Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

10 Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda. Milenial Wajib Coba!

by Nadhillah Kusindriani on 12 Februari, 2020

Akhir-akhir ini, minat seseorang untuk menjadi pengusaha semakin tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya bisnis favorit anak muda yang hadir di sekitar kita. Mulai dari kreasi makanan hingga minuman bisa kita temukan dengan mudah.

Pasalnya, membuka sebuah bisnis menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Mengingat target pasar dari bisnis itu sendiri adalah anak muda. Dengan menyajikan sesuatu yang baru, fresh dan inovatif, sudah pasti pasar mudah didapat.

Terlebih, jika kamu menggunakan media sosial sebagai wadah untuk melakukan promosi. Namun sebelum memulai bisnis, ada baiknya jika kamu menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang akan kamu jalankan.

Maka dari itu, CekAja.com akan memberikan 10 rekomendasi bisnis favorit anak muda khusus untuk kamu. Simak yuk!

Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis, di bawah ini segelintir bisnis favorit anak muda yang bisa kamu coba, di antaranya:

1. Freelance Writer atau Blogger

Freelance Writer atau Blogger - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Bisnis favorit anak muda yang pertama yaitu penulis freelance atau blogger. Pekerjaan ini tidak hanya bisa kamu jadikan pekerjaan utama, tetapi juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya memerlukan koneksi internet, laptop atau PC, situs blog serta kemampuan menulis yang baik. Jika hal-hal tersebut sudah dimiliki, bisnis ini tidak akan sulit untuk kamu jalankan.

Meski bisnis ini hanya bisa dijalankan oleh seorang diri atau beberapa orang saja, namun penghasilan yang bisa kamu dapatkan lumayan banyak, lho! Tidak heran jika banyak sekali orang yang bekerja sampingan sebagai penulis freelance atau blogger.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan dan mendapatkan pendapatan lebih dari bisnis ini, di antaranya yaitu:

(Baca Juga: Top 10 Pendapatan Youtuber Indonesia Terbanyak)
2. Reseller atau Dropshipper

Reseller atau Dropshipper - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Bisnis favorit anak muda selanjutnya adalah Reseller atau Dropshipper. Untuk bisa menjalankan bisnis yang satu ini, kamu tidak membutuhkan budget yang besar.

Terlebih, bisnis ini tidak mengharuskan kamu untuk mempunyai sebuah toko dan produk sendiri. Karena, kamu bisa mengambil produk dari toko lain. Hanya saja, kamu dituntut untuk memasarkan produk tersebut sebanyak mungkin.

Jika produk yang kamu pasarkan berhasil terjual, kamu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut. Namun, sistem kerja dari reseller dan dropshipper berbeda. Di antaranya akan dijelaskan pada tabel di bawah ini.

ResellerDropshipper
Perlu stock produkTidak perlu stock produk
Memakai nama perusahaan produk tersebutMemakai nama toko atau perusahaan sendiri
3. Toko Online

Toko Online - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Bisnis favorit anak muda yang ketiga adalah Toko Online. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang paling banyak digeluti oleh anak muda masa kini. 

Kamu bisa menjual beragam jenis produk, mulai dari baju, sepatu, makanan ringan, elektronik, perhiasan, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendaftarkan toko online mu di beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan sebagainya.

Kamu juga bisa membuat akun sosial media khusus toko online mu dan memasarkannya di sana atau pun membuat website resmi sendiri. Dengan bisnis ini, kamu bisa mendapat keuntungan besar dengan modal yang sedikit.

4. Fotografer

Fotografer - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Berikutnya ada fotografer sebagai rekomendasi bisnis favorit anak muda. Jika kamu mempunyai passion dan skill foto yang bagus, manfaatkan kemampuan mu yang satu ini sebagai peluang bisnis.

Fotografer kini banyak dibutuhkan, baik untuk acara pernikahan, prewedding, ulang tahun, foto produk, foto model dan lain sebagainya. Penghasilan yang di dapat pun cukup besar, lho.

Untuk bekerja sebagai seorang fotografer, kamu tidak harus bergabung dengan tim, agensi atau perusahaan yang bergerak di bidang fotografi. Kamu bisa bekerja seorang diri, hanya saja kamu memerlukan marketing yang bagus untuk memasarkan jasa fotografi mu.

5. Toko Kopi

Toko Kopi - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Bisnis favorit anak muda yang kelima ada Toko Kopi. Melihat kini banyak sekali bermunculan penggemar kopi, maka membuka toko kopi kecil-kecilan menjadi salah satu peluang bisnis yang bagus dan patut kamu coba.

Mungkin di awal kamu perlu mengeluarkan modal yang cukup besar, namun itu akan sebanding dengan penghasilan yang kamu dapatkan nantinya.

Hanya saja, kamu harus gencar memasarkan toko kopi mu melalui sosial media atau memakai kekuatan Word of Mouth (WOM).

Dengan membuka bisnis toko kopi, kamu dituntut untuk memiliki visi, kreativitas serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Jika kamu memiliki tiga karakter tersebut, ide bisnis toko kopi ini sangat cocok untuk mu.

(Baca Juga: Pinjaman Modal Untuk Franchise Kopi Janji Jiwa, Simak Baik-baik)
6. Bisnis Laundry

Bisnis Laundry - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Keenam ada Bisnis Laundry. Bisnis favorit anak muda karena sifatnya yang longlasting. Mengingat, pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tidak memerlukan dana khusus untuk menyewa sebuah ruko. Sebab, kamu bisa melakukannya di rumah. Kamu hanya perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli tambahan mesin cuci, detergen, pemutih, pengharum pakaian, dan alat setrika tambahan.

Jika bisnis laundry mu sudah besar, mungkin kamu memerlukan bantuan dari pegawai. Tentu ada biaya tambahan juga yang harus dikeluarkan untuk membayar pegawai tersebut.

7. Guru Les Privat

Guru Les Privat - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Guru les privat juga menjadi salah satu bisnis favorit anak muda. Pasalnya, kamu bisa mengatur sendiri jam kerja mu dengan menyesuaikan jam kosong dari calon murid mu.

Namun tentu saja, kamu harus memiliki keahlian khusus, seperti kemampuan berbahasa Inggris, matematika, IPA, IPS dan lainnya.

Untuk menjadi guru les privat, kamu tidak membutuhkan modal apapun. Justru, kamu yang akan mendapatkan bayaran dari jasa mengajar mu. Di mana, penghasilan yang didapat dari mengajar les privat cukup besar, karena jasa mu akan dihitung per jam. Bagaimana, pekerjaan yang satu ini sangat menarik bukan?

8. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Bisnis favorit anak muda yang satu ini juga banyak peminatnya. Untuk bekerja menjadi desain grafis, tentu kamu harus sudah mahir dalam desain dan mampu mengoperasikan beberapa software desain grafis.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki taste yang bagus dan sesuai dengan selera pasar.

Jika berbicara soal penghasilan, seorang desain grafis pasti memiliki penghasilan yang cukup besar. Sebab, membuat suatu desain bukan hal yang mudah. Meski semua orang bisa menggambar, namun tidak semua orang memiliki selera yang bagus.

Untuk bisa bekerja, kamu hanya memerlukan laptop dan koneksi internet. Terlebih, kamu bisa melakukannya dimana saja, baik di rumah, cafe dan beberapa tempat lainnya yang bisa kamu tentukan sendiri.

9. Event Organizer

Event Organizer - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Kesembilan ada bisnis Event Organizer. Bisnis favorit anak muda yang satu ini memerlukan kemampuan mengorganisir suatu acara, berinteraksi dengan orang banyak dan senang memperhatikan hal-hal yang detail.

Jika kamu memiliki kemampuan-kemampuan tersebut, bisnis ini cocok untuk kamu. Untuk memulai bisnis yang satu ini, diperlukan portfolio event apa saja yang sudah berhasil kamu handle dan track record.

10.  Videografer

Videografer - Rekomendasi Bisnis Favorit Anak Muda

Menjadi seorang videografer tentu membutuhkan skill dan teknik video yang mumpuni. Sebab, jika melihat perkembangan dunia digital, bisnis favorit anak muda yang satu ini sangat dibutuhkan.

Tidak hanya event-event besar saja yang membutuhkan jasa videografer, namun acara-acara seperti lamaran, pernikahan, prewedding hingga acara ulang tahun sekalipun, kini membutuhkan jasa videografer untuk mengabadikan momen penting dan berkesan.

Jika berbicara tentang penghasilan, tentu yang didapat cukup besar. Pasalnya, seorang videografer profesional membutuhkan peralatan yang cukup banyak, seperti kamera, lighting, dan beberapa properti pendukung lainnya.

Nah, 10 rekomendasi bisnis favorit anak muda sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis mu sendiri? Jangan lupa persiapkan dana sejak dini sebagai modal untuk bisnis mu, ya!

Kamu tidak perlu khawatir jika dana yang dimiliki saat ini belum mencukupi, langsung saja ajukan dana tunai atau KTA dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis