Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

6 Langkah Cerdas Ajukan Kredit Kendaraan Bermotor

by JTO on 29 September, 2014

Saat ini, mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang bukan hanya sekedar menjadi gaya hidup, namun juga menjadi sebuah kebutuhan dalam beraktivitas. Kredit kendaraan bermotor pun menjadi solusi bagi banyak orang untuk memiliki mobil. Baik kredit kendaraan baru ataupun kredit kendaraan bekas.

Cicilan ringan, syarat mudah, tenor yang bisa dipilih, merupakan beberapa keunggulan yang sering ditawarkan oleh lembaga penjamin kredit kendaraan bermotor. Walau banyak kemudahan yang ditawarkan, namun ada beberapa langkah penting yang layak dipertimbangkan dalam memilih kredit mobil terbaik. Apa saja?

Pilih Bank atau Leasing

Tersedia dua lembaga yang menyediakan kredit kendaraan bermotor, yaitu perbankan dan lembaga pembiayaan (leasing). Anda bebas mengajukan kredit kendaraan diantara pada dua lembaga ini. Saat ini, banyak bank yang menyediakan kredit pemilikan mobil (KPM).

Perbedaan antara dua lembaga ini adalah, proses leasing biasanya relatif lebih cepat ketimbang bank karena prosedur kredit yang cenderung lunak dibanding bank. (Baca juga: Beli Mobil Baru, Pilih Kredit Konvensional atau Kredit Syariah?)

Syarat yang dikenakan pada leasing juga umumnya lebih lunak. Namun, bunga yang diterapkan pada bank cenderung lebih rendah. Bahkan, karena kemudahaannya, leasing juga biasanya ada beberapa biaya-biaya administrasi yang wajib Anda tanyakan.

Sesuaikan Kebutuhan

Kendaraan apa yang Anda ingin beli? Jangan hanya sekedar ingin gaya, namun kendaraan yang Anda beli malah mahal dan Anda terjebak karena alasan gaya hidup. Sebab, saat ini banyak orang yang memilih mobil bukan dari segi manfaat atau kebutuhannya akan mobil tersebut, namun lebih karena sekedar gengsi. Hal ini dapat membuat mobil pilihan Anda justru kehilangan manfaat dan membebani hidup Anda.  (Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Kredit Kendaraan Bermotor?)

Cari Harga Ideal

Jika Anda telah memutuskan jenis mobil yang inginkan (butuhkan), lakukan survei terhadap harga mobil tersebut hingga Anda memperoleh penawaran paling ideal. Cobalah lakukan perbandingan kredit kendaraan bermotor yang sesuai dan memiliki banyak benefit bagi Anda. Cara mudahnya adalah dengan menggali informasi dan bandingkan terlebih dahulu secara online.

Hitung Uang Muka dan Angsuran

Sebelum akad kredit dilakukan, tentukan terlebih dahulu berapa besarnya uang muka yang sanggup Anda bayar. Sebab, sesuai Surat edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), down payment (uang muka) kini dikenakan minimal 30 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat nonproduktif.

Pilih Suku Bunga Terbaik

Ada beberapa hal yang wajib dipelajari mengenai suku bunga kredit yang ada di pasaran, baik dari sektor perbankan maupun lembaga pembiayaan. (Baca: Suku Bunga Dasar Kredit). Pilih lembaga yang bisa memberikan suku bunga terbaik untuk kredit kendaraan yang ditawarkan.

Tentukan Asuransi

Pada saat Anda mengambil kredit mobil, lazimnya juga akan mengenal asuransi yang menyertainya.Untuk hal ini, ada 2 jenis asuransi kendaraan yang umumnya ditawarkan, All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Sudah punya pilihan kendaraan dan ingin bandingkan kredit yang sesuai, coba di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.