Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020

by Tisyrin N. T on 16 Januari, 2020

Ketika tahun baru tiba, keinginan untuk menemukan dan menjelajahi lebih banyak tempat di dunia biasanya akan menggeliat. Hampir 70 persen pelancong global yang mengikuti riset Booking.com mengatakan bahwa pada tahun 2020 mereka ingin pergi ke suatu tempat yang menawarkan pengalaman yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

destinasi wisata tren 2020
Foto: Booking.com/diolah

Untuk memberikan ilham kepada para pelancong dalam mencapai ambisi tersebut, Booking.com telah melakukan riset lain yang menghasilkan rekomendasi 10 tujuan perjalanan baru yang bakal jadi favorit untuk tahun 2020.

Daftar tersebut mencakup ‘permata’ tersembunyi di Eropa Timur hingga tempat-tempat anti-mainstream di Asia. Destinasi yang masuk dalam daftar ini menjanjikan pengalaman baru, keindahan alam yang tak tersentuh, dan kesempatan untuk menikmati keajaiban yang belum banyak diketahui orang.

Para analis data di Booking.com meramu daftar tersebut dengan memilihnya dari 1.000 tujuan wisata yang didatangi selama periode waktu Agustus 2018 – Juni 2019. Setelah itu membuat peringkat berdasarkan pertumbuhan tercepat. Inilah 10 destinasi wisata yang bakal jadi tren di tahun 2020 dan layak kamu jelajahi:

1. Seogwipo, Korea Selatan
Seogwipo Korea Selatan - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: expedia.co.id

Seogwipo, kota terbesar kedua di Pulau Jeju, Korea Selatan, akan jadi salah satu destinasi wisata yang tren di tahun 2020. Seogwipo adalah sebuah kota pesisir yang ramai dengan keajaiban alam memukau. Tempat ini sangat ideal untuk pelancong yang aktif. Perairan biru jernihnya cocok bagi penggemar scuba-diving, sementara Gunung Hallasan di dekatnya adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang ingin melakukan pendakian.

Pelancong juga bisa mengunjungi air terjun terdekat dari Seogwipo yaitu Air Terjun Cheonjiyeon dan Jeongbang. Untuk mengisi ‘bahan bakar’ setelah seharian bertualang, Seogwipo Olle Market menawarkan cita rasa daerah dengan berbagai jenis street food dan deretan kios yang menjual hasil bumi segar.  Jika bergeser ke pusat Kota Seogwipo, ada banyak restoran tradisional Korea dan tempat makan yang menyajikan BBQ.

Rekomendasi tempat menginap: Heyy Seogwipo Hotel menawarkan akomodasi modern yang indah dengan pemandangan Gunung Hallasan dan Laut Seogwipo. Bagi para pelancong yang mencari lebih dari sekadar pemandangan dari jendela, dari hotel ini mereka bisa berjalan kaki ke Air Terjun Cheonjiyeon.

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai, Sisi Lain Sumatera Utara)
2. Zabljak, Montenegro
Zabljak Montenegro - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: myguidemontenegro.com

Zabljak adalah sebuah kota kecil di Montenegro utara. Kota ini menarik didatangi ketika musim dingin maupun musim panas. Tempat yang bisa dikunjungi mulai dari Durmitor National Park, Black Lake, dan Djurdjevica Tara Bridge.

Saat musim dingin, pelancong dapat menikmati perjalanan yang memacu adrenalin di lereng bersalju. Dan ketika cuaca lebih hangat, pelancong dapat menikmati olahraga air yang mendebarkan di danau dan sungai.

Rekomendasi tempat menginap: Holiday Home Vile Calimero menawarkan tempat menginap ramah keluarga dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya. Tempat ini punya dapur luas dan area makan yang lengkap, sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan kuda dan domba yang merumput di luar penginapan. Meskipun menjanjikan suasana tenang, lokasi tempat ini masih terbilang strategis, tidak jauh dari Javorovac Ski Lift dan pusat Kota Zabljak.

3. Yerevan, Armenia
Yerevan Armenia - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: hellojetlag.com

Bagi pecinta sejarah, arsitektur Armenia yang spektakuler di masa lalu tentu menjadi hal yang menarik. Alasan inilah yang menjadikannya Ibu Kota Armernia, Yerevan, menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Terdapat St. Gregory the Illuminator Cathedral yang sangat menarik. Ada pula reruntuhan Kuil Zvartnos di Dataran Tinggi Ararat. Usai menjelajahi reruntuhan kuil, pelancong dapat menikmati pemandangan pegunungan di sekitarnya.

Saat berkeliling kota, jangan lewatkan Cascade, tangga raksasa yang terbuat dari batu kapur yang dilengkapi air mancur, patung, dan taman yang tenang. Atau, kunjungi Republic Square, alun-alun dengan air mancur dan musik yang menghibur.

Rekomendasi tempat menginap: Panorama Resort & Suites menawarkan pemandangan puncak bukit Kota Yerevan dan Gunung Ararat yang indah. Panorama Resort & Suites terletak tak jauh dari Republic Square dan reruntuhan Kuil Zvartnos.

4. Salta, Argentina
Salta Argentina - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: adventure.com

Salta di Argentina menjanjikan pemandangan kota penuh warna. Pelancong bisa mengunjungi 9 de Julio Plaza, Gereja San Fransisco yang bersejarah, atau menjelajahi The Hill of Seven Colors dan Salinas Grandes.

Rekomendasi tempat menginap: Sociable Hostal Prisamata adalah akomodasi yang sempurna bagi wisatawan yang ingin berinteraksi dengan para petualang lainnya. Lokasinya juga strategis untuk menjelajahi tempat-tempat menarik. 

5. Il Gzira, Malta
Il Gzira Malta - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: agoda.com

Il Gzira terletak di pantai timur laut Malta dan dengan pemandangan langsung Kota Valletta yang bertembok. II Gzira adalah sebuah wilayah di tepi laut yang menakjubkan. Tujuan wisata yang bisa didatangi salah satunya Fort Manoel yang dibangun pada tahun 1726 di Pulau Manoel yang berlokasi tak jauh dari kota. Wisatawan bisa mempelajari sejarah wilayah tersebut. Setelah menjelajah, kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan adalah mengunjungi restoran yang menghadap ke pelabuhan. Wisatawan dapat menyantap masakan lokal dan mengamati pemandangan menakjubkan.

(Baca juga: Deretan Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Cirebon, Dijamin Ketagihan!)

Rekomendasi tempat menginap: Berada di jantung Kota Il Gzira dan tak jauh dari Pulau Manoel, Sweet Home Malta adalah rumah kedua yang sempurna bagi para wisatawan. Terletak di tepi laut, homestay ini menawarkan kamar-kamar berperabot lengkap di unit-unit apartemen ber-AC. Tak sedikit di antaranya punya balkon dan teras yang menghadap kota. Lokasi homestay ini juga dekat dengan Teluk Balluta yang sempurna untuk berenang di perairan Mediterania yang hangat.

Widget TRV Insurance

6. Ninh Binh, Vietnam
Ninh Binh Vietnam - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: gadventures.com

Ninh Binh di Vietnam adalah salah satu destinasi wisata yang bakal jadi tren di tahun 2020. Ninh Binh sering disebut sebagai ‘Ha Long Bay on land’ berkat pemandangannya yang menakjubkan. Seperti julukannya, Ninh Binh menjanjikan pemandangan mirip Ha Long Bay tetapi di daratan.

Wilayah ini menawarkan para pelancong sebuah pelarian indah yang berjarak beberapa jam dari Hanoi yang ramai. Ninh Binh adalah sebuah ‘medley’ dari pegunungan, sungai, gua, sawah, dan pagoda. Menikmati tur perahu di area alami yang indah ini akan terasa seperti adegan film.

Rekomendasi tempat menginap: Lotus Field Homestay menawarkan sepeda gratis yang dapat digunakan para pelancong untuk berkeliling menikmati persawahan. Letaknya di antara landmark terdekat yaitu Trang An, Tam Coc, dan Hang Mua. Lotus Field Homestay menawarkan akomodasi berupa pondok bambu dengan lounge dan taman bersama untuk dinikmati para tamu.

7. Swinoujscie, Polandia
Swinoujscie Polandia - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: radissonhotels.com

Swinoujscie adalah kota pelabuhan yang indah di tepi Laut Baltik. Wisatawan dapat menikmati sejarah kota dan mengunjungi Museum of Sea Fishery yang menampilkan model-model kapal dan mahluk laut menakjubkan. Wisatawan juga bisa melihat mercusuar tua dan menikmati panorama pelabuhan. Pecandu adrenalin bisa melakukan diving, atau menghabiskan hari melakukan olahraga air di Pantai Swinoujscie, salah satu pantai terluas di Polandia.

Rekomendasi tempat menginap: Houseboat Porta Mare III adalah akomodasi yang sempurna bagi pengunjung yang menyukai laut. Houseboat memiliki balkon untuk menikmati pemandangan fantastis dari Mercusuar Swinoujscie dan Museum of Sea Fishery.

8. San Juan, Puerto Rico
San Juan Puerto Rico - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: avianca.com

Destinasi wisata lain yang bakal jadi tren di tahun 2020 adalah Ibu Kota Puerto Rico, San Juan. San Juan adalah tujuan wisata menarik dengan budaya dan arsitektur yang semarak. Wisatawan bisa menikmati melangkah di jalanan berbatu Old San Juan untuk melihat bangunan kolonial Spanyol yang penuh warna atau jalan-jalan lainnya.

Selain pemandangan kota yang hijau, wisatawan juga akan menjumpai berbagai seni jalanan. Untuk menikmati keunikan arsitektur, wisatawan dapat melihatnya di El Morro, Castillo de San Cristobal, dan Paseo de la Princesa. Wisatawan yang melakukan perjalanan ke San Juan juga akan membantu upaya pemulihan Puerto Rico usai dihantam Badai Maria pada tahun 2017.

Rekomendasi tempat menginap: Nomada Urban Beach Hostel yang menyediakan lounge bersama, taman, dan dapur, memastikan para tamu dapat berbagi petualangan di San Juan dengan teman-teman baru. Hostel ini juga menawarkan wisata dan kegiatan yang terorganisir untuk para tamu yang ingin menjelajah secara berkelompok.

9. Takamatsu, Jepang
Takamatsu Jepang - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020
source: silversea.com

Takamatsu adalah kota pelabuhan yang akan memberikan liburan yang sempurna bagi para pelancong yang tertarik dengan kuliner dan pemandangan indah. Setelah selesai menikmati kuliner mie, wisatawan wajib mengunjungi Ritsurin Park yang indah. Taman ini adalah harta nasional Jepang dan merupakan tempat bagi banyak rumah teh di mana wisatawan dapat mengikuti upacara minum teh tradisional Jepang. Ritsurin Park juga memiliki Jembatan Engetsu-kyo dan kolam teratai yang ikonik.

Rekomendasi tempat menginap: Wisatawan bisa menginap di Ryokan otentik (penginapan tradisional Jepang) Kiyomisanso Hanajyukai. Akomodasi ini terletak di Takamatsu, dekat dengan Kuil Kitahamaebisu dan Heike Monogatari Historical Museum. Wisatawan dapat menikmati berendam di pemandian air panas, sarapan makanan Asia yang lezat, dan pemandangan laut dari balkon pribadi mereka.

(Baca juga: Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Ponorogo Paling Populer)
10. Jodhpur, India

Jodhpur India - 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020

Kota Jodhpur yang menakjubkan dikenal sebagai salah satu kota paling berwarna di dunia, dengan ribuan bangunan berwarna biru bak lautan. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi mulai dari Mehrangarh Fort, Umaid Bhawan Palace, dan Mandore Gardens yang cocok bagi pecinta arsitektur dan museum.

Para pecinta kuliner dan shopaholic juga akan senang menjelajahi jalanan abad pertengahan yang berliku di Jodhpur dan mencicipi makanan asli India.

Rekomendasi tempat menginap: Hostel Raahi menawarkan akomodasi yang nyaman dengan harga terjangkau di jantung Kota Jodhpur. Hostel ini memiliki taman, bar, restoran, serta lounge dan dapur bersama, yang menjadikannya tempat pertemuan hebat bagi sesama pelancong untuk bertukar tips dan cerita. Hostel ini menyediakan penyewaan sepeda dan mobil, yang sangat membantu untuk menjelajahi Jodhpur.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.