berburu tiket pesawat online.

Namun sejak dikeluarkannya peraturan baru yang mengatur batas penawaran harga terendah tiket pesawat maka hilanglah kesempatan untuk mendapatkan tiket yang super murah itu. Namun meski demikian kamu masih bisa mendapatkan tiket dengan harga murah asal tahu caranya. Nah untuk tahu caranya itu simak tips di bawah ini ya.

Destinasi

Destinasi penerbangan yang kamu ambil merupakan faktor terpenting dalam penentuan waktu pembelian tiket. Jika diperhatikan ada 2 jenis pembeda antar tiap destinasi, yakni rute yang ramai dilayani maskapai dan rute yang tidak ramai. Apa bedanya dan apa pengaruhnya terhadap harga tiket?

(Baca juga: Daftar Wisata Murah dan Keren di Yogyakarta)

Destinasi yang dilayani banyak maskapai cenderung harga tiketnya berubah-ubah atau fluktuatif. Maka ketika kamu sedang browsing guna cek harga tiket pesawat online dan mendapatkan harga tiket pesawat pada rute tersebut sedang murah dari pada biasanya, baiknya segera beli saat itu juga. Karena jelang beberapa saat saja harga akan berubah kembali dan bisa jadi makin mahal.

Sedangkan destinasi yang sepi harga tiket pesawatnya sepanjang tahun lebih signifikan. Jadi tidak akan banyak pengaruh apakah kamu beli tiket 1 bulan atau 3 bulan sebelum keberangkatan. Kecuali pada saat tertentu saja sepertimau lebaran, tahun baru atau pada waktu high season lainnya.

Maskapai

Pesawat bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) biasanya harga tiket yang dibeli jauh-jauh hari lebih murah ketimbang membelinya saat atau beberapa hari sebelum berangkat. Berbeda dengan pesawat yang menerapkan full-service yang mana harga tiketnya yang sepanjang tahun kurang lebih sama, namun bisa jadi ketika kamu membeli tiket pada saat yang sudah mendekati keberangkatan maka kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pada pesawat LCC.

(Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang Banyak Lewat Internet Di Musim Liburan)

Waktu

Kalau kamu adalah seorang Backpacker, atau traveller, maka sudah menjadi kuncian bahwa tidak akan membeli tiket pada waktu-waktu yang biasanya ramai. Sebagai catatan, tiket pesawat akan mahal pada saat akhir pekan, musim liburan (apalagi libur sekolah), dan long weekend. Jadi ketika kamu berniat liburan dan akan membeli tiket pesawat, maka pilihlah periode low-session.

Selain itu kamu juga harus pertimbangkan keberangkatan dan pulangnya. Seringkali orang akan berpergian pada hari Jumat dan pulang hari Minggu atau Senin, atau berangkat Sabtu dan pulang Minggu, atau terbang hari Sabtu dan kembali di hari Senin. Kombinasi hari-hari ini adalah saat tiket termahal. Untuk itu pilihlah kombinasi pulang-pergi di hari lain.

Tanggal

Tips selanjutnya dalam membeli tiket pesawat adalah dengan memperhatikan tanggal. Prinsip “Tanggal Tua” juga berlaku dalam dunia bisnis maskapai. Pada tanggal-tanggal kritis seperti tanggal 20an ke atas tiap maskapai akan memberikan harga murah untuk tiket pesawat mereka.

Karena beranggapan pada tanggal tersebut orang belum gajian dan minat berpergian pun rendah. Beda cerita kalau pada tanggal muda. Siap-siap saja kam harus membayar lebih mahal dari biasanya.

Cukup segitu dulu tips untuk membeli tiket pesawat online murah, dan semoga bermanfaat dan jangan lupa, baiknya asuransikan juga setiap perjalananmu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami