Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Cara Sederhana Menghemat Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

by Estrin Vanadianti Lestari on 21 November, 2019

Seorang ibu rumah tangga biasanya memiliki kewajiban untuk mengurus semua hal dan keperluan rumah tangga. Mulai dari mengurus anak dan suami, kebersihan rumah, memasak, hingga mengatur uang belanja bulanan.

cara menghemat uang belanja

Namun, mahalnya harga bahan-bahan pokok yang selalu mengalami kenaikan, membuat para ibu harus pintar-pintar mengatur uang dan berhemat. Untuk berhemat, kamu bisa melakukan berbagai cara menghemat uang belanja dengan sederhana dan bijaksana.

Pasalnya, jika kamu tidak pintar dalam mengatur keuangan dengan baik, hal tersebut bisa membuat pengeluaran biaya bulanan rumah tanggamu membengkak. Sehingga dengan cara menghemat uang belanja, setidaknya kamu bisa membuat pengeluaran lebih aman dan terstruktur, bahkan menghemat uang belanja juga bisa membuatmu untung.

Belum lagi jika penghasilan kamu dan suami, belum bisa mencukupi semua kebutuhan rumah tangga. Sehingga kamu harus bisa menyeimbangkan pendapatan dan juga pengeluaran.

Oleh sebab itu, cara menghemat uang belanja, bisa dijadikan salah satu hal yang penting, untuk menyelamatkan finansial keluarga. Apalagi bagi para ibu yang baru merasakan kehidupan berumah tangga, dimana kamu sebagai ibu rumah tangga, wajib melakukan hal tersebut, termasuk mengatur keuangan.

10 Cara Menghemat Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Nah, untuk menyelamatkan finansial keluarga kecilmu, setidaknya ada beberapa cara yang sederhana dan bijaksana, tanpa membuat kamu dan keluargamu hidup susah atau merasa kekurangan, gara-gara berhemat. Berikut ada 10 cara menghemat uang belanja bulanan bagi ibu rumah tangga, yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

1. Membuat Catatan Rencana Belanja

Catatan rencana belanja

Cara menghemat uang belanja yang pertama bagi ibu rumah tangga adalah dengan membuat catatan rencana belanja. Dengan begitu, kamu bisa mudah mengingat barang apa yang telah habis dan perlu dibeli. Tidak hanya itu, dengan membuat catatan rencana belanja, juga akan membuatmu lebih mudah untuk mengingat dan menghindari membeli barang yang memang tidak diperlukan dan pemborosan.

2. Berbelanja di Pasar Tradisional

Pasar Tradisional

Cara menghemat uang belanja bulanan bagi ibu rumah tangga, dengan cara yang sederhana, yakni kamu bisa melakukannya dengan cara berbelanja di pasar tradisional. Pasalnya, pasar tradisional memiliki harga sayur, buah, bumbu dan hal lainnya yang dikenal murah meriah, ketimbang di supermaket.

Hal itu dikarenakan, supermaket memiliki harga yang sudah diakumulasi dengan biaya pajak. Sehingga, harga barang-barangnya lebih mahal daripada di pasar tradisional. Kamu juga bisa melakukan tawar menawar harga barang yang akan kamu beli, dengan para pedagang.

3. Membuat Daftar Menu Masakan Mingguan

Daftar Menu Masakan Mingguan

Cara menghemat uang belanja berikutnya untuk ibu rumah tangga adalah dengan membuat daftar menu masakan mingguan. Hal ini dilakukan, agar kamu bisa mengatur bahan-bahan makanan yang dibutuhkan selama 7 hari ke depan. Sehingga, kamu bisa membeli suatu barang dengan jumlah dalam satuan kilo, agar harganya menjadi lebih murah, ketimbang membeli dengan jumlah yang sedikit-sedikit atau eceran.

(Baca Juga: Aplikasi Penghemat Kuota Terbukti Paling Ampuh)
4. Membedakan Belanja Harian, Mingguan, dan Bulanan

Belanja Harian Mingguan dan Bulanan

Cara menghemat uang belanja selanjutnya yang sederhana dan bijaksana adalah dengan membedakan belanja harian, mingguan dan bulanan. Hal tersebut dilakukan agar, barang-barang yang kamu beli, bisa disesuaikan dengan ketahanan barang itu sendiri. Misalnya:

  • Belanja bulanan: Kamu bisa membeli kebutuhan bulanan yang sifatnya tahan lama, seperti beras, minyak goreng, hingga terigu, beserta kebutuhan mandi.
  • Belanja mingguan: Mungkin kamu bisa menyesuaikan barang yang ketahanannya bisa tahan selama seminggu. Misalnya telur, bumbu dapur, galon air, makanan instan, daging dan bahan-bahan lain-lainnya.
  • Belanja harian: Mungkin kamu bisa membeli bahan-bahan yang sifatnya tidak bisa tahan lama. Misalnya seperti sayuran, roti, tempe, tahu, buah-buahan, atau jika ingin jajan-jajan dan membeli lauk di luar, kamu bisa menggunakan uang belanja harian.
5. Melakukan Perbandingan Harga Sebelum Membeli

Melakukan Perbandingan HargaCara menghemat uang belanja yang bisa dilakukan dengan sederhana dan bijaksana adalah dengan cara melakukan perbandingan harga barang, sebelum membeli. Kamu bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama namun beda merek, atau beda lokasi pembelian.

Pastikan, kamu membeli barang yang dibutuhkan dengan harga yang paling murah, namun tetap dengan kualitas yang sama dengan barang yang harganya mungkin lebih mahal. Karena, hal itu sedikit akan membantumu dalam hal menghemat, walaupun hanya selisih Rp1.000 atau Rp2.000 saja.

6. Manfaatkan Diskon

Manfaatkan Diskon

Biasanya, ibu rumah tangga akan sering berburu diskon pada tanggal-tanggal mendekati gajian, sehingga momen ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghemat uang belanja. Kamu bisa berburu diskon ke supermaket atau minimarket terdekat, untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Sebelumnya, kamu juga bisa memastikan harga-harga barang yang diskon, di website resmi supermaket atau minimarket tersebut. Hal itu dilakukan agar, kamu tidak membuang-buang waktu sambil berkeliling untuk mencari barang yang sedang diskon.

7. Menggunakan Barang Elektronik Seperlunya

Menggunakan Barang Elektronik SeperlunyaTidak hanya soal berbelanja, cara menghemat uang belanja juga bisa diterapkan dengan cara menghemat listrik. Karena, dengan menghemat listrik, akan membuat tagihan listrik bulananmu tak membengkak.

Kamu bisa menggunakan alat-alat elektronik seperlunya dan ketika alat-alat elektronik tersebut sudah tidak digunakan lagi, disarankan untuk cabut semua aliran listrik, agar tak mengalir dan membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

(Baca Juga: 6 Cara Menghemat BBM Agar Tak Boros Bahan Bakar dan Uang)
8. Gunakan Air Secukupnya

Gunakan air secukupnyaTidak hanya listrik, air juga termasuk sumber energi yang harus digunakan secara bijaksana. Menghemat air juga termasuk dalam salah satu cara menghemat uang belanja. Pasalnya, jika rumahmu sedang dilanda krisis air, bukankah kamu harus membeli pasokan air bersih? hal tersebut akan membuat pengeluaran bulanan menjadi membengkak.

9. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Alat Transportasi Umum

Selanjutnya, salah satu cara menghemat uang belanja adalah dengan menggunakan alat transportasi umum, ketika berpergian. Hal tersebut terbukti akan mengehmat pengeluaran bulanan kamu, ketimbang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, karena harga bahan bakarnya cukup mahal. Selain itu, tidak hanya menghemat uang belanja, kamu juga ikut berpartisipasi dalam mengurangi kemacetan dan polusi.

10. Kurangi Pemakaian Kartu Kredit saat Belanja

Kurangi Pemakaian Kartu Kredit

Dalam melakukan cara menghemat uang belanja, disarankan untuk tidak atau mengurangi pemakaian kartu kredit, mengapa? Pasalnya, jika kamu tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit, bisa saja menggunakannya dengan cara yang berlebihan dan boros. Apalagi jika digunakan untuk berbelanja bulanan, yang barang-barangnya kecil-kecil namun banyak. Sehingga, kamu mungkin saja akan berbelanja melebihi budget yang sudah seharusnya tercatat.

Disarankan, gunakan kartu kredit untuk hal atau kebutuhan yang bersifat darurat, seperti untuk membeli mesin cuci yang rusak, biaya memperbaiki kulkas atau AC, dan hal-hal penting lainnya. Karena, jika kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka kartu kredit bisa menjadi hal yang menguntungkan untuk kesehatan finansialmu lho.

Tidak lupa juga untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu saat ini. Seperti halnya kartu kredit dari BRI JCB Platinum yang banyak memberikan keuntungan dan kemudahan sesuai kebutuhan mu, semua fitur nya bisa kamu lihat hanya di Cekaja.com. Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk