Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

by Kyla Damasha on 12 February, 2020

Bagi para mahasiswa yang tengah menginjak semester akhir, mencari tahu tentang situs jurnal untuk skripsi menjadi salah satu hal yang populer untuk dilakukan.

situs jurnal untuk skripsi

Memang dalam menyusun skripsi, setiap mahasiswa wajib memasukan kutipan dari jurnal sebagai salah satu bukti validitas data yang mereka masukan ke dalam laporan penelitian.

Hanya saja, ternyata mencari situs jurnal untuk skripsi yang tepat tidak semudah yang kita bayangkan. Ada yang berbayar, ada yang tidak lengkap, bahkan ada pula yang hanya diperuntukan untuk internal saja dan bukan untuk umum.

Tidak hanya itu, mencari situs jurnal untuk skripsi yang sesuai dengan tema penelitian juga terkadang menjadi kendala tersendiri.

Nah, maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang situs jurnal untuk skripsi yang pastinya akan sangat bermanfaat, khususnya bagi kamu para pejuang semester akhir. Yuk kita simak bersama-sama.

Situs Jurnal untuk Skripsi
1. Education Resources Information Center (ERIC)

Education Resources Information Center ERIC - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Education Resources Information Center atau yang bisa disingkat sebagai ERIC merupakan salah satu situs jurnal untuk skripsi yang memungkinkanmu untuk mencari berbagai bentuk jurnal yang dapat disesuaikan dengan materi yang kamu butuhkan.

Selain jurnal ilmiah, melalui situs ini kamu bahkan juga bisa menemukan berbagai macam literatur ataupun e-book yang dapat diunduh dan tentunya akan sangat membantumu dalam menyusun skripsi.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa tidak semua jurnal ataupun materi-materi yang terdapat disini bisa diunduh secara gratis, ya. Meskipun begitu, kamu tetap bisa kok menemukan jurnal yang dibutuhkan secara gratis apabila kamu mau bersabar untuk mencarinya.

2. DOAJ

DOAJ - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Situs jurnal untuk skripsi selanjutnya adalah DOAJ yang merupakan kepanjangan dari Directory Open Access Journal. Sesuai dengan namanya, situs ini memberikan mu akses penuh terhadap jurnal ilmiah yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa mencari jurnal berdasarkan materi yang diinginkan dan mengunduhnya secara gratis.

Tidak hanya melalui laptop, kamu bahkan juga bisa mengaksesnya melalui ponsel android yang dimiliki lho. Tersedia lebih dari 10 ribu jurnal berbahasa Inggris yang dapat membantumu untuk menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu.

(Baca Juga: Contoh Rumusan Masalah Makalah, Skripsi, dan Penelitian Lainnya)
3. ScienceOpen

ScienceOpen - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Selanjutnya ada ScienceOpen yang juga menjadi salah satu situs jurnal untuk skrispi yang bisa kamu jadikan pilihan. Difungsikan sebagai jaringan penelitian serta penerbitan, situs satu ini menawarkan lebih dari 28 juta artikel jurnal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Hanya saja, agar kamu bisa mendapatkan akses penuh terhadap jurnal yang ada, kamu diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Jangan khawatir, melakukan registrasi disini kamu tidak akan diminta untuk mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

4. ResearchGate

ResearchGate - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Sering dijuluki sebagai tempat berkumpulnya para peneliti dunia, tak heran apabila ResearchGate juga menjadi salah satu situs jurnal untuk skripsi yang patut kamu coba.

Hal tersebut dikarenakan selain bisa difungsikan sebagai tempat mencari referensi jurnal ilmiah, situs ini juga memiliki ruang diskusi publik yang memungkinkanmu untuk mengajukan pertanyaan maupun melakukan diskusi perihal penelitian yang tengah kamu lakukan.

Berbicara dengan banyak orang dengan sudut pandang yang berbeda pastinya akan memudahkanmu untuk mendapatkan inspirasi dan pencerahan dalam menulis. Hanya saja, tidak semua jurnal yang ada bisa kamu akses secara gratis. Tetapi, tetap saja situs jurnal untuk skripsi satu ini sangat layak untuk kamu coba.

(Baca Juga: Opsi Pinjaman Pendidikan yang Ingin Lanjut Kuliah S2)
5. Sciencedirect

Sciencedirect - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Tidak jauh berbeda dengan situs jurnal untuk skripsi yang telah kita bahas sebelumnya, Sciencedirect juga menyediakan berbagai artikel buku, hingga jurnal ilmiah bagi siapapun yang membutuhkan.

Kamu bisa mencari jurnal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan langsung mengunduhnya. Hanya saja, perlu diketahui bahwa tidak semua materi yang diberikan bisa kamu unduh secara gratis lho.

Meski begitu, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengunjungi situs ini dan mencari tahu apakah kamu bisa mengunduh materi yang dibutuhkan secara gratis atau tidak.

6. Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Dari situs luar negeri, sekarang kita beralih ke situs jurnal untuk skripsi yang berasal dari Indonesia. Dari pada kamu pusing mencari berbagai artikel jurnal yang sebagian besar berbayar, maka kamu bisa menjadi situs perpusnas sebagai pilihan.

Situs perpusnas menyediakan begitu banyak referensi jurnal ilmiah yang aslinya berbayar, namun karena sudah disewa oleh pemerintah Indonesia, maka jurnal-jurnal tersebut bisa kamu akses secara gratis.

Tidak hanya jurnal bahasa Indonesia, disini kamu juga bisa mendapatkan akses untuk jurnal bahasa Inggris yang berasal dari sumber terpercaya, seperti Cambridge University Press dan Ebrary. Sebelum mengunduh, pastikan bahwa kamu melakukan registrasi terlebih dahulu, ya.

7. Google Scholar

Google Scholar - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Berbicara tentang situs jurnal untuk skripsi, pastinya kamu tidak boleh melupakan Google Scholar. Google yang pada awalnya dikenal sebagai mesin pencarian terbesar di dunia ini pada akhirnya meluncurkan produk bernama Google Scholar yang bisa membantumu dalam menemukan ratusan ribu referensi ilmiah secara gratis dan lengkap, mulai dari tesis, jurnal, makalah, e-book, dan masih banyak lagi.

Hadirnya Google Scholar tentu akan sangat membantu, khususnya bagi kamu yang tengah berjuang untuk menyusun skripsi. Cara pencariannya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu memasukan kata kunci yang relevan di kolom yang disediakan, layaknya sebagaimana kamu menggunakan mesin pencarian Google pada umumnya.

8. Microsoft Academic

Microsoft Academic - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Situs jurnal untuk skripsi selanjutnya adalah Microsoft Academic yang tak kalah baik dari situs lainnya. Disini, kamu bisa mendapatkan begitu banyak referensi penelitian dalam format publikasi. Selain itu, adanya fitur filter di Microsoft Academic juga membuat pencarian materi menjadi lebih mudah dan spesifik.

Menariknya lagi, selain kamu bisa mendapatkan situs jurnal secara gratis, kamu juga bisa mendapatkan layanan berupa informasi jadwal call for paper dari sejumlah konferensi maupun seminar terkenal.

9. Academia

Academia - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Semester Akhir

Jika kamu sering mencari berbagai karya ilmiah di internet, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan situs jurnal untuk skripsi satu ini. Dapat dikatakan bahwa Academia merupakan media sosialnya untuk para akademisi di dunia.

Memiliki cara kerja yang sama dengan Facebook namun dengan konten yang lebih fokus pada tema pendidikan, Academia sangat cocok bagi kamu yang tengah membutuhkan materi pendidikan.

Tidak hanya itu, Academia juga menyediakan jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang telah dipublikasikan oleh para peneliti. Mendapatkan akses penuh secara gratis, kamu diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

10. International Journal of Education and Research

International Journal of Education and Research - 10 Situs Jurnal untuk Skripsi bagi Kamu Para Pejuang Se

Terakhir ada International Journal of Education and Research atau yang disingkat sebagai Ijern yang juga menjadi salah satu situs jurnal untuk skripsi yang layak untuk dicoba. Situs ini berisikan review berbagai jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Contemporary Research Center (CRC) Publication dan merupakan portal yang sangat bagus, baik itu untuk peneliti, akademisi, profesional, praktisi, hingga mahasiswa untuk saling berbagi ilmu.

Saat ini kamu tengah menyusun skripsi dan memiliki rencana untuk lanjut pendidikan ke jenjang S2? Jangan khawatir dengan dana yang belum cukup! Yuk segera ajukan kredit pendidikan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda