6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

7 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Kulkas menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang dibutuhkan untuk menyimpan bahan makanan. Makanya, membeli kulkas tidak boleh asal-asalan agar lemari pendingin ini tetap bisa digunakan dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa rekomendasi merek kulkas murah terbaik yang juga hemat listrik.

6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Tips Membeli Kulkas Murah Terbaik yang Sesuai Kebutuhan

Setiap orang tentunya pengin membeli kulkas dengan harga murah namun kualitasnya di atas rata-rata. Tapi, realitanya membeli kulkas bisa saja sulit karena banyaknya produk kulkas dari berbagai merek yang kini masuk ke pasar Indonesia.

Oleh karena itu, kamu sebagai calon pembeli mesti pintar dalam memilih kulkas murah terbaik, yang pastinya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai nantinya, kamu justru merugi karena salah memilih produk.

Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut CekAja bagikan sederet tips membeli kulkas murah terbaik khusus buat kamu.

  • Kualitas

Hal pertama yang mesti kamu perhatikan saat tengah mencari kulkas murah terbaik adalah kualitas dari produk tersebut. Soalnya percuma saja kalau kamu bsia mendapatkan kulkas dengan desain bagus dan harga terjangkau, tapi memiliki kualitas abal-abal.

Makanya sebelum membeli, kamu harus memperhatikan beberapa bagian dari kulkas tersebut supaya dapat memperkirakan kualitasnya. Mulai dari perhatikan engsel pintunya apakah mudah rusak atau tidak, cek bagian kaki penopang kulkas, hingga perhatikan pintu kulkas dapat menutup sangat rapat atau justru renggang.

  • Kapasitas Ruang

Setelah mengecek bagian luarnya, sekarang mari beralih ke kapasitas ruang dalam kulkas tersebut. Idealnya pilihlah kulkas yang memiliki kapasitas ruang yang cukup besar minimal 150-450 liter.

Sehingga dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai bahan makanan maupun minuman. Terlebih, kalau semakin lama semakin meningkat kebutuhan, jadi enggak perlu lagi kamu repot mengeluarkan uang untuk membeli sebuah kulkas baru.

  • Desain

Kalau yang satu ini sih memang sudah menjadi standar pembelian dalam menentukan kulkas murah terbaik. Khususnya ibu-ibu nih biasanya pasti akan melihat desain dari merek kulkas tersebut sebelum dia menentukan pilihan.

Tapi yang perlu diingat, jangan pernah kamu tergoda hanya dari desainnya yang bagus saja, tapi kualitas jauh dari rata-rata.

Maka dari itu, usahakan membeli kulkas yang memiliki desain maupun kualitas terbaik. Untung-untung jika kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah, benar benar aji mumpung loh!

(Baca Juga: 5 Merek AC Terlaris di Indonesia)

  • Teknologi Pendingin

Tiap merek kulkas murah terbaik pasti sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin. Cuma yang membedakannya hanya pada label berupa gambar bintang yang biasanya tertera pada bagian kanan atas kulkas.

Ada kulkas yang berlabel 3 bintang (maksimal -150 derajat Celsius), ada pula kulkas dengan label bintang 5 yang umumnya memiliki kemampuan pendingin maksimum -210 derajat Celsius.

  • Fitur Hemat Listrik

Saat ini telah tersedia banyak sekali merek kulkas murah terbaik dengan fitur hemat listrik. Produk seperti ini kian digemari oleh masyarakat Indonesia, karena dianggap tak perlu lagi membayar tagihan listrik dalam jumlah besar. Apalagi seperti yang kita tahu, kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang harus tetap menyala selama 24 jam penuh.

Rekomendasi Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik

Berikut 6 merek kulkas murah terbaik yang paling direkomendasikan di 2020 khusus untuk kamu:

1. Panasonic NR-BB251G

Panasonic NR-BB251G - 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Kisaran Harga: Rp 6.500.000

Rekomendasi pertama dari merek kulkas murah terbaik datang dari Panasonic yakni seri NR-BB251G. Lemari pendingin dengan klaim “smart is the new beauty” ini telah dilengkapi teknologi Prime Fresh, yang membuat makanan bakal tetap segar selama kurang lebih satu minggu pada suhu di bawah 3 derajat Celsius.

Tak hanya itu saja, kulkas seri ‘Bright & Beauty’ ini juga menggunakan 3 jenis sensor ECONAVI untuk mendeteksi kondisi penggunaan dan mikroprosesor menganalisisnya.

Sehingga, kompresor seperti INVERTER dapat menyesuaikan sistem kerja pada frekuensi perputaran motornya untuk bantu mengoptimalkan kinerja pendinginan dan jadi lebih hemat energi.

Panasonic NR-BB251G juga menggunakan Ag Clean Filter, yakni filter dengan dukungan anti bakterial yang bantu membersihkan jamur maupun bakteri penyebab bau tak sedap dalam lemari es.

2. AQUA AQR-405IG (BK)

AQUA AQR-405IG BK - 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Kisaran Harga: Rp 5.800.000

Merek kulkas murah terbaik berikutnya datang dari AQUA Japan, yakni seri AQR-405IG (BK). Kulkas dua pintu dengan kapasitas 312 liter ini dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik, yang membuatnya menjadi produk unggulan dan terbaru dari produsen Aqua Japan. Berikut diantaranya:

  • Magic Room: Kompartemen terpisah untuk pengaturan suhu yang variatif, mulai dari 5 derajat Celsius hingga 18 derajat Celsius, sehingga kesegaran bahan makanan maupun minuman tetap terjaga dengan baik.
  • Twin Inverter: Fitur yang membuat kecepatan pendinginan lebih optimal dan membuat listrik tetap stabil, sehingga menjadi lebih irit.
  • DEO Fresh & HCS: Fitur tambahan untuk mempertahankan kesegaran makanan dan menyerap aroma tidak sedap. Sehingga kelembapan pada bahan makanan tetap terjaga dan terbebas dari jamur maupun bakteri.
  • Digital Temperature Control: Kontrol dengan layar sentuh dan tampilan LED yang membuat penggunanya dapat mengatur suhu dalam kulkas secara otomatis.
  • 360o Air Flow: Fitur yang dibuat khusus untuk menyalurkan udara dingin secara merata lewat sistem pendinginan melingkar dengan tampilan saluran udara yang tersembunyi rapi.
  • Glass Door dan Hidden Handle: Fitur yang disematkan pada seri terbaru ini bakal membuat kulkas terlihat lebih elegan sehingga dapur menjadi lebih cantik dan tertata.

3. LG GN-B200SQBK

LG GN-B200SQBK - 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Kisaran Harga: Rp 3.500.000

Pilihan kulkas murah terbaik berikutnya adalah LG GN-B200SQBK. Kulkas keluaran LG Group yang merupakan perusahaan perangkat elektronik asal Korea Selatan ini merupakan kulkas dua pintu dengan kapasitas 209 liter.

Kualitasnya enggak perlu diragukan lagi, karena seri GN ini juga telah dilengkapi fitur Most Balance Crisper, yang mampu mengoptimalkan kelembapan dari makanan dengan membentuk molekul-molekul untuk menjaga keseimbangan embun dalam kulkas.

Kemudian hadir pula fitur Multi Air Flow yang menjadi penunjang dari fitur Most Balance Crisper, di mana fitur ini memungkinkan setiap sudut lemari es mendapatkan pasokan udara pendinginan secara merata.

Jika berbicara mengenai penyimpanannya, LG GN-B200SQBK ini memiliki ruang penyimpanan cukup besar sekitar 15,9 liter yang dapat digunakan sebagai kotak sayuran dan buah.

Selain itu, kalau dilihat dari kompresornya, lemari pendingin dua pintu ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih bernama ‘Smart Inverter Compressor’ yang sangat hemat listrik bahkan pada tingkat lebih tinggi. Unggulnya lagi, kompresor ini juga memiliki masa garansi cukup lama yakni 10 tahun.

(Baca Juga: Ini Manfaat dan Jenis Asuransi Elektronik)

4. Polytron New Belleza Series

Polytron New Belleza Series - 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Kisaran Harga: Rp 1.800.000

Beralih dari merek LG, berikutnya ada Polytron New Belleza Series yang termasuk dalam rekomendasi kulkas murah terbaik dengan harga dibawah Rp3 juta. Lemari pendingin satu pintu ini hadir dengan bahan tempered glass door, yang membuatnya lebih kuat 5 kali lipat dari pintu kulkas biasa.

Selain itu, New Belleza Series ini juga dilengkapi dengan tempered glass rack, rak berdesain elegan yang terbuat dari material kaca, dengan keunggulan mampu menahan beban sampai 160 kg dan dapat diatur maupun dipindahkan sesuai kebutuhan kamu.

Tak cuma memiliki desain yang bagus saja, kulkas keluaran Polytron ini juga sudah dilengkapi LED Lightning yang tentunya hemat energi dan membuat interior kulkas menjadi lebih terang serta bebas merkuri.

5. Toshiba GR-WG66ED

Toshiba GR-WG66ED - 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Kisaran Harga: Rp 3.900.000

Sebagai merek besar, Toshiba menghadirkan berbagai pilihan kulkas murah terbaik yang mana salah satunya adalah Toshiba GR-WG66ED. Seri ini menggunakan material kaca pada bagian sisi pintu kulkasnya, sehingga lebih tahan terhadap bantingan.

Total kapasitas ruangnya pun cukup besar yakni 608 liter, dengan alokasi kapasitas ruang pendingin sebesar 163 liter dan sisanya 445 liter untuk penyimpanan seperti sayur, buah dan bahan makanan lainnya.

6. Mitsubishi MR-FV32J

Mitsubishi MR-FV32J - 6 Merek Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik Paling Recommended di 2020

Kisaran Harga: Rp 4.150.000

Rekomendasi merek kulkas murah terbaik di 2020 yang terakhir adalah Mitsubishi MR-FV32J. Kulkas dua pintu yang tersedia dalam dua pilihan warna, Onyx Black dan Silver ini memiliki total kapasitas sebesar 251 liter.

Tak tanggung-tanggung, seri MR dari Mitsubishi ini diklaim memiliki penyimpanan super besar untuk menjaga bahan makanan seperti sayuran dan buah agar tetap segar dan lembab. Tidak hanya itu saja, kulkas ini juga punya beberapa keunggulan lainnya dari segi fitur.

Mulai dari fitur two bright LED lights yang disematkan di seluruh sisi lemari pendingin dan pastinya hemat energi, hingga fitur active carbon deodorizer yang membuat udara dalam kulkas tetap segar dan bebas dari bakteri akibat aroma tak sedap yang biasanya ada di makanan.

Beli Kulkas dengan Kartu Kredit? Kenapa Tidak!

Itu tadi beberapa merek kulkas murah terbaik dan hemat listrik yang paling direkomendasikan di 2020 ini. Nah, biar pembeliannya makin hemat nih kamu bisa memanfaatkan promo kartu kredit yang biasanya hadir untuk memudahkan masyarakat dalam membeli barang elektronik seperti kulkas.

Dengan begitu, kamu bakal tetap hemat karena fasilitas beli sekarang bayar nanti yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Belum punya kartu kredit? Ajukan saja di CekAja.com yang menyediakan berbagai pilihan produk kartu kredit dari bank ternama seperti BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri, dan masih banyak lagi. Masih bingung akan pilihannya? Tak masalah!

Soalnya lewat CekAja juga kamu bisa mengajukan perbandingan terlebih dahulu mana sekiranya produk kartu kredit yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Sehingga nantinya kartu kredit tersebut dapat kamu gunakan buat membeli berbagai keperluan rumah tangga, salah satunya kulkas.

Yuk, ajukan kartu kredit dari CekAja.com sekarang juga dan dapatkan berbagai penwidgawaran menarik khusus untuk kamu.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri