Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Liburan Tahun Baru di Yogyakarta dengan Uang 750 Ribu

by Rafly Aditia on 7 Desember, 2015

liburan murah jogja - CekAja.com

Siapa yang tak kenal Yogyakarta? Kota yang penuh dengan banyak sekali cerita sejarah serta tradisi jawa yang begitu melekat menjadikan Daerah Istimewa yang satu ini memiliki daya tarik yang sangat eksotis bagi wisatawan.

Terkenal sebagai kota pelajar dan tempat berwisata yang dipenuhi oleh para turis dalam dan luar negeri. Yogyakarta banyak sekali menghadirkan destinasi-destinasi wisata dengan harga yang dapat dibilang cukup terjangkau.

Nah, maka dari itu bagi kamu yang ingin liburan ke Yogyakarta dengan budget yang pas-pasan kamu tidak perlu takut tidak mendapatkan apa-apa disana. Mengapa? Karena kota yang satu ini terkenal dengan makanan-makanannya yang murah serta destinasi wisata yang memiliki harga terjangkau untuk dikunjungi.

Bahkan, dengan uang 750 ribu rupiah saja kamu dapat menikmati liburan tahun baru nanti di Yogyakarta dengan relax dan penuh kenangan. Mau tau bagaimana caranya? Berikut tips liburan tahun baru ke Yogyakarta dengan uang 750 ribu:

1. Goa Pindul (35 ribu)

Goa pindul merupakan sebuah goa alam yang memiliki letak di desa Bejiharjo, Gunung Kidul . Kamu dapat menikmati keindahan goa yang satu ini dengan mengarungi sungai yang memiliki air sangat jernih. Cukup dengan uang 35 ribu saja kamu bisa langsung menikmati keindahan yang dimiliki goa pindul.

Tempat ini juga menjadi tempat yang sangat cocok bagi kamu yang ingin berfoto-foto dan berbagi kesenangan terhadap teman-temanmu di sosial media.

2. Grand Canyon (10 ribu)

Grand Canyon di Yogyakarta? Ya, daerah Yogyakarta masih memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat eksotis contohnya air terjun Luweng Sampang yang terkenal dengan sebutan Grand Canyon-nya Yogyakarta ini.

Di sini, kamu akan menikmati betapa indahnya air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Wilayah di air terjun Luweng Sampang terbentuk karena adanya gerusan air yang menerpa batuan kapur kas gunung kidul. Hanya dengan harga tiket perahu sebesar 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati betapa indahnya air terjun Luweng Sampang.

(Baca juga: Kenapa Kamu Bisa Lebih Sensitif Kalau Kurang Piknik?)

3. Pantai Parang Teritis (53 ribu rupiah)

Pantai yang satu ini terkenal sekali dengan mitos ratu pantai selatan atau Nyai Roro Kidul. Parang Teritis menawarkan keindahan ala pantai selatan yang kepada para pengunjungnya. Kamu hanya perlu membayar 3 ribu rupiah untuk tiket masuk, dan kamu juga bisa menyewa ATV sebesar 50 ribu rupiah selaam 15 menit.

4. Tracking Merapi dengan Jeep  (300 ribu rupiah untuk 4 orang)

Bagi kamu yang ingin merasakan berwisata ala alam liar di gunung Merapi. Kamu dapat melakukan tracking dengan mobil Jeep di wilayah yang gunung vulkanik yang terkenal dengan ikon mbah marijan tersebut.

Biaya yang kamu keluarkan untuk tracking wilayah Merapi dengan mobil Jeep selama 2-2,5 jam berkisar 300 ribu rupiah untuk 4 orang. Atau satu orangnya dikenakan 75 ribu rupiah.

5. Candi Boko (10 ribu rupiah)

Istana Ratu Boko merupakan kompleks istana megah di daerah sekitar Yogyakarta yang dibangun pada abad ke-8. Untuk menikmati situs Ratu Boko ini kamu cukup merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah.

Hanya dengan uang 10 ribu kamu sudah bisa memiliki foto-foto di menikmati  situs bersejarah yang pastinya bisa memberikan kamu momen spesial selama berliburan di Yogyakarta.

(Baca juga: Liburan Kamu Bisa Lebih Irit Jika Memakai 4 Cara Ini)

6. Museum Ullen Sentalu (25 ribu rupiah)

Harga tiket memasuki Museum Ullen Sentalu yang terletak di daerah Pakem, Kaliurang, bagian utara Yogyakarta ini hanys sebesar 25 ribu rupiah. Dengan konsep dinasti mataram, museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Yogyakarta pada zamannya.

7. Istana Air Tamansari (5 ribu rupiah)

Istana air taman sari dibangun pada tahun 1758-1759 oleh Raja Mataram yang memerintah pada saat itu, Sultan Hamengku Buwono I. Dulunya, Istana Air Tamansari ini merupakan bangunan yang sangat sejuk dan indah.

Kamu punya uang 5 ribu rupiah di sakumu? Lebih baik kamu belikan tiket masuk ke Istana Air yang satu ini karena kamu dapat melihat keindahan dan keunikan Jawa pada zaman dahulu yang tetap terjaga hingga saat ini

8. Wisata kuliner

Yogyakarta terkenal sekali dengan wisata kuliner yang ramah dengan kantong para traveller. Kamu dapat menikmati berbagai makanan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari makan di bale raos yang hanya menghabiskan uang sebesar 30 ribu rupiah untuk sekali makan, sate klatak 20 ribu rupiah, gudeg pawon 35 ribu rupiah dan membeli oleh-oleh khas jogja Bakpia Pathok 25 seharga 24 ribu rupiah saja per pax dengan isi 15 buah Bakpia.

Apabila kamu menghabiskan waktu kamu ke tempat wisata dan kuliner di atas, kamu hanya menghabiskan uang sebesar 572 ribu rupiah saja! Bila kamu memiliki budget 750 ribu rupiah, maka kamu masih memiliki sisa uang sebesar 178 ribu rupiah.

Benar-benar merupakan keuntungan mengingat banyaknya tempat wisata indah dan bersejarah yang kamu kunjungi serta tempat-tempat makan dengan menu hidangan sedap dan siap kamu santap.

(Baca juga: Travelling Gunakan 3 Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.