Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Tips Hemat Belanja Bahan Pokok

by Sindhi Aderianti on 31 Oktober, 2018

Salah satu tugas yang cukup menantang untuk menjadi ibu rumah tangga adalah bagaimana caranya bisa hemat belanja bahan pokok di setiap bulan. Apalagi jika harga bahan pokok kebetulan mulai merangkak naik. Nah, simak lima tips hemat belanja bahan pokok.

harga bahan pokok_kartu kredit - CekAja.com

Jika dulu dengan Rp50 ribu Anda sudah bisa membeli bahan-bahan lengkap seperti telur, daging ayam, sayuran, tempe/tahu, dan bumbu masak lainnya. Tapi sekarang? tentu mustahil. Namun di sisi lain, Anda juga tidak mungkin selalu beli makanan jadi.

Karena kebiasaan tersebut cenderung lebih menguras kantong. Tapi jangan putus asa! Berikut ini CekAja bagikan beberapa tips hemat belanja bahan pokok yang paling efisien.

(Baca juga: Coret Makanan Ini dari Daftar Belanja Bulanan Kamu Kalau Tidak Mau Terkena Diabetes)
1. Belanja di pasar tradisional

Tips hemat belanja bahan pokok yang pertama, kunjungilah pasar tradisional. Buang jauh-jauh gengsi demi mengirit pengeluaran. Di samping tentunya murah, kelengkapan bumbu dan bahan masakan juga secara umum lebih fresh.

Bedanya lagi, pasar tradisional tidak mengenakan Anda biaya pajak sama sekali. Interaksi yang terjadi pun cukup menarik seperti saling tawar menawar hingga memperoleh harga sesuai keinginan.

Jika kendala yang di rasa selama ini terletak pada tempat yang kurang nyaman, tenang. Meskipun kesan kumuh pada pasar tradisional memang masih ada, namun saat ini sudah banyak pasar tradisional yang dikelola dengan baik, sehingga menjadi bersih dan rapi.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

2. Catat list barang belanjaan

Sebelum pergi, buat terlebih dahulu list barang yang kiranya akan dibelanjakan. Lalu sertakan pula masing-masing kuantitasnya.

Cukup beli kebutuhan yang sekiranya memang dibutuhkan dalam jangka waktu sebulan. Usahakan untuk tidak tergoda dengan diskon pada barang yang belum tentu terpakai, terutama bahan pangan yang tidak dapat bertahan lama.

Jangan malu untuk sedikit cerewet mencari tahu selisih harga barang produk sejenis. Memang, ada ungkapan “ada harga, ada rupa”. Tapi bila kamu jeli, kamu bisa saja mendapatkan barang dengan kualitas bagus tetapi harganya miring.

Kalau selisihnya lumayan, Anda bisa berhemat lebih banyak. Membekali diri dengan list seperti itu juga mengurangi risiko Anda melakukan impulsive buying atau belanja karena ‘lapar mata’.

(Baca juga: Kiat Belanja Hemat di IKEA, Cek di Sini!)
3. Bawa uang secukupnya

Kalau sudah tahu akan membeli apa saja, hitung dengan baik semuanya dan bawa uang sesuai jumlah perkiraan tersebut. Poin ini penting untuk membantu kurangi risiko berbelanja melebihi kebutuhan.

Batasi kelebihan uang yang Anda bawa maksimal 10 persen dari total uang jatah belanja. Jika terpaksa meggunakan kartu kredit di swalayan, prinsip yang sama juga harus diberlakukan. Taati daftar belanjaan yang telah Anda susun. Sebisa mungkin tidak ada yang boleh melebihi pengeluaran seharusnya.

(Baca juga: Agar Kantong Tak Jebol Saat Belanja Kebutuhan Natal)
4. Membeli private label

Selanjutnya, tips hemat belanja bahan pokok lain yang bisa Anda terapkan adalah membeli private label. Apa itu private label? Beberapa swalayan umumnya sudah memiliki private label alias produk-produk yang dibuat dengan brand mereka sendiri.

Private label harganya lebih murah karena hanya dijual di sana sehingga tidak membebankan biaya promosi di harga. Adapun dari sisi kualitas, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan barang yang sudah bermerek. Perbedaan harga barang private label dengan barang bermerek tak tanggung-tanggung, bisa mencapai 20 persen.

Banner CekAja

5. Rajin cari promo

Tips hemat belanja bahan pokok yang terakhir, rajin-rajin cari promo. Pada periode tertentu seperti hari Jumat-Sabtu-Minggu, banyak swalayan yang memberi promo khusus.

Kalau Anda menemukan promo tersebut, langsung belanjakan dalam jumlah banyak. Tujuannya sebagai stok jangka panjang. Pun, belum tentu promo pada barang yang Anda inginkan terus ada sampai bulan depan. Jadi kesempatan tersebut jangan sampai Anda lewatkan. 

Selain itu, setiap orang perlu menyiasati gaya berbelanjanya. Agar saat kebutuhan pokok naik, Anda tetap bisa membiayai kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa mengalami over budget.

Maka itu kelima tips hemat belanja bahan pokok di atas tak ada salahnya jika Anda coba praktikkan mulai bulan ini. Selain itu, bisa juga dengan mencari sumber pemasukan baru agar tidak hanya mengandalkan uang bulanan saja. Belanja hemat, hidup pun tenang!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami