Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

15 Cara Transaksi Aman KlikBCA Individual

by Dudung Rahmanto on 2 April, 2016

Di jaman serba canggih seperti saat ini, semua orang selalu mendambakan kepraktisan dalam melakukan segala hal. Termasuk juga di antaranya transaksi keuangan dan perbankan. Hal ini membuat banyak bank berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur-fitur yang dapat memudahkan nasabahnya dalam mengakses rekeningnya, BCA salah satunya.

Bank BCA memiliki komitmen yang tinggi dalam menghadirkan fitur yang berguna bagi para nasabahnya. Jika dahulu kita harus mondar-mandir ke mesin ATM untuk mengecek saldo, kini kamu hanya perlu mengakses KlikBCA Individual Informasi Saldo melalui layanan internet banking BCA yaitu di www.klikbca.com, dengan syarat sudah mendaftarkan diri melalui ATM atau kantor cabang BCA.

Kemudahan yang ditawarkan sebuah teknologi bukan berarti tak memiliki resiko. Sebab banyak kasus freud yang telah menjadi sorotan masyarakat lantaran menggunakan klikBCA dengan sembarangan. Perlu diingat, KeyBCA yang kalian dapatkan saat mendaftar internet banking BCA hanya bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi finansial transfer ke rekening tujuan BCA ataupun bank lainnya, transaksi pembayaran, pembelian dan pembayaran e-commerce. Selain itu, transaksi non-finansial yang bisa kamu lakukan melalui internet banking yaitu di antaranya, mendaftarkan rekening tujuan transfer, registrasi inquiry kartu kredit BCA, mengubah alamat email, menambah atau menghapus koneksi KeyBCA, aktivasi BCA KlikPay atau aktivasi KeyBCA.

jaminan transaksi aman

Langkah-langkah transaksi Internet Banking BCA yang aman

Agar merasa lebih aman dalam melakukan transaksi menggunakan internet banking BCA, yuk ikuti langkah-langkah berikut:

  1. BCA tidak akan meminta kamu untuk memasukkan angka atau respon dari KeyBCA di luar transaksi yang tadi telah disebutkan di paragraf sebelumnya. Jika kamu mendapatkan kejanggalan di luar transaksi yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa langsung menghubungi Halo BCA di nomor (021) 500888 untuk memberikan konfirmasi.
  2. KeyBCA adalah tools yang diberikan oleh BCA kepada nasabah secara personal dan bersifat pribadi, sehingga tidak boleh dipindahtangankan atau dipinjamkan kepada orang lain. Sebagai pengguna internet banking, kamu bertanggung jawab untuk tidak memberikan PIN KeyBCA atau KlikBCA Individual yang kamu miliki kepada pihak lain.
  3. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap daftar rekening tujuan transfer yang terdapat pada KlikBCA Individualmu. Jika sekiranya kamu tidak memerlukan nomor rekening tertentu, kamu selalu bisa menghapusnya melalui akses menu Administrasi – Hapus Daftar Transfer.
  4. Saat ingin melakukan transaksi perbankan seperti transfer uang melalui internet banking BCA atau iBank BCA, pastikan kamu memasukkan nomor rekening tujuan dengan benar. Sebab jika kebetulan yang kamu masukkan merupakan rekening milik orang lain, uangmu akan jatuh ke tangan orang lain yang tidak tepat. (Baca : Info Terbaru KlikBCA Keamanan dalam Bertransaksi )
  5. Ketika mengakses KlikBCA Individual pastikan bahwa kamu telah mengakses laman yang tepat yaitu https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com yang bisa kamu akses dari smartphone kesayanganmu.
  6. Perhatikan browsermu, apakah ada ikon gembok atau kunci yang membuktikan bahwa laman yang kamu akses telah terenkripsi untuk keamanan transaksi perbankanmu. Jika kamu tidak berhasil menemukan ikon tersebut, sebaiknya cepat-cepat logout sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  7. Jangan pernah mengakses laman KlikBCA Individual melalui layanan internet publik seperti di warnet atau lokasi-lokasi yang menyediakan koneksi internet gratis yang belum pasti keamanannya.
  8. Selalu ingat untuk logout akun KlikBCA kamu setelah menggunakannya atau saat meninggalkan gadget atau laptopmu meski hanya sebentar.
  9. Pakailah anti-virus terbaru di komputer atau laptopmu untuk melakukan scan secara berkala di real-time.
  10. Selalu periksa email-email masuk mencurigakan yang masuk pada inboxmu, hapuslah jika ada yang mencurigakan. Jika ada email yang menyertakan attachment selalu pindai virusnya terlebih dahulu.
  11. Pakai juga firewall pada komputer atau laptopmu untuk pengamanan ekstra.
  12. Selalu update sistem operasi yang digunakan.
  13. Pastikan kamu hanya men-download file dari laman website yang terpercaya dan selalu periksa keamanan file-file yang di-download sebelum menggunakannya.
  14. Selalu ubah kombinasi pin KeyBCA atau KlikBCA Individualmu secara berkala dengan kombinasi yang sulit diketahui orang lain.
  15. Berhati-hatilah terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas bank BCA melalui telepon, sms atau email. Sebab petugas bank BCA tidak akan pernah meminta dan menanyakan PIN KlikBCA atau KeyBCA kepada nasabah.

Tentang Penulis

Jika ingin dibantu orang, maka bantulah orang lain terlebih dulu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami