Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Usaha Rumahan Kreatif Minim Modal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

by Rafly Aditia on 19 Januari, 2016

modal bisnis _ KTA - CekAja.com

Memiliki bisnis sendiri adalah keinginan semua orang. Tetapi sering sekali keinginan untuk berbisnis harus terbentur dengan berbagai macam hal mulai dari modal, ide bisnis hingga keterbatasan waktu. Berikut adalah usaha rumahan kreatif yang bisa dilakukan walau kamu statusnya masih mahasiswa.

Apalagi untuk kamu yang masih mahasiswa, permasalahan modal dan keterbatasan waktu karena harus berpacu dengan kuliah dan tugas-tugas sering sekali menjadi hambatan untuk mengembangkan bisnis. Tapi, jangan pusing apalagi sampai putus asa memikirkan bisnis apa yang bisa dikembangkan dengan modal dan waktu yang minim. Berikut ini ada 5 daftar usaha kreatif minim modal yang bisa dikerjakan mahasiswa:

(Baca juga: Inilah Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk UKM)

Jual desain

Untuk yang mengambil kuliah jurusan desain grafis, atau punya bakat mendesain, kenapa tidak memanfaatkan keahlian dan pengetahuanmu tersebut untuk menjadi bisnis yang oke  punya.

Yang dibutuhkan untuk memulai bisnis usaha rumahan ini hanyalah laptop atau komputer serta kreatifitas sebagai seorang desainer. Kamu bisa memasarkan jasa membuat desain logo dan sebagainya lewat sosial media atau lewat teman-teman di kampus.

(Baca juga: Tip Jitu Pilih Investasi yang Tahan Krisis Ekonomi)

Buka kelas olahraga

Sementara bagi kamu yang mengambil bidang olahraga, kenapa tidak coba aplikasikan pengetahuan dalam praktek yang nyata sekaligus mendulang uang dengan cara membuka kelas olahraga. Untuk yang jago aerobik atau senam bisa membuka kelas umum.

Target pasarnya luas lho mulai dari remaja hingga ibu-ibu perumahan. Modalnya? Cukup gerakan aerobik atau senam plus tape dan MP3 yang berisikan lagu-lagu enerjik. Sementara untuk tempat bisa gunakan lapangan atau tempat pertemuan RT/RW.

Pre-order kaos online

Lagi-lagi untuk yang kuliah di bidang desain grafis. Ilmu pengetahuan serta keterampilan yang kamu miliki itu bisa diolah menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan. Kamu bisa membuka bisnis pre order kaos online dengan keahlian desainmu.

Cukup buat beberapa desain, mulai dari desain bertemakan band, lingkungan atau olahraga. Untuk menghgemat biaya lakukan penjualan dengan sistem pre order yang artinya pembeli membayar terlebih dahulu barulah barang atau kaos dibuat.

Ini merupakan salah satu bentuk bisnis yang paling menguntungkan bagi kamu yang tidak memiliki uang untuk dijadikan modal dalam bisnis.

Lukis dan cat sepatu

Berbekal ketelitian, keterampilan melukis, dan beberapa stok cat khusus kamu bisa mulai untuk menjalankan usaha rumahan berupa bisnis lukis dan cat sepatu yang sedang sangat hype akhir-akhir ini. Yup, bisa dibilang ini merupakan bisnis yang memiliki potensi besar bagi para mahasiswa.

Mengapa demikian? Karena selain tidak membutuhkan modal yang banyak, target pasar dari bisnis ini kebanyakan dari kalangan mahasiswa. So, kamu bisa memasarkan bisnis dengan mudah yaitu bisa melalui teman-teman kampus dan pastinya lewat jejaring sosial media.

(Baca juga: Modal 4 Juta, Mahasiswa Ini Punya Bisnis dengan Omset Puluhan Juta)

Lembaga les privat

Terakhir, bisnis yang minim modal dan sesuai untuk mahasiswa adalah membuka lembaga les privat. Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat tepat bagi mahasiswa kependidikan.

Berbekal banyak teman yang memiliki keterampilan mengajar karena kuliah di bidang kependidikan, kamu cukup mengandalkan sosial media dan pesan berantai yang mengiklankan layanan jasa les privat kepada anak-anak sekolah. Bisnis ini bahkan bisa menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

Pengen bisnis gak punya modal? Ajukan pinjaman KTA dengan mudah disini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.