Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Kawasan Stasiun KRL

by Miftahul Khoer on 22 Januari, 2019

Ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda lakoni jika memiliki rumah atau lahan berdekatan dengan stasiun KRL. Ya, potensi ini sangat menjanjikan seiring jumlah penumpang KRL Commuter Line setiap harinya bisa tembus hingga 1 juta orang.

ngabuburit, event mei 2018, kartu kredit
 
Anda bisa melihat hampir di semua stasiun, warga setempat membuka beragam lapangan usaha karena terbukti peluang bisnis dekat stasiun ini cukup menggiurkan dan mendatangkan cuan. Mau tahu peluang usaha apa saja yang bisa mendatangkan untung menjanjikan di kawasan stasiun KRL? Yuk langsung simak saja.

Kuliner

Usaha kuliner menempati posisi paling atas jika Anda ingin membuka bisnis di dekat stasiun. Usaha kuliner di dekat stasiun KRL memang tidak ada matinya. Anda bisa buktikan sendiri hampir semua kawasan stasiun KRL dipenuhi dengan pusat-pusat usaha kuliner.

Lalu, jenis kuliner apa saja yang paling menjanjikan? Nah, di sini Anda harus jeli dan pandai menangkap peluang. Tidak semua usaha kuliner bisa laris manis diserbu pengunjung yang notabene adalah penumpang KRL. Anda harus melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk membuka usaha kuliner.

Namun, paling tidak ada beberapa jenis usaha kuliner yang bisa Anda lakoni jika Anda memiliki rumah atau lahan di sekitar stasiun atau bahkan menyewa lahan orang untuk dijadikan bisnis. Pertama, jenis kuliner makanan berat. Anda bisa mencoba membuka usaha warung makan. Karena, sebagian penumpang ketika hendak berangkat atau pulang bekerja dipastikan membutuhkan asupan makanan berat.

Kedua, jenis kuliner kekinian. Karakter penumpang sebelum atau setelah memasuki KRL biasanya ingin menikmati makanan ringan yang simpel atau instan. Anda bisa mencoba bisnis kuliner kekinian seperti telor gulung, sosis telor, cireng, atau minuman-minuman kekinian yang sedang hits di kalangan anak muda saat ini.

Ketiga adalah jenis kuliner konvensional yang selama ini masih tetap diburu semacam mi ayam, bakso, batagor, siomay, nasi goreng, dan kuliner-kuliner lainnya.

(Baca juga: 5 Bisnis Sampingan Bermodal Kecil yang Layak Dirintis)

Aksesori

Usaha lain yang bisa dicoba yakni berjualan berbagai macam aksesori mulai dari masker, tisu, gantungan name tag, gelang, kalung, dompet, dan aksesori lainnya yang sekiranya dibutuhkan penumpang.

Anda juga bisa membuka usaha yang berkaitan dengan ponsel seperti pulsa, kuota, casing handphone, headset, powerbank, hingga charger. Saat ini, semakin banyak pengguna ponsel pintar maka semakin banyak pula yang membutuhkan aksesori handphone. Jadi, Anda bisa mencoba menangkap peluang tersebut.

Penitipan motor

Bagi Anda yang punya rumah dekat stasiun dan kebetulan memiliki lahan cukup luas untuk parkir motor, ada baiknya Anda manfaatkan untuk digunakan membuka jasa penitipan motor. Bisnis yang tidak terlalu banyak mengeluarkan modal besar ini lumayan menggiurkan lho.

Bayangkan saja, jika per motornya ditarif Rp5.000 per 12 jam, dikali 20 motor saja misalnya, maka setiap harinya Anda akan mendapatkan uang jasa penitipan motor sebesar Rp100.000. Apalagi jika lokasi parkirnya lebih luas atau bisa menampung hingga ratusan motor, berapa banyak uang yang Anda dapatkan dari jasa titip motor ini? Cukup menggiurkan bukan?

(Baca juga: Pernah Dianggap Mustahil, Ini 5 Bisnis di Kampung yang Menjanjikan)

Indekos

Salah satu sumber penghasilan pasif yang bisa dimiliki seseorang adalah bisnis indekos. Membuka usaha jenis ini memang harus mengeluarkan modal besar di awal. Namun, setelah indekos selesai dibangun, Anda tinggal menikmati saja hasilnya. Apalagi lokasinya berada di dekat stasiun KRL, indekos yang Anda bangun pun akan lebih mudah mendapatkan penyewa. 

Mengapa demikian? Karena saat ini sebagian besar orang yang bekerja di Jakarta banyak yang mencari tempat hunian di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pertimbangannya, harga sewa indekos di pinggiran Jakarta relatif lebih murah ketimbang di Jakarta. Jadi, mereka kemudian mencari hunian yang dekat dengan stasiun KRL untuk memudahkan mobilitas. 

Minimarket

Peluang bisnis yang menggiurkan lainnya adalah membuka usaha minimarket. Seperti diketahui, hampir semua minimarket yang berada di sekitar stasiun tampak ramai oleh pengunjung yang notabene adalah penumpang KRL.

Para penumpang ini biasanya agak sungkan belanja kebutuhan langsung ke warung-warung konvensional. Selain karena mereka bebas mengambil sendiri barang yang dibeli, belanja di minimarket terasa lebih nyaman ketimbang belanja di warung konvensional. Meski mereka harus rela merogoh kocek lebih besar karena harga barang di minimarket jauh lebih tinggi dibandingkan warung biasa, minimarket tetap ramai. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki rumah atau lahan di dekat stasiun, bisa segera memanfaatkannya untuk berbisnis. Jika Anda tertarik, kelima peluang bisnis di atas patut dicoba. Berani?

Jika Anda membutuhkan tambahan modal, CekAja.com siap membantu Anda. Ajukan kredit secara online dengan mudah melalui CekAja.com untuk mewujudkan impian Anda memiliki bisnis.

 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami