Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Wow, Ini Dia Rumah Sakit Termegah di Dunia

by Rafly Aditia on 28 Januari, 2016

Sebuah rumah sakit di Adelaide, Australia, The Royal Adelaide Hospital (RAH) berhasil mengejutkan dunia dengan keberhasilannya menembus tiga besar 200 bangunan termahal di dunia pada tahun 2015.

Keberhasilan RAH memasuki daftar tersebut tentu sangat mengejutkan. Sebab RAH menjadi satu-satunya rumah sakit di seluruh dunia yang berhasil menembus posisi tiga besar. RAH hanya kalah bersaing dengan World Trade Centre di New York dan Istana Parlemen di Bucharest.

Walau masih dalam proses pembangunan, RAH yang memiliki luas lahan sebesar 10 hektar akan menjadi proyek investasi modal terbesar di Australia Selatan dengan biaya pembangunan US$2,1 miliar. Hal ini menjadikan RAH sebagai rumah sakit dengan biaya pembangunan termahal di dunia, tetapi apa sih hal yang spesial dari rumah sakit tersebut?

(Baca juga: Bikin Miskin 7 Turunan, Ini 5 Makanan Termahal di Dunia)

Mampu menampung lebih dari 80 ribu orang

Rumah sakit ini didesain untuk menampung lebih dari 80 ribu orang setiap tahunnya. Rumah sakit ini pun menyediakan 700 tempat tidur single. Hal ini masih ditambah dengan berbagai macam fasilitas mulai seperti 60 bed intensive care, unit hiperbarik khusus, trauma emergency, unit dialisis ginjal dan berbagai unit kesehatan khusus lainnya.

photo by theurbandeveloper

Didesain untuk kenyamanan pasien

Menurut sang arsitek, rumah sakit yang berada di wilayah Adelaide, Australia Selatan ini, didesain untuk memberikan kenyamanan kepada para pasien. Mereka pun seolah berada di kamar tidur sendiri saat dirawat di rumah sakit ini. “Rumah sakit ini didesain demi kesehatan pasien serta fasilitas yang ada berguna untuk memberikan pasien kenyamanan seolah berada di kamarnya sendiri,” ujar sang arsitek seperti dilansir dari Theurbandeveloper.

Kelengkapan sistem informasi dan data

Bukan hanya itu, Royal Adelaide Hospital juga menyediakan peralatan yang sangat lengkap untuk berbagai macam penyakit. Terutama dengan adanya ICT yang akan mengintegrasikan semua hal mengenai catatan pasien, sistem klinis hingga FM support systems. Sehingga RAH bukan hanya menawarkan kenyamanan pasien tetapi juga meningkatkan informasi klinis dan pasien secara langsung.

(Baca juga: Peninggalan Termahal Kapal Titanic yang Terjual dalam Lelang)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.