Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga yang Miliki Prospek Kerja Tinggi

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 November, 2019

Seperti yang kita tahu, prospek kerja di bidang niaga atau bisnis, memang sangat luas dan juga beragam, tak terkecuali untuk para mahasiswa lulusan Jurusan Administrasi Niaga. Pasalnya, lulusan Jurusan Administrasi Niaga tentunya akan memiliki keahlian seperti mampu merumuskan, menganalisa, hingga merancang solusi, terkait permasalahan di dunia bisnis. Maka tak heran jika prospek pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga cukup luas.

Selain itu, Ilmu Administrasi Niaga juga merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis saat ini. Bahkan, kini pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga juga menjadi sangat luas, karena bidang studi ini mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Nah, kegiatan-kegiatan yang akan ditekuni di beberapa pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga, di antaranya seperti pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), produksi, hingga pemasaran atau marketing. Bahkan, kamu tidak hanya belajar tentang ilmu bisnis, yang bisa diterapkan dalam pekerjaan di bagian operasional saja. Karena, seorang lulusan Jurusan Administrasi Niaga, juga akan mempelajari ilmu tentang cara menciptakan produk baru.

Hal-hal Atau Mata Kuliah yang dipelajari di Jurusan Administrasi Niaga

Nah, jika kamu berniat untuk mengambil Jurusan Administrasi Niaga, maka siap-siap untuk mempelajari beberapa mata kuliah berikut ini:

  • Keuangan Bisnis
  • Sumber Daya Manusia
  • Operasi Bisnis
  • Teori dan Perilaku Organisasi
  • Manajemen Kepemimpinan
  • Kewirausahaan
  • Ilmu Pemasaran
  • Perencanaan Bisnis
  • Teori Pengambilan Keputusan
Universitas Dengan Jurusan Administrasi Niaga Terbaik di Indonesia

Dari sekian banyak universitas yang memiliki Jurusan Administrasi Niaga, sekiranya ada beberapa universitas yang masuk daftar sebagai Jurusan Admninistrasi Niaga atau bisnis terbaik. Beberapa universitas ini pun sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, dan berikut daftarnya:

Jenjang D3 dan D4

1. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
Status: Negeri
Diploma: D3
Akreditasi A
2. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)
Status: Negeri
Diploma: D3
Akreditasi A
3. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)
Status: Negeri
Diploma: D3
Akreditasi A
4. Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI)
Status: Swasta
Diploma: D3
Akreditasi A
5. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
Status: Negeri
Diploma: D4
Akreditasi A

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Ilmu Sejarah yang dibutuhkan Tahun 2020)
Jenjang Sarjana S1

1. Universitas Brawijaya (UB)
Status: Negeri
Diploma: S1
Akreditasi A
2. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Status: Negeri
Diploma: S1
Akreditasi A
3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Status: Swasta
Diploma: S1
Akreditasi A
4. Universitas Katolik Parahyangan
Status: Swasta
Diploma: S1
Akreditasi A
5. Universitas Lampung
Status: Negeri
Diploma: S1
Akreditasi A

6 Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga

Bagaimana, sudah ada ketertarikan dengan dunia Administrasi Niaga, yang dikenal memiliki prospek kerja yang luas ini? Memang bisa bekerja sebagai apa untuk para mahasiswa lulusan Jurusan Administrasi Niaga? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Staf Administrasi

Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga yang pertama adalah menjadi staf administrasi. Pasalnya pekerjaan ini merupakan salah satu posisi yang memiliki prospek kerja yang paling umum dibutuhkan perusahaan. Posisi ini juga sangat beragam di dalam sebuah perusahaan, mulai dari staf administrasi umum, perpajakan, gudang dan masih banyak lagi.

Staf administrasi sendiri memiliki tugas atau tanggung jawab yang di antaranya adalah filing atau rekapitulasi data, atau surat menyurat seperti surat domisili, surat bukti transaksi, surat perpanjang kontrak, surat pembelian, hingga surat berharga milik perusahaan.

2. Staf Sumber Daya Manusia

Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga yang kedua adalah menjadi staf sumber daya manusia. Karena, ilmu administrasi sangat luas, sehingga para lulusan jurusan ini bisa meniti karir apapun di sebuah perusahaan, termasuk menjadi seorang staf sumber daya manusia atau biasa di sebut staf HRD.

Di posisi ini staf HRD memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Kegiatan yang dilakukan seorang HRD di antaranya adalah melakuka perekrutan, pelatihan, kontrak kerja, pemeraan SDM, hingga penyaringan SDM di suatu perusahaan. Untuk gaji, seorang HRD bisa mendapatkan pendaparan sekitar Rp4-6 juta.

3. Konsultan Bisnis

Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga selanjutnya yang paling diimpikan para lulusan ilmu Administrasi Niaga adalah menjadi konsultan Bisnis. Bukan tanpa alasan mengapa pekerjaan ini sangat diinginkan, pasalnya menjadi konsultan bisnis memiliki pendapatan yang lumayan besar.

Apalagi jika kamu berhasil masuk ke perusahaan-perusahaan besar semacam Boston Consulting Group atau Deloitte, karena jika kamu bekerja di perusahaan elit tersebut, gaji kamu bisa menyentuh setidaknya double digit per bulan. Terlebih, jika kamu menjadi senior associate, mungkin bisa lebih besar lagi.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Ilmu Hukum Paling Keren Beserta Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui)
4. Pegawai Bank

Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga berikutnya adalah menjadi pegawai bank. Banyak, perusahaan perbankan, mencari calon kandidat lulusan administrasi bisnis, dan kamu bisa menjadi bagian frontliner bank, seperti teller atau customer service. Atau kamu juga bisa bekerja di bagian back office. Untuk seorang pegawai bank, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5 juta hingga belasan juta lho.

5. Tenaga Pengajar / Dosen

Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga yang paling memiliki jenjang karir adalah menjadi tenaga pengajar atau dosen. Namun, untuk menjadi seorang dosen, setidaknya kamu harus memiliki bekal pendidikan minimal S2. Nah setelah kamu sudah menyelesaikan program master di bidang Administrasi Niaga, kamu bisa langsung bekerja sebagai dosen.

Tidak hanya sekadar lulusan S2, menjadi seorang dosen juga harus dituntut untuk memberikan informasi tentang ilmu dan materi kuliah ke para mahasiswa, dengan penyampaian yang mudah. Untuk gaji seorang dosen sendiri bervariasi, tergantung pengalaman dan di mana tempatmu bekerja.

6. Enterpreneur

Pekerjaan Jurusan Administrasi Niaga yang paling asyik adalah menjadi seorang enterpreneur atau wirausaha. Pasalnya, setelah lulus di jurusan ini, kamu tidak hanya bisa bekerja di perusahaan, akan tetapi kamu juga bisa membangun usahamu sendiri. Dengan bekal ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah, seperti komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, hingga pemasaran, kamu bisa mengelola sebuah bisnis sendiri.

Hal ini akan sangat berpeluang, jika kamu juga memiliki pemikiran yang kreatif terkait ide bisnis yang akan kamu buat. Sehingga, bisnismu mampu bersaing dengan usaha-usaha lainnya. Untuk penghasilan, menjadi enterpreneur mungkin akan memiliki gaji yang akan lebih besar ketimbang bekerja di perusahaan. Namun, itu semua tergantung kegigihanmu dalam mengelola bisnis tersebut.

Sebut saja Rex Marindo, Rendy Saputra, Bob Sadino, hingga Dian Pelangi, yang merupakan enterpreneur sukses Indonesia. Bahkan di antara dari mereka, ada yang tidak memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Sehingga, kamu sebagai lulusan Jurusan Administrasi Niaga tentunya juga bisa dong seperti mereka?

Mau sukses juga seperti mereka, setelah lulus dari Jurusan Administrasi Niaga? Bangun bisnis impianmu segera, dan dapatkan pinjaman dana untuk modal usaha tanpa jaminan, hanya di situs CekAja.com.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk