Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Mudah, Jarak Tak Lagi Jadi Masalah!

by Kyla Damasha on 15 Juni, 2020

Untuk kamu yang saat ini tengah menuntut ilmu maupun bekerja di luar negeri, mengetahui tentang cara kirim uang ke luar negeri pastinya menjadi salah satu hal yang cukup penting. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah masyarakat Indonesia yang bekerja maupun bersekolah di luar negeri semakin terlihat meningkat cukup signifikan.

Cara mudah kirim uang ke luar negeri

Dan dikarenakan hal itulah, kebutuhan akan komunikasi interlokal sampai dengan pengiriman uang lintas negara juga kerap mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara kirim uang ke luar negeri yang mudah dan cepat. Yuk disimak bersama-sama.

Cara Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri

Dilansir dari situs truemoney.co.id, terdapat beberapa cara kirim uang ke luar negeri dengan mudah dan tanpa membutuhkan banyak waktu, diantaranya adalah sebagaimana berikut ini:

1. Western Union

Western Union - 4 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Mudah Jarak Tak Lagi Jadi Masalah

Cara kirim uang ke luar negeri yang pertama adalah dengan melalui Western Union. Fasilitas satu ini terbilang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dari seluruh penjuru dunia karena caranya yang sangat mudah untuk dilakukan. Selain memiliki jangkauan yang sangat luas dan cepat, Western Union juga menerapkan biaya pengiriman yang relatif lebih murah dibandingkan pelayanan pengiriman uang lainnya.

Namun, untuk bisa melakukan transfer melalui Western Union, kamu diharuskan untuk datang ke agen terdekat dari tempat kamu berada. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa serta identitas diri yang masih berlaku dan lengkapi formulir pengiriman yang diberikan.

(Baca Juga: Arti dan Fungsi Kode Swift untuk Transaksi Keuangan)

Setelah mengisi seluruh data yang dibutuhkan secara benar dan lengkap, kamu hanya perlu menyerahkan dana yang ingin dikirimkan sekaligus membayarkan biaya pengiriman. Lalu, bagaimana dengan besaran biaya yang diminta? Western Union menerapkan biaya pengiriman dengan rincian sebagaimana berikut ini:

  • Rp100 ribu – Rp1 Juta = Rp45.000
  • Rp2 Juta – Rp10 Juta = Rp90.000
  • Rp11 Juta – Rp20 Juta an = Rp180.000
  • Rp30 Juta an – Rp49 Juta = Rp360.000
  • Rp50 Juta = Rp720.000
2. Transfer Antar Bank

Transfer Antar Bank - 4 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Mudah Jarak Tak Lagi Jadi Masalah

Cara kirim uang ke luar negeri selanjutnya adalah transfer antar bank yang mana bisa kamu lakukan melalui ATM. Nah, apabila dengan cara Western Union kamu diharuskan untuk menyerahkan uang yang ingin dikirim kepada agen dan baru dikirimkan kepada orang yang bersangkutan, maka melalui cara transfer dari bank ke bank kamu bisa mengirimkan uang langsung kepada orang bersangkutan tanpa diperlukannya perantara.

Ketika ingin mengirim uang melalui cara satu ini, kamu akan membutuhkan nomor rekening sang penerima uang. Jadi, agar pengiriman uang dapat berjalan dengan lancar, pastikan bahwa nomor rekening yang kamu miliki memang benar adanya.

Setelah itu, kamu bisa segera mengunjungi kantor cabang bank terdekat yang akan kamu gunakan untuk mengirimkan uang dan isilah formulir yang mereka berikan dengan data yang benar dan tepat. Apabila terdapat kolom yang tidak dimengerti, maka tanyakanlah kepada pihak bank yang sedang bertugas, guna meminimalisir kekeliruan dalam informasi yang kamu berikan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menanyakan kepada pihak bank terkait biaya transfer yang dibebankan, karena pada umumnya mengirimkan dana melalui bank terbilang relatif tinggi. Setelah itu, berikan uang ingin dikirimkan kepada pihak bank dan simpanlah bukti transfer sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu pengiriman dana mengalami kendala.

3. Transfer Via ATM

Transfer Via ATM - 4 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Mudah Jarak Tak Lagi Jadi Masalah

Selain melalui teller bank, cara kirim uang ke luar negeri juga bisa dilakukan melalui ATM. Namun sebelumnya, kamu perlu mengetahui terkait kode swift bank yang dituju, dan informasi ini bisa kamu dapatkan dari pihak bank yang kamu gunakan.

Walaupun terdengar mudah, sebenarnya mengirimkan uang melalui ATM justru memberikan risiko cukup tinggi. Karena, apabila terjadi sedikit saja kesalahan terkait penginputan nomor rekening dan nomor referensi, bisa saja uang justru tersesat dan tidak diterima oleh orang yang dituju.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu menginput nomor rekening dan nomor referensi dengan tepat tanpa terlewat satu angka pun. Setelah proses transfer berhasil, simpanlah bukti transfer dengan baik sebagai pegangan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau hambatan dalam transaksi yang telah dilakukan.

4. PayPal

PayPal - 4 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Mudah Jarak Tak Lagi Jadi Masalah

Kalau untuk cara kirim uang ke luar negeri satu ini, jelas mungkin sudah tidak terlalu asing bagi kamu yang memang sering melakukan transaksi mancanegara. Bagaimana tidak? Tak hanya untuk mengirimkan uang ke luar negeri saja, PayPal juga seringkali digunakan sebagai alat pembayaran dalam mendukung berbagai transaksi, seperti berbelanja online ataupun kepentingan bisnis yang berhubungan dengan mata uang luar negeri.

Untuk bisa melakukan transfer menggunakan Paypal, maka baik kamu dan penerima uang harus memiliki rekening PayPal terlebih dahulu. Caranya sangatlah mudah, yaitu kamu hanya perlu memiliki kartu kredit sebagai alat untuk memverifikasi rekening, agar kedua belah pihak dapat menerima maupun mengirimkan sejumlah uang yang pada nantinya akan masuk ke dalam akun PayPal yang sudah dibuat.

(Baca Juga: Ketentuan Gesek Kartu Kredit untuk Transaksi Luar Negeri)

Dapat dikatakan bahwa pengiriman dana melalui PayPal sangatlah mudah dan cepat. Tak hanya itu, biaya pengiriman yang dibebankan pun terbilang relatif rendah. Bahkan, tanpa perlu ke luar rumah kamu sudah bisa mengirimkan dana hanya dengan bermodalkan gadget saja lho.

Namun, untuk dapat mengirimkan sejumlah uang melalui akun PayPal, kamu juga diharuskan untuk menyimpan sejumlah uang di dalam rekening tersebut. Sementara itu, saat ini belum ada bank lokal di Indonesia yang memiliki fasilitas dalam pengisian saldo PayPal, sehingga kamu akan membutuhkan kartu kredit sebagai alat verifikasinya.

Jadi, sudah terbukti bukan? Bahwa nyatanya hadirnya kartu kredit tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran saja, melainkan juga bisa kamu gunakan untuk mengirimkan dana ke luar negeri dengan mudah dan cepat. Maka dari itu, yuk jangan ragu untuk segera ajukan kartu kreditmu di CekAja.com dan nikmati segudang fasilitasnya.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda