Temukan Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula di Indonesia

Kartu kredit dengan biaya tahunan rendah, reward yang banyak, pengajuan mudah dan cepat

CekAja di Sini

Bandingkan Kartu Kredit untuk Pemula

BNI - BNI JCB Precious
  • Gratis Iuran Tahunan Selama 2 Tahun
  • Free airport lounge di 28 bandara jepang dan Bandara 15 di China
Biaya tahunan
600.000 IDR
Suku bunga bulanan
1.75 %
BNI - BNI Pertamina Gold Card
  • Cashback hingga 1 Juta untuk transaksi pembelian BBM di SPBU Pertamina
  • Special Promotion
Biaya tahunan
240.000 IDR
Suku bunga bulanan
2.25 %
BNI - BNI Telkomsel Mastercard Gold
  • Paket HaloKick Spesial BNI Cobrand Telkomsel dengan kuota data hingga 200 GB/bulan
  • Cashback hingga Rp 500.000 BNI Bill Payment Kartu Halo di bulan ke-1 dan ke-2 untuk pelanggan baru
Biaya tahunan
240.000 IDR
Suku bunga bulanan
2.25 %
BRI - BRI Easy Card
  • Worldwide acceptance
  • Cashback 1% for cash withdrawal at ATM
Biaya tahunan
250.000 IDR
Suku bunga bulanan
2.25 %
BRI - BRI Touch

BRI Touch

BRI
  • Gratis Annual Fee seumur hidup
  • Cicilan 0% hingga 24 bulan
Biaya tahunan
0 IDR
Suku bunga bulanan
2.25 %
Permata - Permata Shopping Platinum
  • Cashback 5% untuk transaksi online maksimal Rp 200.000 setiap bulan dengan minimum transaksi retail Rp 3.000.000/bulan
  • Cicilan Simple Pay 0%
Biaya tahunan
600.000 IDR
Suku bunga bulanan
1.75 %
Permata - Permata Shopping Titanium
  • Cashback 5% for online transaction max. Rp 200.000/month with retail transaction Rp 3.000.000/month
  • 0% Simple Pay Installment
Biaya tahunan
350.000 IDR
Suku bunga bulanan
1.75 %
Permata - PermataHeroCard Gold
  • 5% discount for private label product
  • 3.5% cashback in Hero and Guardian
Biaya tahunan
350.000 IDR
Suku bunga bulanan
1.75 %
Permata - PermataHeroCard Platinum
  • 5% discount for private label product
  • 3.5% cashback in Hero and Guardian
Biaya tahunan
750.000 IDR
Suku bunga bulanan
1.75 %

Ada Pertanyaan Lain Seputar Kartu Kredit Pemula? Cek di Sini!

Dapatkan semua jawaban seputar kartu kredit pemula di bawah ini.

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran sah pengganti uang tunai berbentuk kartu, yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan proses transaksi para nasabahya. 

Kartu kredit sendiri memiliki sistem pembayaran yang berbeda dengan kartu debit, karena di akhir penggunaannya atau setiap awal bulan, nasabah harus membayar nominal yang sudah ditentukan oleh pihak bank ke bank yang bersangkutan.

Alasan diciptakannya kartu kredit, yaitu untuk memberikan kemudahan transaksi para nasabah. Maka dari itu, cara kerja kartu kredit di bank-bank Indonesia sudah diatur oleh Bank Indonesia (BI).

Saat ini, ada sejumlah perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia, yang beberapa di antaranya sudah terkenal yaitu Mastercard, VISA dan American Express.

Satu hal yang menarik dari kartu kredit, yakni kepemilikannya saat ini sangat berarti. Sebab, kartu kredit tak jarang menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman dana, seperti KTA atau KPR. Pasalnya dengan memiliki kartu kredit, peluang untuk pengajuan pinjaman disetujui lebih besar, dibandingkan pengajuan yang dilakukan tanpa menyertakan kepemilikan kartu kredit.

Manfaat kartu kredit untuk anda tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan finansial anda. Kartu kredit bisa sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki kebiasaan bertransaksi setiap bulannya. Selain dapat mempermudah pembayaran, kartu kredit dapat meningkatkan kredit score anda. Dimana kredit score yang anda miliki akan mempermudah kebutuhan keuagan lainnya, seperti meminjam uang, mencicil kendaraan dan mencicil rumah.

Jenis kartu kredit pemula ini cocok bagi Anda yang belum pernah memiliki kartu kredit. Secara umum, kartu kredit pemula ini sama saja dengan kartu kredit pada umumnya. Tetapi, kartu kredit pemula menawarkan biaya tahunan rendah, rewards yang banyak, dan pengajuan yang mudah dan cepat.

Keuntungan yang dapat Anda dapatkan saat mengajukan kartu kredit pemula di CekAja.com adalah:

  • Bisa membandingkan berbagai kartu kredit pemula yang cocok untuk Anda
  • Proses pengajuan secara online sehingga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
  • Anda tidak perlu mendatangi kantor bank, cukup menunggu konfirmasi selanjutnya melalui telepon
  • Mendapatkan promo dan diskon

1.      Debit Otomatis

Salah satu cara mudah untuk membayar kartu kredit adalah melalui pendebitan otomatis. Namun, untuk cara ini syaratnya adalah Anda memiliki tabungan atau rekening di bank yang sama dengan penerbit kartu kredit yang Anda miliki. Anda hanya perlu mengatur mengatur tanggal pembayaran debit otomatis tersebut, dan sesuaikan dengan tanggal jatuh tempo dari kartu kredit yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda tidak akan terlambat untuk membayar tagihan yang ada.

2. Langsung ke Bank Penerbit

Cara ini mungkin bisa dilakukan jika Anda punya banyak waktu untuk datang langsung ke bank. Karena artinya Anda harus antri, dan melakukan setoran tunai untuk membayar tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Itulah kelemahan dari cara ini. Selain Anda juga harus berlomba dengan waktu karena disesuaikan dengan jam buka bank, pembayaran cara ini juga akan membebankan biaya administrasi yang cukup lumayan.

3. Melalui ATM

Cara ini mungkin adalah yang banyak digunakan orang. Karena yang harus dilakukan hanya pergi ke ATM dan pilih menu pembayaran kartu kredit. Sebaran mesin ATM yang bisa dijumpai dimanapun, membuat cara ini lebih mudah dilakukan dibanding cara membayar langsung ke bank. Namun, bila ATM yang Anda gunakan tidak sama dengan bank penerbit kartu kredit yang Anda miliki, akan ada biaya administrasi juga untuk cara ini. Jika Anda melakukan pembayaran melalui cara ini melalui ATM bank yang tidak sesuai dengan bank penerbit kartu Anda, yang harus dipastikan adalah nomor kartu kredit yang Anda masukkan sesuai dengan kartu kredit yang Anda miliki.

4. Internet Banking

Bila Anda sudah terdaftar untuk akses internet banking, ini adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan. Dengan bantuan token (alat pengaman tambahan berbentuk seperti kalkulator yang menghasilkan kode rahasia untuk melakukan transaksi finansial di internet banking), Anda dapat dengan aman melakukan pembayaran kartu kredit. Pembayaran dengan cara ini biasanya langsung masuk dalam waktu 24 jam, atau ada juga yang real time.

5. SMS Banking

Untuk melakukan cara ini, syaratnya adalah nomor telepon yang Anda miliki sudah terdaftar untuk melakukan transaksi sms banking. Dalam prosesnya, biasanya ada kode bank penerbit kartu kredit yang Anda miliki untuk dimasukkan. Catat kode tersebut, dan ketik SMS pembayaran sesuai format yang telah ditentukan.

Selama pengajuan maupun penggunaan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan, di antaranya seperti:

  • Biaya Tahunan

Dikenal dengan sebutan iuran tahunan atau annual fee, ini merupakan biaya kompensasi atas berbagai fasilitas yang diberikan penerbit kartu kredit, kepada pengguna kartu kredit.

  • Biaya Tarik Tunai

Biaya yang dikenakan apaila pemilik menarik sejumlah uang di ATM dengan kartu kredit. Untuk besarannya, yaitu sekitar 3 – 6 persen dari jumlah uang yang ditarik.

  • Biaya Cek Tagihan

Biaya yang akan diberikan penerbit kartu kredit, ketika nasabah ingin mencetak tagihan. Namun, nasabah bisa meminta penerbit kartu kredit, untuk mengirimkannya secara gratis melalui email.

  • Biaya Keterlambatan

Biaya yang dikenakan oleh penerbit kartu kredit kepada nasabah, apabila membayar tagihan di luar tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan pihak bank.

  • Biaya Materai

Nasabah akan dikenakan biaya materai sebesar Rp3 ribu untuk transaksi Rp250 ribu – Rp1 juta, dan dikenakan biaya materai sebesar Rp6 ribu untuk transaksi di atas Rp1 juta.

  • Biaya Bunga

Biaya bunga akan diberikan oleh penerbit kartu kredit kepada nasabah, apabila tidak membayar tagihan secara penuh.

  • Biaya Penggantian Kartu

Biaya yang akan dikenakan, apabila nasabah meminta penggantian kartu akibat hilang, rusak atau dicuri karena kelalaian yang dilakukan nasabah.

  • Biaya Overlimit

Biaya yang dikenakan penerbit kartu kredit kepada nasabah, apabila penggunaan kartu kredit untuk transaksi, sudah melebihi limit yang ditentukan.

Sebagai informasi tambahan, semua jenis biaya kartu kredit di atas memiliki besarannya masing-masing, sesuai dengan jenis kartu kredit yang diajukan dan dimiliki.

Jika Anda ingin mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya, berikut CekAja berikan tips agar pengajuan kartu kredit Anda berhasil:

1. Gaji Bulanan

Rata-rata perbankan yang mencetak kartu kredit mengharuskan pemiliknya berpenghasilan minimal Rp 4 juta/bulan. Jika penghasilan Anda di bawah itu, atau masih berstatus sebagai mahasiswa, maka Anda harus lebih memperhatikan jenis kartu kredit yang Anda pilih. 

Pastikan kondisi keuangan dan cash flow di dalam rekening Anda baik untuk mencapai standar kelayakan. Kunjungi laman berikut ini untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai kartu kredit untuk mahasiswa.

2. Gunakan E-commerce Produk Keuangan

CekAja sebagai salah satu e-commerce produk keuangan dapat memberikan informasi lengkap mengenai jenis kartu kredit. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan berbagai kartu kredit yang ditawarkan oleh banyak bank. Tingkat keberhasilan pengajuan kartu kredit melalui e-commerce pun terbilang tinggi

Pengajuan kartu kredit melalui e-commerce pun mudah. Anda bisa mengisi formulir pengajuan kartu kredit secara online, kemudian menunggu customer service menghubungi Anda untuk proses selanjutnya.

3. Buat Pengajuan Kartu Kredit di Bank Tempat Anda Menabung

Sebenarnya, membuat kartu kredit tidak perlu dilakukan di bank tempat Anda menabung. Namun untuk Anda yang mengajukan kartu kredit pertama kali, hal ini bisa membesar kemungkinan pengajuan Anda diterima. Hal ini karena bank tempat Anda menabung sudah mengetahui riwayat keuangan Anda, sehingga verifikasi soal kelayakan dan besaran limit juga lebih mudah dilakukan.

4. Pilih Kartu Kredit yang Tepat

Salah satu alasan bank menolak pengajuan kartu kredit pertama Anda adalah produk yang diajukan tidak tepat. Umumnya jenis kartu kredit terbagi menjadi silver, gold, dan platinum yang menawarkan manfaat dan limit yang berbeda.

Untuk Anda yang baru pertama kali mengajukan kartu kredit, bisa mengajukan kartu kredit dengan limit terkecil walaupun gaji Anda diatas rata-rata. Hal ini karena bank belum memiliki riwayat kredit Anda, sehingga ragu memberikan kredit dalam jumlah besar

5. Lengkapi Dokumen

Dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan kartu kredit berbeda untuk setiap profesi. Berikut dokumen yang biasanya diminta oleh bank:

  • Karyawan: Fotokopi KTP / KITAS, Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT) dan NPWP.
  • Wirausaha: Fotokopi KTP / KITAS., Fotokopi Rekening Tabungan (2 bulan terakhir), NPWP dan Fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP.
  • Profesional: Fotokopi KTP / KITAS, Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT), Fotokopi Surat Izin Profesi dan NPWP

6. Pastikan Riwayat Kredit Baik

Pastikan Anda tidak memiliki masalah dalam riwayat kredit, seperti hutang kredit motor, kredit gadget, bahkan kredit perumahan. Karena jika Anda mengalami kredit macet, maka kemungkinan pengajuan kartu kredit Anda ditolak tinggi. Pastikan seluruh utang Anda sudah lunas sebelum mengajukan kartu kredit.

  1. Hindari Overlimit 
  2. Bayar Tepat waktu
  3. Pakai Sesuai Kebutuhan
  4. Buat Perencanaan keuangan
  5. Hindari punya banyak kartu kredit

Untuk mengajukan kartu kredit secara online di CekAja.com, Anda selaku calon nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan umum, yang di antaranya yaitu:

  • Warga Negara Indonesia
  • Bekerja sebagai Karyawan Swasta, Profesional atau Wiraswasta
  • Memiliki minimum penghasilan per bulan Rp3 juta
  • Usia minimum pemegang kartu utama 21 tahun
  • Usia minimum pemegang kartu tambahan 17 tahun

  • Karyawan: Fotokopi KTP / KITAS, Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT) dan NPWP.
  • Wirausaha: Fotokopi KTP / KITAS., Fotokopi Rekening Tabungan (2 bulan terakhir), NPWP dan Fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP.
  • Profesional: Fotokopi KTP / KITAS, Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT), Fotokopi Surat Izin Profesi dan NPWP.

CekAja.com menawarkan berbagai promo menarik yang bisa dilihat di Promo Page. Selain itu, Anda juga bisa menikmati promo berikut ini:

Pemegang kartu kredit bisa mendapatkan cashback setiap melakukan transaksi belanja. Promo ini memberikan Anda uang kembali atau potongan harga dari setiap transaksi Anda.

Pemegang kartu kredit ini akan mendapatkan Poin Rewards setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Poin rewards tersebut dapat ditukarkan dengan diskon belanja, diskon tiket perjalanan dan hotel, promo restaurant, voucher, dan lain sebagainya.

Promo berupa airport lounge, asuransi perjalanan, diskon tiket pesawat dan hotel bisa didapatkan oleh pemegang kartu kredit ini. Anda juga bisa mendapatkan poin air miles, kemudahan dan promo menarik lainnya dalam bertransaksi di luar negeri dengan menggunakan kartu kredit ini.

Pemegang kartu kredit ini memberikan Anda kemudahan dan promo menarik setiap pembelian bahan bakar kendaraan. Anda bisa mendapatkan diskon, cashback, atau voucher setiap mengisi bensin dengan kartu kredit isi bensin.

Pemegang kartu kredit ini berhak mendapatkan bebas biaya tahunan yang biasanya terdapat pada kartu kredit lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan cashback, cicilan 0% dan promo menarik lainnya.

Selama pengajuan maupun penggunaan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan, di antaranya seperti:

  • Biaya Tahunan

Dikenal dengan sebutan iuran tahunan atau annual fee, ini merupakan biaya kompensasi atas berbagai fasilitas yang diberikan penerbit kartu kredit, kepada pengguna kartu kredit.

  • Biaya Tarik Tunai

Biaya yang dikenakan apaila pemilik menarik sejumlah uang di ATM dengan kartu kredit. Untuk besarannya, yaitu sekitar 3 – 6 persen dari jumlah uang yang ditarik.

  • Biaya Cek Tagihan

Biaya yang akan diberikan penerbit kartu kredit, ketika nasabah ingin mencetak tagihan. Namun, nasabah bisa meminta penerbit kartu kredit, untuk mengirimkannya secara gratis melalui email.

  • Biaya Keterlambatan

Biaya yang dikenakan oleh penerbit kartu kredit kepada nasabah, apabila membayar tagihan di luar tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan pihak bank.

  • Biaya Materai

Nasabah akan dikenakan biaya materai sebesar Rp3 ribu untuk transaksi Rp250 ribu – Rp1 juta, dan dikenakan biaya materai sebesar Rp6 ribu untuk transaksi di atas Rp1 juta.

  • Biaya Bunga

Biaya bunga akan diberikan oleh penerbit kartu kredit kepada nasabah, apabila tidak membayar tagihan secara penuh.

  • Biaya Penggantian Kartu

Biaya yang akan dikenakan, apabila nasabah meminta penggantian kartu akibat hilang, rusak atau dicuri karena kelalaian yang dilakukan nasabah.

  • Biaya Overlimit

Biaya yang dikenakan penerbit kartu kredit kepada nasabah, apabila penggunaan kartu kredit untuk transaksi, sudah melebihi limit yang ditentukan.

Sebagai informasi tambahan, semua jenis biaya kartu kredit di atas memiliki besarannya masing-masing, sesuai dengan jenis kartu kredit yang diajukan dan dimiliki.

Tips Liburan Gratis dengan Kartu Kredit, Yuk Cobain!
CekAja
CekAja 5 menit membaca
Kartu Kredit Over Limit? Jangan Khawatir! Cek Solusinya!
CekAja
CekAja 2 menit membaca
7 Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula
CekAja
CekAja 4 menit membaca