Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

5 Manfaat Solo Traveling untuk Kehidupan Anak Muda

by Rafly Aditia on 30 Januari, 2017

solo traveling - CekAja.com

Solo traveling adalah kegiatan yang sedang digemari banyak anak muda Indonesia. Yup, pergi jalan-jalan ke tempat yang  belum pernah dieksplor sendirian memang sangat menantang, terutama untuk anak muda masa kini.

Bukan hanya seru, ternyata solo traveling memiliki berbagai macam manfaat loh. Berikut 5 manfaat solo traveling bagi kehidupanmu:

Lebih pintar atur uang

Berhubung pergi sendirian, maka segala hal termasuk urusan keuangan diatur sendiri. Mulai dari urusan biaya tiket transportasi, penginapan, hingga konsumsi sehari-hari saat liburan harus kamu atur betul-betul tanpa bantuan orang lain.

Apalagi kalau kamu jalan dengan bujet minim, kemampuanmu untuk menyesuaikan bujet dengan aktivitas liburan akan lebih terasah lagi. Bila sering dilakukan, kamu akan lebih pintar atur uang nantinya.

Punya waktu lebih banyak untuk nikmati liburan

Ketika kamu berpergian bersama teman bisa saja ada perbedaan pendapat dan keinginan soal tujuan wisata. Misalnya saat di Jogja kamu ingin pergi ke Candi Borobudur, Prambanan dan lainnya dalam satu hari penuh. tetapi temanmu lebih memilih wisata belanja seharian, tentu waktu untuk menikmati liburan akan hilang sedikit.

Maka dari itu, solo traveling akan membuat dirimu lebih bisa menikmatu waktu liburan dengan enjoy dan sesuai keinginan. (Baca juga: Daftar Destinasi Wisata Murah Tapi Keren di Yogyakarta)

Widget TRV Insurance

Banyak belajar tentang budaya setempat

Saat solo traveling kamu akan dipaksa oleh kadaan untuk lebih membaru dengan masyarakat setempat. Tentu hal ini adalah hal yang sangat positif karena kamu bisa belajar bagaimana bersosialisasi, lebih toleransi, dan belajar budaya yang berbeda.

Menghilangkan sifat manja

Pastinya kalau kamu solo traveling apalagi dengan konsep backpacker, sifat manja harus dibuang jauh-jauh. Karena kamu menjalankan semuanya serba sendiri tanpa bantuan orang-orang dekat. Untuk itu, solo traveling sangat baik bagimu yang ingin menghilangkan sifat manja dan jadi lebih mandiri.

Biaya bisa lebih murah

Jangan lupa, saat solo traveling biasanya budget yang kamu keluarkan jauh lebih murah. Mengapa bisa? Karena kamu bisa bergabung dengan traveler lainnya di tempat tujuan untuk saling patungan kalau ingin hal-hal tertentu.

Biasanya sesama solo traveler akan sangat senang melakukan hal ini. Karena benar-benar dapat meringankan biaya liburan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.