Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

5 Tempat Terbaik Wisata Kuliner Enak dan Murah di Banjarmasin yang Wajib Kamu Kunjungi

by Kyla Damasha on 25 Oktober, 2019

Ketika tengah berlibur ke suatu wilayah tertentu, pasti kamu tidak hanya menghabiskan waktu untuk berkunjung ke destinasi wisata saja, bukan? Mengeksplorasi aneka ragam makanan khas di wilayah tersebut juga sering kali menjadi agenda yang wajib dilakukan.

Tidak hanya makanan khas saja, mengetahui tempat wisata kuliner enak dan murah di lokasi yang tengah kamu kunjungi perlu guna meminimalisir pengeluaranmu selama perjalanan liburan.

Nah, diantara banyaknya provinsi yang ada di Indonesia, kali ini kita akan membahas mengenai Banjarmasin yang merupakan salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan.

Apakah kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke Banjarmasin? Yuk ketahui dulu 5 tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin yang bisa dijadikan pilihanmu dan keluarga.

Tetapi sebelum itu, kita akan membahas mengenai jenis-jenis makanan enak yang wajib kamu cicipi selama di Banjarmasin. Apa sajakah itu?

Jenis Wisata Kuliner Enak di Banjarmasin yang Wajib Dicicipi
1. Soto Banjar

Salah satu wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin yang wajib kamu kunjungi yaitu Soto Banjar. Begitu terkenalnya jenis kuliner satu ini, dapat dipastikan kamu bisa menemukan banyak pedagang ataupun rumah makan yang menjual soto Banjar di sepanjang jalanan di Banjarmasin.

Kaya akan rempah-rempah, kelezatan dari soto Banjar memang tiada duanya. Dengan dihiasi taburan telur asin, ayam suwir, serta kombinasi lontong yang terdapat di dalam soto ini dapat dipastikan akan membuat siapapun ingin mencobanya.

2. Ketupat Kandangan

Wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin selanjutnya yaitu ketupat kandangan. Sesuai dengan namanya, jenis kuliner satu ini memang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan.

Layaknya ketupat pada umumnya, bahan yang digunakan untuk membuat ketupat ini adalah beras biasa. Namun yang membedakan ialah jenis ikan dan kuah yang menjadi pelengkap.

(Baca juga: Cobain 6 Wisata Kuliner Enak Berharga Murah di Pantai Losari Makassar)

Ikan yang digunakan ialah ikan gabus yang dipanggang dan dimasak dengan kuah santan bewarna kuning. Sedangkan untuk rempah-rempahnya menggunakan kayu manis, cengkih, dan kapulaga.

Rasanya yang gurih dan lezat sangat cocok apabila disantap sebagai menu sarapan maupun makan siang.

3. Bubur Bayaak

Kemudian ada bubur Bayaak yang menjadi salah satu wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin yang wajib dicoba. Apabila di daerah lain terdapat bubur sumsum, bubur candil ataupun bubur kacang hijau, maka di Banjarmasin ada bubur Bayaak.

Jenis kuliner satu ini merupakan bubur tradisional Banjarmasin yang memiliki tampilan cokelat dengan cita rasa yang manis. Terbuat dari tepung beras, gandum, dan campuran air, kamu akan merasakan tekstur kental dengan butiran-butiran tepung di dalamnya.

4. Sate Tulang

Pernah mendengar tentang sate tulang? Mungkin untuk sebagian orang jenis kuliner ini masih terdengar cukup asing. Tetapi, apabila kamu tengah berkunjung ke Kalimantan Selatan, rasanya tidak lengkap apabila kamu tidak mencicipi salah satu wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin ini.

Perlu diketahui bahwa meskipun diberi nama sate tulang, sebenarnya sate ini tidak sepenuhnya terdiri dari tulang lho. Karena sate tulang di Banjarmasin terbuat dari kulit ayam, lemak ayam yang digiling, ataupun leher ayam. Bumbu yang digunakan cenderung pedas manis namun sangat cocok dinikmati bersamaan dengan soto Banjar.

5. Nasi Itik Gambut

Satu lagi wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin yang wajib dicoba yaitu Nasi Itik Gambut. Salah satu kuliner khas ini memiliki karakteristik tersendiri karena bumbu itiknya yang banyak hingga masuk ke dalam daging.

Memiliki bumbu dasar balado membuat nasi itik gambut akan bercita rasa manis. Namun, apabila ingin membuatnya sedikit lebih pedas, kamu bisa menambahkan beberapa sendok sambal ketika ingin menyantapnya.

Jika ingin wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin, cari saja Nasi Itik Gambut yang bisa kamu temui di sepanjang jalanan Banjarmasin. Bahkan tak jarang banyak pedagang yang menjual jenis kuliner satu ini dengan harga miring lho, mulai dari Rp13.000 hingga Rp20.000 saja.

Tempat Wisata Kuliner Enak dan Murah di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Setelah mengetahui beberapa makanan khas yang terdapat di Banjarmasin, maka selanjutnya yaitu mengetahui tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin yang bisa dijadikan pilihan.

1. Rumah Sambal Acan Raja Banjar

Nah, bagi yang gemar dengan makanan pedas, Rumah Sambal Acan Raja Banjar bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin. Cukup popular di kalangan masyarakat Banjarmasin itu sendiri, rumah makan ini menyajikan aneka ragam menu khas Banjarmasin yang disajikan dengan sambal acan.

Menu yang menjadi andalah adalah ikan bakar haruan, papuyu, dan patin. Namun, rumah makan ini juga menyajikan aneka ragam hidangan lainnya seperti berbagai jenis olahan sayur, mandai, gangan nangka, dan haliling.

Cita rasa yang begitu khas dan enak membuat wisatawan wajib datang ke salah satu tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin ini.

Terletak di Jl. RE Martadinata No. 3-1, Telawang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kamu bisa dengan puasnya menikmati sambal acan yang khas dari kota Banjarmasin.

Tidak hanya itu saja, uniknya sambal ini tidak akan terasa pedas di awal, namun akan terasa belakangan. Kamu bahkan bisa membawanya sebagai oleh-oleh hanya dengan merogoh kocek Rp15.000 saja.

2. Soto Bang Amat

Ingin mencicipi salah satu soto Banjar terenak di Banjarmasin, maka datanglah ke Rumah Makan Soto Bang Amat. Menjadi salah satu tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin, soto bank Amat juga dikenal dengan citarasa yang begitu enak dan kuah yang kaya akan rempah-rempah.

(Baca juga: 5 Wisata Kuliner Enak dan Murah di Surabaya yang Nikmat Disantap Malam Hari)

Disertai dengan taburan telur asin, ayam suwir, dan kombinasi lontong, soto Banjar di sini akan membuat para wisatawan penasaran ingin mencoba jenis kuliner satu ini.

Tidak hanya itu saja, pemandangan sungai Martapura yang begitu indahnya juga bisa kamu nikmati sembari menyantap hidangan di warung soto Bang Amat. Sangat cocok apabila ingin memiliki quality time bersama keluarga.

3. Ketupat Kandang Warung Kaum

Ketupat Kandangan yang sangat cocok disantap untuk sarapan ini bisa kamu nikmati di rumah makan Ketupat Kandangan Warung Kaum. Tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin satu ini menyajikan hidangan ketupat kandangan yang disajikan bersamaan dengan ikan gabus panggang, telur dan sate yang sangat menggunggah selera para wisatawan.

4. Waroeng Pondok Bahari

Ingin menikmati makan siang ataupun makan malam bersama keluarga, maka datang saja ke Waroeng Pondok Bahari. Tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin satu ini menyediakan aneka ragam makanan khas Banjarmasin yang bisa kamu coba, mulai dari soto Banjar, ketupat haruan, sop buntut, ikan patin dan masih banyak lagi.

Tempatnya yang bersih dan nyaman, Waroeng Pondok Bahari juga menyediakan kelezatan dan kenikmatan yang tiada duanya dari menu-menu yang mereka sajikan.

5. Nasi Itik Gambut Tenda Biru

Salah satu tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Nasi Itik Gambut Tenda Biru memiliki daya tarik tersendiri karena bumbu yang begitu meresap hingga ke dalam daging.

Jika ingin mencicipi nasi itik gambut yang disajikan oleh rumah makan Tenda Biru, kamu bisa datang ke Jl. A. Yani KM 14, Malintang Baru, Gambut, Kayu Bawang, Banjar, Kalimantan Selatan hanya dengan kisaran harga mulai dari Rp15.000-an saja.

Sekarang, kamu sudah tidak perlu lagi bingung mencari kuliner di Banjarmasin, karena beberapa tempat wisata kuliner enak dan murah di Banjarmasin ini bisa dijadikan sebagai pilihan.

Gimana? Tertarik untuk segera meluncur ke Banjarmasin? Jangan lupa lindungi diri kamu dan keluarga dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com ya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda