Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

20 Ide Hadiah Pernikahan Bermanfaat dan Tips Memilihnya

by Vera Khairifah on 26 November, 2019

Saat kamu perlu menghadiri undangan pernikahan, tentu kamu membutuhkan ide hadiah pernikahan untuk diberikan. Kebanyakan orang kesulitan memilih barang yang pas. Padahal, ada banyak yang bisa kamu jadikan hadiah atau kado.

20 Ide Hadiah Pernikahan Bermanfaat dan Tips Memilihnya

Berikut ide hadiah pernikahan dan tips memilihnya dengan tepat.

Tips Memilih Hadiah Pernikahan
Pilih Barang Bermanfaat

Hal pertama yang perlu kamu fokuskan adalah memilih barang yang bermanfaat untuk pasangan suami-istri yang akan menerima hadiah ini. Barang dengan nilai pakai tinggi lah yang sebaiknya kamu pilih. Lebih baik lagi jika bisa dipakai hingga bertahun-tahun.

Cari yang Unik

Tips memilih hadiah pernikahan yang kedua adalah mencari barang yang unik. Ya, taka da salahnya jika kamu memberikan barang yang hanya memiliki nilai estetika seperti pajangan. Namun, cari lah pajangan dengan desain unik, serta jarang ditemui di tempat lain.

Lebih Hemat Bundling Barang

Jika kamu ingin memberikan beberapa barang sekaligus, ada baiknya kamu mempertimbangkan membeli bundling barang alias barang yang dijual secara paketan.

Biasanya, harganya akan jauh lebih murah dibandingkan membeli barang sendiri-sendiri. Misalnya, bundling set pisau dapur dengan beberapa piring dan mangkok.

Patungan dengan Teman

Tips lain agar menghemat pengeluaran jika ingin memberikan hadiah pernikahan adalah dengan patungan bersama teman. Coba ajak teman satu gengmu untuk memberikan hadiah secara bersamaan.

Selain hemat, barang yang bisa kalian berikan juga bisa lebih berkualitas. Misalnya, patungan membeli sebuah mesin cuci atau kulkas.

Ide Hadiah Pernikahan
1. Peralatan Memasak

Peralatan Memasak

Bagi pasutri yang baru menikah tentu membutuhkan berbagai barang-barang yang menunjang aktivitas di dalam rumah seperti memasak. Kamu bisa memilih ide hadiah pernikahan seperti set panci, penggorengan, sodet, penanak nasi, microwave, pemanggang roti, panci presto dan lain sebagainya.

2. Peralatan Makan

Peralatan Makan

Alat makan juga sangat berguna, lho. Agar terlihat berbeda, kamu bisa memilih set peralatan makan dari kayu yang saat ini sedang tren. Atau bisa juga memilih alat makan berbahan keramik yang mewah.

3. Perkakas Dapur

Perkakas Dapur

Perkakas di dapur juga bisa kamu jadikan ide hadiah pernikahan. Misalnya seperti tempat bumbu, food container, rak atau kabinet kecil untuk menaruh piring-piring dan lain sebagainya.

4. Buku Resep Masakan

Buku Resep Masakan

Jika kamu memilih buku resep masakan sebagai hadiah, pastikan memilih yang paling memuat banyak resep. Perhatikan juga kecocokan jenis makanan terhadap selera orang yang akan diberikan. Misalnya berikan buku resep masakan Indonesia untuk orang yang menyukai masakan nusantara.

5. Set Perlengkapan Mandi

set perlengkapan mandi

Parcel berisi perlengkapan mandi yang bisa kamu pilih meliputi sabun, shampoo, lulur, parfum dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Pendidikan Anak Usia Dini: Ini Beda PAUD, Playgroup, dan TK)
6. Perangkat Pertukangan

perangkat pertukangan

Perangkat pertukangan menjadi salah satu benda yang sering luput dari ide hadiah pernikahan. Padahal, ini juga dibutuhkan untuk pasangan yang akan tinggal di rumah baru. Tak ada salahnya kamu memilih ini.

7. Alat Elektronik

alat elektronik

Alat elektronik seperti mesin cuci, dispenser, kulkas, TV, dan lainnya sangat bermanfaat. Jika merasa ‘berat di ongkos’, kamu bisa patungan dengan teman, ya.

8. Voucher Liburan

voucher belanja

Jika tiket liburan atau tiket pesawat agak sulit diberikan karena khawatir jadwalnya tidak cocok dengan penerima hadiah, kamu bisa memberi voucher liburan. Ini bisa berupa voucher tiket pesawat, hotel, maupun dinner romantis yang bisa dicairkan dengan masa kadaluarsa yang lama .

9. Voucher Spa

voucher spa

Voucher spa juga cocok dijadikan ide hadiah pernikahan agar memberi waktu rileksasi gratis buat pasangan yang baru direpotkan dengan acara pernikahan yang menguras energi.

10. Voucher Belanja

voucher travel

Siapa sih yang tak suka belanja? Voucher belanja dijamin membuat temanmu yang baru menikah akan happy. Pilih saja voucher belanja di department store, toko kecantikan, toko furniture atau supermarket.

11. Seprei dan Bed Cover

Seprei dan bed cover

Seprei dan bed cover atau selimut juga umum dijadikan ide hadiah pernikahan. Sebab, benda ini berguna untuk perlengkapan di kamar tidur pengantin.

12. Pajangan Unik

pajangan unik

Kalau kamu mencari ide hadiah pernikahan yang tak terlalu mahal, pajangan bisa dijadikan pilihan. Misalnya, bingkai foto, jam dinding dengan desain menarik, set tanaman sintesis, miniatur patung pengantin dan masih banyak lagi.

13. Rak Kecil

Rak Kecil

Rak kecil cocok dijadikan hadiah karena murah, bermanfaat dan masih mudah dibawa maupun dibungkus cantik.

(Baca Juga: Biaya Pendidikan Anak Kian Mahal? Simak Cara Jitu Mengumpulkannya!)
14. Lilin Aromaterapi

Lilin Aromaterapi

Sekarang, pengharum ruangan kekinian salah satunya berbentuk lilin aromaterapi. Kamu bisa memberikan hadiah berupa satu set lilin dengan varian yang beragam.

15. Essential Oil

Essential Oil

Selain lilin aromaterapi, essential oil yang harum dan dipercaya meningkatkan kesehatan tubuh juga bisa kamu jadikan hadiah pernikahan.

16. Piyama

Essential Oil

Ada banyak piyama atau baju tidur untuk pasangan yang bisa kamu pilih sebagai hadiah. Mulai dari piyama dengan desain cute dan warna lembut, hingga bahan satin yang mewah.

17. Lampu Tidur

lampu tidur

Ide hadiah pernikahan lainnya adalah lampu tidur. Harganya cukup murah dan pasti digunakan siapapun yang menerima hadiah ini.

18. Buku Panduan Pernikahan dan Parenting

Buku Panduan Pernikahan dan Parenting

Kamu bisa menunjukkan kepedulian terhadap kelanggengan hubungan pasangan baru dengan membelikan buku panduan pernikahan. Buku tentang pengasuhan anak atau parenting juga penting karena sangat bermanfaat di kemudian hari.

19. Handuk Bordir

Handuk Bordir

Ide hadiah pernikahan yang murah lainnya adalah handuk bordir. Ada beberapa merk handuk yang menyediakan jasa custom produknya dengan bentuk bordiran nama atau gambar seseorang. Bungkus handuk dengan rapi dan voila! Hadiah unik bisa kamu berikan.

20. Video Dokumenter

Video Dokumenter

Terakhir, ada video dokumenter yang bisa dijadikan ide hadiah pernikahan yang unik. Video ini berisi pesan-pesan yang kamu dan teman-teman lain sampaikan untuk pengantin baru. Selipkan juga beberapa cuplikan video kebersamaan. Hadiah pernikahan ini dijamin timeless!

Ide hadiah pernikahan istimewa bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa takut bokek. Ajukan saja KTA cicilan ringan di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast