Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Trik Kelola Uang Bersama Pasangan

by Rafly Aditia on 9 Februari, 2016

efek pernikahan terhadap karier - CekAja.com

Seringkali, beberapa pasangan terlibat cekcok hingga memutuskan untuk berpisah karena permasalahan keuangan yang tak kunjung selesai. Bila sudah dalam satu hubungan pernikahan, buntut perceraian pun sering tidak bisa dihindarkan. Sangat menyedihkan, bukan?

Tidak salah bila hingga saat ini masalah keuangan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya perceraian. Lalu, apakah ada cara bagaimana kita bisa terhindar dari masalah keuangan dengan pasangan? Tentunya hal yang mesti dimulai pertama kali adalah mencoba melakukan perencanaan. Ditambah, lakukan beberapa tips berikut;

Transparansi

Hal yang paling utama apabila kamu kamu dan pasangan ingin sukses dalam mengatur keuangan adalah terbuka atau transparan antara satu sama lain. Maksudnya disini adalah kamu berdua harus terbuka mengenai pendapatan masing-masing, berapa gaji kamu dan pasangan kamu sebulan harus kamu berdua ketahui.

Selain itu, kamu juga harus memberitahukan untuk apa saja uang pribadi kamu gunakan. Jangan pernah menyembunyikan sesuatu dari pasangan kamu, apabila kamu membeli sesuatu bilanglah kepada pasangan dan tunjukkan buktinya. Permasalahan besar bisa saja terjadi apabila kamu berbohong dengan pasangan kamu mengenai keuangan. Bisa-bisa kamu berdua terlibat dalam perkelahian yang tak kunjung selesai nantinya.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Buat anggaran bersama

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, selain kamu dan pasangan harus bersifat transparan antara satu sama lain kamu juga harus membuat anggaran bulanan bersama. Apabila ketika kamu masih berstatus pacaran, mungkin kamu memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing tetapi jika kamu seudah menikah maka kamu memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama.

(Baca juga: Tiga Kesalahan Keuangan yang Paling Sering Dilakukan Pasangan Muda)

Untuk itu, sebaiknya kamu dan pasangan mendisukusikan apa saja yang menjadi sumber pendapatan kamu berdua mulai dari gaji tetap di kantor, hasil jualan online, dan yang lainnya. Lalu, buatlah rencana pengeluaran bulanan kamu dengan pasangan mulai dari biaya listrik, air, biaya konsumsi dan sebagainya.

Jangan lupa asuransi

Tidak ada yang tidak beresiko di dunia ini termasuk keuangan, sehebat apapun kamu merancang rencana keuangan kamu semuanya akan menjadi berantakan apabila ada musibah atau hal-hal yang diluar dugaan datang sementara kamu tidak memiliki cover asuransi.

Maka dari itu, kamu dan pasangan harus menyadari bahwa kamu membutuhkan asuransi untuk memproteksi segala macam aset yang kamu berdua miliki mulai dari kesehatan yang bisa kamu berdua nikmati saat ini, kendaraan, dan sebagainya.

Jangan sampai ada musibah besar yang menghampiri kamu dan membuat rekening tabungan kamu habis terkuras karena kamu dan pasangan lupa mendaftarkan diri dalam layanan jasa asuransi.

Harus sadar investasi

Kalau kamu dan pasangan kamu tidak ingin sering berdebat mengenai permasalahan finansial di 10 atau 20 tahun yang akan datang, maka sudah seharusnya kamu dan pasangan sadar mengenai betapa pentingnya investasi dilakukan sedini mungkin.

(Baca juga: Ciri Pasangan Pintar Keuangan yang Mesti Kamu Gaet)

Kamu dan pasangan kamu perlu menyisihkan sebagian pendapatan bulanan untuk dijadikan dana investasi apapun bentuknya selama memiliki kejelasan dan memang berpotensi menguntungkan, mulai dari investasi reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, obligasi, saham, dan sebagainya.

Fokus dengan tujuan dan prioritas

Satu hal penting lainnya yang perlu kamu dan pasangan lakukan adalah stay on the track. Yup, kamu dan pasangan harus tetap fokus dengan tujuan serta prioritas-prioritas yang telah kamu tetapkan pada saat mengatur keuangan bersama.

Memang ada kalanya beberapa hal dapat membuat kamu dan pasangan sedikit tergoda, tetapi ingat rencana keuangan yang telah kamu atur dan tetap fokus untuk meraih tujuan yang ada jangan sampai kamu dan pasangan menyesal dan kecewa nantinya.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami