Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

15 Universitas Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk?

by Estrin Vanadianti Lestari on 22 November, 2019

Siapa sih yang tak ingin berkuliah dan meraih pendidikan setinggi mungkin, apalagi jika bisa menimba ilmu di universitas terbaik di dunia. Mungkin hal tersebut merupakan cita-cita dan impian semua orang di dunia ini ya. Tidak hanya itu, jika kamu berhasil meraih gelar di beberapa universitas terbaik di dunia, mungkin kamu akan memiliki masa depan, pekerjaan dan karir yang mumpuni.

Demi masa depan cemerlang, maka tak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang, untuk mendapatkan pendidikan di salah satu universitas terbaik di dunia. Meski kamu akan jauh dengan keluarga, hal tersebut sepertinya sudah tidak menjadi sebuah masalah yang besar.

Malahan, hal tersebut bisa menjadikan pengalaman yang luar biasa untuk kamu, karena kamu bisa menjadi lebih mandiri dan tumbuh di lingkungan yang dikelilingi orang-orang hebat dan pintar.

Pasalnya, orang-orang yang berhasil diterima di universitas terbaik dunia ini, merupakan orang-orang pilihan dan beruntung dari seluruh dunia, yang tentunya juga memiliki kemampuan, kepintaran, hingga kemauan yang luar biasa.

Bahkan, jika kamu merasa mampu bersaing secara intelektual, untuk bisa masuk ke salah satu universitas terbaik di dunia yang terkenal tersebut, pemerintah negara Indonesia juga menyediakan berbagai program beasiswa lho. Beasiswa yang disediakan juga memiliki berbagai macam jenis, bahkan jika kamu tidak memiliki kemampuan secara akademik sekalipun.

Jenis-jenis Beasiswa Untuk Bisa Kuliah di Luar Negeri
  • Beasiswa Berdasarkan Prestasi (Merit based): Biasanya beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki riwayat akademik yang luar biasa, pada jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Beasiswa Berdasarkan Tempat Tujuannya: Tidak hanya tersedia beasiswa dari negara sendiri, ternyata banyak beasiswa yang datangnya dari pemerintah atau universitas di luar negeri, yang memberikan beasiswa parsial kepada seluruh siswa berprestasi di dunia dan juga memenuhi persyaratan tentunya.
  • Berdasarkan Latar Belakang Siswa: Beasiswa ini biasanya diberikan kepada seseorang yang memiliki kriteria seperti profesi, usia, asal daerah, status ekonomi, tingkat studi terakhir, hingga riwayat kesehatan. Misalnya, sebuah perusahaan tempat kamu bekerja, memberikan sejumlah dana studi ke luar negeri, jika kamu termasuk orang yang berpotensi sebagai pemimpin, dan orang yang paling berpengaruh bagi perusahaan tersebut.
  • Beasiswa dengan Bidang Studi Tertentu: Hal ini juga hampir sama dengan program berdasarkan latar belakang siswa. Terlebih juga kamu merupakan seseorang yang sedang bekerja di sebuah institusi, perusahaan swasta maupun pemerintah, yang akan memberikanmu dana beasiswa untuk melanjutkan studi untuk menekuni jurusan tertentu.
  • Beasiswa Berdasarkan Atlet: Seperti namanya, beasiswa ini biasanya disediakan untuk para olahragawan terbaik atau siswa yang memiliki prestasi yang baik dalam bidang olahraga. Namun, sebagai timbal balik, biasanya kamu diminta untuk berkontribusi terhadap institusi yang memberikan beasiswa kepada kamu.Terlebih, pendidikan memang merupakan sebuah aset yang sangat berharga. Sehingga, pemerintah juga banyak memberikan dana bantuan untuk para siswa berprestasi, agar bisa melanjutkan studi ke luar negeri dan bisa kembali ke Indonesia, dengan membawa pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat, untuk mengembangkan negara kelahirannya, menjadi lebih baik dan maju.
(Baca Juga: Negara Terbaik untuk Kuliah Bisnis, Apa Saja?)
15 Universitas Terbaik di Dunia

Penasaran dengan deretan universitas terbaik di dunia, yang bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan tempat menempuh pendidikan kamu nanti? Berikut 15 universitas terbaik di dunia, idaman para pelajar:

1. Massachusetts Institute of Technology – United States

Universitas terbaik di dunia yang pertama dan disebut-sebut sebagai universitas legenda adalah MIT atau Massachusetts Institute of Technology. MIT sendiri berhasil masuk ke daftar universitas terbaik di dunia, bahkan selama 8 tahun berturur-turut menurut riset dari QR World University Rangkings (WUR).

2. Stanford University – United States

Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah Stanford University, yang juga menjadi univesitas pilihan aktris cantik nan cerdas Indonesia, yakni Maudy Ayunda. Memiliki lokasi yang dekat dengan Silicon Valley di Stanford, California, US, universitas ini ternyata sudah ada sejak tahun 1891 lho.

3. Hardvard University – United States

Universitas terbaik berikutnya ini adalah Hardvard University. Menjadi universitas tertua di Amerika Serikat, universitas ini didirikan pada tanggal 8 September 1636. Terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, universitas ini dikenal sebagai kelompok Ivy League.

4. Oxford University – United Kingdom

Universitas terbaik di dunia yang juga sebagai universitas tertua di Inggris adalah Oxford University. Selain menjadi salah satu universitas terbaik dunia, Oxford juga menduduki peringkat terbaik di Eropa, karena memiliki reputasi akademik dan lulusan yang tinggi.

5. California Institute of Technology – United States

Universitas terbaik di dunia berikutnya adalah California Institute of Technology. Terletak di Pasadena, California, US, universitas ini dikenal dengan keunggulannya dalam bidang ilmu alam dan teknik. Yang membuat universitas ini menduduki universitas terbaik, juga dikarenakan memiliki rasio fakultas dan jumlah sitasi penelitian per fakultas.

5. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) – Switzerland

Universitas terbaik yang juga menjadi universitas terbaik ke-2 di Eropa adalah Swiss Federal Institute of Technology. Universitas ini juga menjadi kampus dengan jumlah mahasiswa terbesar di Swiss. Universitas yang pertama kali beroperasi pada tahun 1833 ini, juga sebagai penyatuan dari berbagai sekolah tinggi (college) teologi, hukum dan kedokteran yang sebelumnya sudah berdiri.

6. Cambridge University – United Kingdom

Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah University of Cambridge. Berdiri sejak tahun 1209, universitas ini terletak di Cambridge, UK. Universitas ini juga bisa masuk dalam daftar universitas terbaik dunia, karena memiliki reputasi akademik dan lulusan yang sangat baik dan menakjubkan.

7. UCL (University College London) – London

Universitas terbaik di dunia posisi selanjutnya adalah Universitas College London. Dimana universitas ini dilihat terus mengalami peningkatan dari segi reputasi. Tidak hanya itu, ternyata universitas ini juga pernah mengalami beberapa perubahan nama institusi, yakni dari London University (1826-1836), University College London (1836-1907), University of London (1907-1976), hingga akhirnya menjadi University College London mulai tahun 1977 hingga sekarang.

8. Imperial College London

Universitas terbaik berikutnya ada Imperial College atau biasa disebut dengan sebutan ‘The Imperial College of Science, Technology, and Medic’. Berlokasi di London, Inggris, kampus ini memiliki beberapa jurusan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan juga bisnis.

9. University of Chicago

Universitas selanjutnya yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia adalah University of Chicago. Terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, kampus ini didirikan pada tahun 1890, oleh seorang pengusaha minyak dermawan, bernama John D. Rockefeller.

(Baca Juga: Mau S2 Nggak Punya Biaya dan Gagal Beasiswa? Ini Solusinya!)
10. National University of Singapore (NUS)

Beralih ke Asia, universitas terbaik berikutnya adalah Universitas Nasional Singapura atau (NUS). Didirikan pada tahun 1905, universitas ini merupakan yang terbesar di Singapura. Bahkan, NUS merupakan universitas yang memiliki jurusan kedokteran pertama di Singapura dan menjadi universitas yang sangat terkenal saat ini. Maka tak heran jika universitas ini masuk dalam daftar salah satu universitas terbaik di dunia.

11. Universitas Teknologi Nanyang – Singapura

Selain NUS, salah satu universitas terbaik yang ada di Singapura juga diduduki oleh Universitas Teknologi Nanyang. Berlokasi di Jurong, barat daya Singapura, universitas ini memiliki luas sekitar 2 km persegi. Tidak hanya itu, kampus ini juga dikenal sangat modern, karena memiliki fasilitas dengan teknologi yang mumpuni, termasuk jaringan internet tanpa kabel yang mampu menyelurkan data 54 Mbps.

12. Princeton University – United States

Selanjutnya ada Princeton University yang juga masuk ke dalam daftar salah satu universitas terbaik di dunia. Berlokasi di Princeton, new Jersey, universitas ini merupakan institusi pendidikan tinggi paling tua nomor empat di Amerika Serikat. Selain itu, Princeton juga memiliki banyak jurusan terbaik, di antaranya adalah jurusan arsitektur, teknik dan urusan internaisonal dan publik.

13. Cornell University – United States

Cornell University yang terletak di New York City dan di Education City, Doha, Qatar juga masuk dalam daftar salah satu universitas terbaik di dunia. Didirikan pada tahun 1865, kampus ini juga memiliki banyak fakultas untuk tingkat sarjana dan pasca sarjana. Fakultas untuk jenjang sarjana tersebut di antaranya adalah faklutas administrasi perhotelan, seni dan ilmu pengetahuan, ilmu pertanian dan ilmu hayati, arsitektur, teknik atau teknologi ekologi manusia, serta sekolah industri dan hubungan pekerja.

Sedangkan untuk fakultas jenjang pasca sarjana di antaranya adalah ilmu hukum, ilmu kedokteran, ilmu manajemen dan ilmu kedokteran lainnya.

14. Yale University – United States

Universitas terbaik selanjutnya yang juga merupakan universitas swasta tertua di Amerika Serikat adalah Yale University. Tidak hanya itu, universitas ini juga sering mendapatkan penghargaan nobel dari presiden Amerika Serikat.

15. Columbia University – United States

Untuk urutan yang ke 15, universitas terbaik di dunia ini diduduki oleh Columbia University. Terletak di New York City, kampus ini berdiri pada tahun 1754 dengan nama sebelumnya yakni King’s College. Tidak hanya itu kampus ini juga merupakan salah satu anggota Ivy League.

Menjadi universitas paling bergensi di dunia, kampus ini juga memimpin dalam bidang ilmiah, humanitas, pendidikan, bisnis, teknik sipil, hukum, dan kedokteran.

Bagaimana dengan Peringkat Dunia untuk Universitas Terbaik di Indonesia?

Tidak hanya universitas di atas saja yang memiliki kualitas yang baik, karena di negeri sendiri pun banyak memiliki universitas yang tak kalah bagus dan berkualitas. Dalam daftar pemeringkatan menurut QR World University Rangkings (WUR), Indonesia berhasil menempatkan 9 universitas dalam rangking tahun 2019 ini.

QR WUR sendiri, juga telah menjadi bagian pemeringkatan resmi, dimana riset tersebut sering dijadikan acuan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia, demi bisa menjadi universitas bertaraf dunia. Dan berikut ini adalah 9 universitas Indonesia terbaik dalam pemeringkatan WUR 2019/2020:

1. Universitas Indonesia (peringkat ke-296 dunia)
2. Universitas Gadjah Mada (peringkat ke-320 dunia)
3. Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-331 dunia)
4. Institut pertanian Bogor (peringkat ke-601-650 dunia)
5. Universitas Airlangga (peringkat ke-651-700 dunia)
6. Universitas Padjajaran (peringkat ke-751-800 dunia)
7. Universitas Bina Nusantara (peringkat ke-801-1.000 dunia)
8. Universitas Diponegoro (peringkat ke-801-1.000 dunia)
9. Institute Teknologi Surabaya (peringkat ke-801-1.000 dunia)

Bagaimana dengan deretan universitas terbaik di dunia tersebut? Tentunya akan membuatmu semangat untuk bisa berkuliah di sana bukan? Nah, supaya kehidupan finansialmu, khususnya dalam setiap transaksi di luar negeri tetap aman, gunakan kartu kredit BRI World Access, yang akan banyak memberikan keuntungan menarik. Yuk ajukan sekarang juga, melalui situs CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk