Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Beriklan di Sosial Media yang Bikin Produk Bisnis Kamu Makin Dikenal

by Rafly Aditia on 26 April, 2017

Kehadiran sosial media di jagat maya memang membawa dampak besar dalam kehidupan di zaman modern ini. Sosial media bukan hanya dipandang sebagai tempat untuk saling berinteraksi secara maya, tetapi sosial media juga jadi tempat yang sangat cocok untuk mengiklankan produk.

Dengan bujet terbatas, kamu bisa beriklan di sosial media dengan efektif, dan kalau tahu kiat-kiatnya kamu bisa sukses meningkatkan penjualan. Buat kamu para pelaku bisnis, berikut cara beriklan yang efektif di sosial media seperti Facebook, Instagram dan sosial media lainnya:

Kenali calon konsumenmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali calon konsumenmu. Produk apa yang kamu jual dan bagaimana calon konsumen yang jadi target pasarmu? Misalnya, kamu memiliki produk fashion dengan gaya trendy dan kekinian. Maka calon konsumenmu antara lain adalah orang-orang berusia 15-25 tahun.

Sehingga, saat beriklan di sosial media, kamu bisa memasukkan target audiens dengan rentang 15-25 tahun di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, dll.

Pelajari minat konsumen

Setelah itu, kamu perlu mempelajari minat-minat tertentu dari konsumen secara umum. Misalnya dengan produk fashion yang kamu jual, kebanyakan calon konsumen menyukai musik masa kini dan kebanyakan dari mereka cukup aktif dalam menggunakan sosial media serta forum-forum tertentu.

Maka dari itu, kamu perlu memasukkan minat mereka terhadap musik, sosial media, dan forum-forum tertentu saat ingin menentukan targeting audiens dalam beriklan di sosmed terutama Facebook dan Instagram yang sampai saat ini masih dipandang efektif untuk beriklan.

Content is still the king

Dalam beriklan, kamu harus memiliki konten yang baik. Kamu bisa pilih dalam bentuk artikel atau hanya sekadar video dan foto. Yyang jelas, semuanya harus terlihat menarik. Terutama untuk visual dan tagline!

Secara visual kualitas gambar atau video yang dimiliki harus sangat baik, lalu penggunaan tagline-tagline yang clickbait juga diperlukan agar calon konsumen semakin tertarik melihat lebih lanjut iklanmu.

Uji coba dulu deh!

Biasanya saat beriklan di sosial media seperti Facebook dan Instagram, kamu akan diminta memasukkan bujet dan lama waktu penayangan iklan.

Untuk itu, sebaiknya kamu lakukan uji coba dengan bujet yang tidak besar dan waktu penayangan iklan yang sebentar. Apabila dirasa cukup efektif dan terbukti secara data, maka kamu dapat mulai menambah biaya iklan dan memperpanjang waktu penayangannya. Bila kamu membutuhkan tambahan modal usaha, kamu bisa ajukan secara online di toko finansial terpercaya.

Endorse selebgram juga masih efektif

Selain beriklan di sosial media lewat official program yang ada seperti Facebook ads manager dan sebagainya, kamu juga bisa memanfaatkan popularitas para seleb sosmed seperti seleb-seleb di Instagram.

Endorse selebgram terbukti masih cukup efektif, tentunya dalam mengendorse kamu perlu memilih selebgram dengan digital reach atau cakupan digital yang luas dan sesuai dimana para follower mereka memiliki karakter, minat, dan ciri-ciri yang sama dengan target konsumenmu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.