Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

4 Dilema yang Paling Sering Dialami Para Pencari Kerja

by Rafly Aditia on 11 Juli, 2016

Dihadapi sebuah pilihan merupakan hal yang pasti dialami setiap orang. Bahkan, seorang pencari kerja seringkali juga harus memilih dalam berbagai macam situasi dan kondisi yang dilematis.

Untuk para pencari kerja, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Karena ada beberapa pilihan yang harus dibuat ketika ingin terjun ke dunia kerja:

Lamar seluruh pekerjaan VS Fokus melamar satu bidang saja

Bagi para job hunter ada dilema yang harus dilewati yaitu mengirim cv ke banyak perusahaan dengan berbagai posisi atau hanya melamar di bidang tertentu dan beberapa perusahaan yang sesuai dengan kriteria saja.

Biasanya, mengirim cv ke banyak tempat dan berbagai posisi acap kali dilakukan oleh para fresh graduate, dengan harapan ada salah satu yang tertarik dan memberikan respon. Sementara, fokus melamar pada satu bidang saja lebih cenderung dilakukan oleh para pekerja yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya. (Baca juga: 10 Film yang Bakal Menambah Ilmu Bisnis jika Ditonton)

Banyak bercerita saat interview VS Lebih cenderung mendengarkan

Ada dua hal yang bisa kamu pilih ketika sedang melakukan interview. Pertama, banyak bercerita tentang pengalaman, kemampuan dirimu sendiri pada user atau justru lebih memilih banyak mendengarkan dan berbicara ketika ditanya saja atau saat dibutuhkan.

Sebaiknya cobalah untuk lebih cenderung mendengarkan dan tidak banyak bercerita kecuali kamu diminta. Karena, dengan banyak mendengarkan kamu bakal dianggap lebih memiliki etika, tanggung jawab, dan kemampuan untuk memimpin tim.

Memanfaatkan relasi VS Belajar mandiri

Ini dia pilihan lain yang harus dibuat oleh para pencari kerja. Memanfaatkan relasi atau justru belajar mandiri? Tentunya ini adalah pilihan yang lebih berkaitan dengan prinsip dalam menjalani hidup.

Beberapa orang lebih memilih untuk belajar mandiri dan mencari pekerjaan tanpa mengandalkan relasi. Mungkin kamu salah satu di antara orang-orang yang lebih suka interview sana-sini tanpa mengandalkan koneksi.

Walau begitu, sebenarnya sah-sah saja untuk memanfaatkan relasi dalam mencari pekerjaan. Karena, kamu bakal lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan relasi yang dimiliki di sebuah perusahaan. Tetapi ingat, tunjukkan dengan kemampuan bahwa kamu memang layak untuk dipekerjakan. (Baca juga: Beberapa Kecanduan yang Justru Bisa Bikin Kaya)

Menjelaskan tentang tanggung jawab kerja VS Menunjukkan berbagai keahlian

Pilihan lain yang harus dibuat oleh para pencari kerja adalah menjelaskan tentang tanggung jawab kerja atau menunjukkan dan menceritakan berbagai keahlian. Ini merupakan salah satu pilihan yang sering dibuat ketika sedang menghadapi sesi interview atau wawancara kerja.

Sebenarnya, bisa dibilang sesuai kebutuhan dan bidang pekerjaan apa yang dilamar. Misalnya, seperti profesi desain grafis dan sebagainya tentu merupakan harga mati untuk menunjukkan berbagai keahlian bukan?

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.