Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Langkah Jitu Sulap Hobi Jadi Pundi-pundi Rupiah

by Miftahul Khoer on 6 Februari, 2019

Hobi atau kegemaran tak jarang bisa membuat kantong cekak. Nah, daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk mendukung hobi Anda, lebih baik manfaatkan hobi jadi sumber yang menghasilkan uang. Bagaimana caranya?

tour guide _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Hobi main sepak bola, basket, game, menggambar, bersepeda, memasak, dan hobi-hobi lainnya tentu membuat kita merasa senang saat melakukannya. Memang, banyak orang yang rela mengeluarkan koceknya untuk membeli berbagai perlengkapan hobi.

Nah, agar dapat menghasilkan uang dari hobi Anda, coba cara-cara berikut ini: 

Menggali potensi

Anda mungkin mengenal nama Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang sebelumnya Wali Kota Bandung ini pernah menyatakan bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Ya, sejak menjabat menjadi Wali Kota Bandung, Kang Emil begitu ia disapa memang gemar membuat terobosan seperti membangun taman cantik, gedung, dan beberapa infrastruktur yang terkenal di Bandung itu.

Maklum, ia adalah lulusan arsitektur di salah satu kampus ternama di Bandung. Sebelum menjadi wali kota, ia memang dikenal sebagai arsitek ternama yang banyak mengerjakan proyek pembangunan baik di dalam maupun di luar negeri.

Cara menggali potensi seperti Kang Emil tentu bisa Anda lakukan. Anda bisa menggali potensi apa yang ada dalam diri Anda. Jika Anda punya hobi bermain game, maka galilah lebih dalam hobi tersebut. Saat ini, peluang dan potensi mendapatkan uang dari bermain game sangat terbuka lebar.

Begitu pun jika Anda punya hobi memasak. Cukup banyak peluang yang bisa dijadikan ladang penghasilan mulai dari membuka usaha kuliner baik dengan membuka toko fisik atau pun melalui online.

Dengan demikian, apapun hobi yang Anda miliki, kenali dan galilah hingga Anda menemukan bahwa Anda merasa hobi yang dilakukan selama ini pantas menghasilkan uang.

(Baca juga: 8 Hobi Ini Menyenangkan Tapi Perlu Biaya Mahal)

Membuka peluang

Katakanlah Anda sudah mengenali satu hobi yang mungkin akan berpotensi menghasilkan pendapatan. Langkah selanjutnya adalah mencari peluang selebar mungkin dari hobi tersebut. Jika Anda seorang maniak game yang sedang hits misalnya Mobile Legend atau PUBG, maka tidak ada salahnya Anda membuka peluang sebagai gamer profesional.

Jangan salah, seorang gamer profesional bisa menghasilkan uang yang tinggi ketika ada turnamen atau kompetisi game baik skala nasional ataupun internasional. Bahkan bayarannya pun bisa lebih tinggi dari penghasilan karyawan swasta atau pun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cara yang sederhana untuk membuka peluang tersebut misalnya Anda bisa bergabung dengan komunitas atau tim gamer profesional. Setelah Anda bergabung dengan mereka, maka tidak menutup kemungkinan job untuk mengikuti pertandingan game akan banyak mengalir kepada Anda dan pundi-pundi rupiah akan segera membanjiri Anda.

Cek ombak

Dari sekian banyak hobi yang biasa Anda lakukan, fokuslah pada hobi yang Anda yakini bisa mendatangkan uang. Menulis misalnya. Dengan hobi ini, Anda bisa mulai menjadi freelancer atau penulis lepas di beberapa surat kabar atau portal online yang banyak membuka peluang bagi penulis.

Saat ini ada banyak portal yang sanggup membayar bagi para penulis lepas antara lain Babe, UCNews, Mojok, dan banyak lagi portal lain. Anda juga bisa menulis opini untuk surat kabar yang juga siap membayar penulis lepas seperti Kompas, Bisnis Indonesia, Pikiran Rakyat dan banyak lagi.

Jika artikel Anda sudah bisa terbit di portal atau surat kabar, maka tentu mereka akan membayarkan sejumlah uang kepada Anda. Dan tentu saja, hobi Anda tersebut sudah terbukti bisa mendatangkan uang.

(Baca juga: 8 Hobi Ini Menyenangkan Tapi Perlu Biaya Mahal)

Mulai profesional

Langkah berikutnya untuk menciptakan uang dari hobi adalah bersikap profesional. Jika hobi yang selama ini Anda geluti diyakini bisa menjual, maka jangan takut untuk mulai menjadi seorang profesional.

Katakanlah seseorang yang hobi fotografi. Maka ketika Anda meyakini hobi Anda tersebut bakal mendatangkan uang, tidak ada salahnya untuk mulai membuka usaha profesional di bidang jasa fotografi untuk prewedding atau pernikahan.

Anda bisa membuka usaha tersebut baik secara pribadi atau membentuk tim wedding organizer. Dengan begitu, hobi jeprat-jepret Anda akan tersalurkan sekaligus menghasilkan duit.

Manjakan pelanggan

Sepertinya Anda harus mengenal Min-Liang Tan, seorang pria sarjana hukum yang kaya raya dari hobinya bermain game. Forbes mencatat kekayaannya pada tahun lalu mencapai 1 miliar dolar AS. Bukan kaya karena menjadi pengacara, ia malah tajir karena sukses mendirikan Razer, salah satu perusahaan game terbesar di dunia yang sempat menuai untung mencapai Rp7,7 triliun.

Min paham betul bagaimana mengelola hobinya bermain game bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ia memanjakan pecinta game dengan melahirkan Pokemon Go, Candy Crush, Saga hingga Angry Birds. Dan mungkin banyak orang tajir lainnya yang kaya berkat hobi yang mereka lakoni.

Namun, apapun profesinya, jika Anda berencana untuk membangun bisnis dari hobi yang Anda lakoni, mulailah ciptakan pelanggan. Buatlah mereka tergila-gila dengan produk yang Anda ciptakan.

Jika Anda hobi memasak nasi goreng, tak ada salahnya Anda membuka usaha nasi goreng yang paling lezat untuk dicicipi pelanggan Anda. Buatlah para pelanggan Anda ketagihan dan jangan lupa manjakan mereka agar terus menjadi penggemar masakan Anda.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar hobi Anda selama ini bisa menjadi mesin uang. Anda butuh dana tambahan untuk mengembangkan bisnis dari hobi? CekAja.com siap membantu Anda dengan menyediakan aneka jenis kredit. Cek yuk!

 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami