Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Sederhana Yang Bikin Hidup Lebih Bahagia

by Rafly Aditia on 21 Juli, 2017

tips hidup bahagia _ investasi - CekAja.com

Semua orang pasti ingin bahagia dalam hidupnya. Agar seseorang bahagia, tidak melulu harus mencapai hal-hal besar saja.

Karena nyatanya, dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang positif, seseorang bisa lebih bahagia dalam menjalani hidup. Tidak percaya? Berikut ini ada 20 kebiasaan sederhana yang mudah dilakukan dan dapat membuat hidup jadi lebih bahagia :

1. Dengarkan lagu favorit

Sudah pasti, musik merupakan salah satu hal yang sangat efektif untuk membuat mood jadi lebih baik. Oleh karena itu, mendengarkan musik favorit di waktu senggang atau saat bekerja sekalipun bisa membuat diri menjadi lebih bahagia terutama jika musik yang didengarkan merupakan musik penuh semangat dan lirik yang positif.

2. Nikmati angin segar di luar ruangan

Untuk kalian yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan, seperti bekerja di kantor misalnya, maka biasakanlah diri untuk menghirup angin segar di luar ruangan selama beberapa menit ketika waktu istirahat.

3. Konsumsi makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat yang lezat seperti misalnya buah-buahan favorit atau makanan kaya protein, maka gizi yang diperlukan tubuh akan terpenuhi. Jika tubuh sehat dan dalam performa yang baik, maka otak pun juga akan memiliki performa yang baik pula. Hal ini tentu akan membuat seseorang merasa lebih bahagia dalam menjalani aktifitas.

4. Bantu orang di sekitarmu

Simpel dan bermanfaat, membantu orang-orang di sekitar yang membutuhkan bantuan akan menyebarkan aura positif di dalam diri dan sekeliling kalian.

5. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang berbeda satu sama lain. Berhentilah merasa iri dengan kelebihan-kelebihan orang dari sekarang. Ingat, bersyukurlah karena kalian juga memiliki kelebihan tertentu yang tidak dimiliki orang lain!

6. Tersenyumlah!

Ada sebuah hal yang menarik, dalam penelitian satu ini ditemukan fakta bahwa tersenyum dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Bukan cuma itu, bahkan walau senyum yang dilakukan karena terpaksa juga memberikan efek yang sama loh!

7. Manjakan dirimu untuk sesaat

Jika kalian sudah terlalu letih bekerja dan beraktifitas, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri terlebih dahulu. Misalnya mengambil cuti dan pergi liburan, pergi ke salon dan relaksasi, atau melakukan hobi di waktu luang. Kalian pantas untuk bersenang-senang, kok!

8. Rajin membaca

Dengan membaca hal-hal yang kalian senangi, mulai dari blog favorit sampai berita artis idola akan memberikan kalian kesenangan dan energi positif. Terlebih lagi, jika kalian dapat mempelajari sesuatu ketika sedang membaca.

9. Lihatlah video atau gambar lucu

Jika di tengah-tengah rutinitas kalian merasa bosan, cobalah untuk menonton video atau melihat kumpulan gambar-gambar lucu. Hal ini dapat menjadi moodbooster yang cukup efektif dan memberikan energi positif yang cukup besar.

10. Tinggalkan catatan untuk menyenangkan orang lain

Salah satu cara lain untuk membuat hidup terasa lebih menyenangkan adalah, meninggalkan catatan untuk menyenangkan orang lain. Dengan ini,  sama saja menyebarkan aura positif dan percayalah bahwa hal tersebut akan membawa dampak baik bagi perasaan diri kalian.

11. Ucapkan Terima kasih pada orang lain

Percayalah, gestur kecil seperti berucap terima kasih kepada orang lain akan meningkatkan aura positif dalam diri yang ternyata dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup.

12. Lakukan hal baru

Patahkanlah rutinitas yang membosankan selama ini dengan cara mempelajari dan melakukan sesuatu yang baru. Tidak harus hal yang besar, kalian dapat memulainya dengan melakukan perubahan pada hal-hal kecil terlebih dahulu.

13. Jadilah pendengar yang baik

“Habiskan” uangmu. Percaya atau tidak ternyata uang juga bisa membeli kebahagiaan. Bagaimana caranya? Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor dari Harvard, Mike Norton, cara terampuh untuk membeli kebahagian dengan uang adalah menghabiskannya untuk orang yang kalian sayangi.

14. Chatting dengan teman

Berinteraksi dengan orang lain dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang. Jadi, manfaatkanlah teknologi yang ada saat ini seperti aplikasi chat untuk bertegur sapa, bercanda, atau bahkan membicarakan hal yang menghibur bersama teman-teman dekat.

15. Tulis 3 hal positif setiap harinya

Dibanding mengeluarkan sumpah serapah dan mengeluh di sosial media, cobalah untuk menulis 3 hal positif yang dialami setiap harinya. Karena penelitian membuktikan bahwa hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih optimis dan bisa mengurangi tingkat stres.

16. Buatlah rencana kecil bersama orang terdekat

Cukup mengejutkan, ternyata merencanakan sesuatu yang kecil saja seperti merencanakan hangout bersama orang terdekat atau misalkan teman di akhir pekan, bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

17. Belajarlah untuk berpikir optimis!

Terakhir, cobalah untuk selalu berpikir optimis tidak peduli seberapa buruk hari yang dialami. Bersyukur setiap waktu atas apa yang dimiliki, dan percaya bahwa suatu hari nanti akan ada hal yang lebih baik yang akan datang.

18. Tegaklah saat berjalan

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan cara memperbaiki postur yaitu menegakkan tubuh. Karena postur tubuh yang baik merupakan kunci untuk merasa lebih baik.

19. Lupakanlah kesalahan dan masa lalu

Jangan pernah terjebak terlalu lama dalam ruang nostalgia, terutama jika hal tersebut terasa menyakitkan. Salah satu cara terbaik adalah melupakan kesalahan dan hal-hal negatif yang telah terjadi, fokuskanlah diri kalian untuk masa depan yang lebih baik.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.