Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

6 Situs Rajanya Jual Beli Mobil yang Wajib Dicoba

by lhmdi on 8 Agustus, 2017

gadai BPKB mobil _ kredit dengan agunan - CekAja.com

Semakin berkembangnya internet, semakin mudah pula masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah cara mudah untuk membeli mobil melalui situs online.

Berbagai situs online penjualan mobil ini bahkan mengklaim bahwa layanan mereka yang menjadi nomor satu baik untuk mobil baru maupun mobil bekas.

Apalagi, jika dilihat sepuluh tahun yang lalu, calon pembeli mobil mendapatkan informasi  penjualan mobil dari media cetak atau informasi yang diberikan oleh kerabat atau keluarga.

Namun kini, kehadiran toko online (daring) yang menawarkan penjualan mobil mempermudah pencarian informasi tentang mobil. Tidak jarang, membeli mobil secara efektif akhirnya dipilih karena lebih ringkas dan cepat.

Dari sekian banyak situs online yang menawarkan penjualan mobil secara online manakah yang layak disebut sebagai nomor wahid dalam penjualan secara online? Kali ini CekAja akan membandingkan seperti apa layanan penjualan mobil di era modern:

Daftar Situs Jual Beli Mobil Online Baru dan Bekas

tips beli mobil _ kredit kendaraan bermotor -CekAja.com

  1. Carmudi

Carmudi, bisa disebut sebagai salah satu tombak pertama yang memberikan layanan penjualan mobil secara online. Carmudi menawarkan proses yang mudah, dan cukup detil tentang mobil-mobil yang akan dijual.

Pada laman pertama dari Carmudi, calon pembeli bisa melihat dan memilih langsung mobil yang akan dibeli, baik bekas maupun baru. Pencarian mobil ini sendiri didasarkan pada  kolom yang disediakan oleh Carmudi.

Pertama, merek mobil, kondisi, harga dan kemudian lokasi si calon pembeli mobil. Setelah menemukan mobil yang dirasa cocok, calon pembeli bisa langsung menghubungi pemilik mobil yang menjual kendaraan mereka di Carmudi.

Lalu, jika calon pembeli menemukan bukan nama individu yang tertera dalam keterangan si penjual mobil, namun menemukan sebuah unit usaha yang menjual mobil, maka nama tersebut merupakan rekanan yang bekerjasama dengan Carmudi.

Agar mendapatkan komunikasi yang baik, calon pembeli harus melengkapi beberapa informasi seperti nama, nomor telepon dan atau email, serta pesan yang akan disampaikan pada si penjual mobil.

Untuk dapat melihat bentuk dan kondisi mobil secara detail, Carmudi menyediakan menu yang cukup lengkap. Hal ini bisa dilihat, dari para pengiklan atau penjual mobil yang melampirkan hal-hal detail dari mobil seperti tahun pembuatan, bahan bakar, warna, hingga bagian interior dan eksterior dari mobil tersebut.

Kedua, bagi individu atau perusahaan penjual mobil yang juga bisa mencoba mencoba peruntungan untuk menjual mobil mereka secara langsung dan dilihat oleh pengguna internet yang sedang mencari mobil.

Bahkan si penjual bisa menempatkan hingga empat foto dari mobil yang akan dijual di Carmudi.

  1. CekAja

mobil bekas murah_kredit kendaraan - CekAja.com

Membeli mobil baru, atau bekas juga bisa dilakukan di CekAja. Meskipun menyajikan banyak layanan yang terkait dengan finansial seperti kredit pemilikan rumah atau kartu kredit, CekAja juga menawarkan jual beli mobil.

Bisa dikatakan, CekAja langsung mengarahkan calon pembeli untuk membeli mobil lebih cepat. Melalui layanan kredit kendaraan bermotor, baik itu kredit mobil maupun motor, CekAja memudahkan masyarakat yang ingin membeli mobil dengan cara mencicil pembayarannya.

Pilihan ini dilakukan CekAja agar calon pembeli bisa langsung memilih bank atau pihak leasing untuk melakukan pembelian dengan cara mencicilnya hingga lunas.

Jangan khawatir, selain mobil baru, CekAja juga juga menawarkan jual beli mobil bekas hingga mobil yang dibeli dan kemudian dijadikan jaminan hingga pembayarannya lunas.

Pada dasarnya, CekAja tidak mempertemukan calon pembeli dengan penjual mobil secara langsung. Namun, membawa calon pembeli untuk langsung memilih mobil yang diinginkannya melalui pembayaran dengan cara mencicil kepada pihak bank atau leasing yang bekerjasama dengan CekAja

Namun, salah satu keunggulan dari CekAja adalah menyediakan kalkulator atau simulasi untuk memperhitungkan jumlah cicilan dari mobil yang akan dibeli. Melalui kalkulator ini, calon pembeli juga bisa melihat berapa uang yang perlu disiapkan serta nilai bunga dan cicilannya sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

  1. Mobil123

mobil murah _ kredit mobil - CekAja.com

Layanan yang mengkalim sebagai rajanya mobil baik dalam bentuk kendaraan baru atau bekas adalah Mobil123.

Calon pembeli bisa langsung bisa fokus menentukan dalam memilih mobil mana yang akan dibeli, apakah jenis yang baru atau berada dalam kondisi bekas. Bahkan, Mobil123 dapat mengetahui secara detail tentang sales, pihak dealer, hingga broker yang menawarkan atau menjual mobil.

Berikutnya, calon pembeli dapat juga melihat merk, tipe, dan hal-hal detil lainnya terkait dengan mobil.

Sementara itu bagi para penjual yang ingin “berdagang” di Mobil123, juga dapat melakukannya dengan bergabung terlebih dahulu di Mobil123.

Sebagai tambahan, meskipun memiliki nama mobil123, situs ini ternyata juga menawaran layanan jual beli motor baik yang berada dalam kondisi baru hingga bekas.

  1. Raja Mobil

tips beli mobil bekas _ kredit mobil - CekAja.com

Meskipun memiliki nama Raja Mobil, namun situs jual beli mobil ini sekilas terlihat mirip dengan Carmudi. Jika kamu ingin mendapatkan mobil dari layanan ini, Raja Mobil menawarkan mulai dari mobil baru, bekas hingga mobil impor.

Perbedaannya dengan Carmudi adalah, calon pembeli tidak perlu menambahkan kisaran harga yang diinginkan. Selanjutnya, ketika sudah memilih mobil yang diinginkan, maka Raja mobil akan menampilkan daftar mobil yang dijual.

Hasilnya akan terlihat, berapa harga off the road, total down payment terendah serta angsuran terendah untuk membeli salah satu mobil yang berada di dalam daftar situs Raja Mobil.

Selanjutnya, Raja Mobil akan mengarahkan calon pembeli untuk melihat dealer atau leasing mana yang menawarkan mobil tersebut. Untuk mendapatkan penawaran langsung, situs Raja Mobil akan meminta calon pembeli menuliskan nama lengkap, nomor telepon, email, lokasi, hingga rencana pembelian.

  1. Oto

mobil bekas_kredit mobil - CekAja.com

Oto.com merupakan situs jual beli mobil berikutnya yang bisa dijadikan pilihan. Tampilan depannya lebih sederhana daripada Raja Mobil atau Carmudi. Pada kolom bagian atas calon pembeli bisa memilih mobil baru atau bekas yang dapat disesuaikan dengan anggaran yang sudah disiapkan.

Setelah memiih salah satu mobil yang akan dibeli, calon pembeli akan diarahkan ke salah satu laman yang menampilkan informasi lengkap dari mobil tersebut. Bahkan, calon pembeli dapat melihat langsung perkiraan cicilan yang perlu disiapkan oleh calon pembeli.

Selanjutnya, calon pembeli dapat membeli mobil yang dipilih atau membandingkannya dengan mobil lain yang ditawarkan oleh Oto. Setelah selesai, calon pembeli akan diarahkan untuk memilih mobil yang diingnikan berdasarkan kerjasama antara Oto dengan pihak dealer atau leasing yang menawarkan mobil.

Kemudian, calon pembeli bisa menghitung lagi, berapa besar uang yang mereka siapkan untuk membeli mobil.

  1. Momobil

Salah satu layanan yang terbilang baru untuk jual beli mobil, khususnya mobil bekas, Momobil bisa menjadi pilihan. Layanan mobil ini terlihat lebih fokus pada jual beli mobil bekas.

Pada laman depan, calon pembeli dapat memasukkan data tentang berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil. Dimulai dari pendapatan per bulan, merek, uang muka, hingga tahun pembuatan.

Saat mencoba layanan situs ini semakin terlihat Momobil memang layanan khusus untuk mobil bekas. Hal ini dikarenakan tahun mobil yang dijual paling terakhir adalah tahun 2016, atau mobil yang siap dijual dari tangan pertama.

Selain itu, jika ingin membeli mobil, calon pembeli diwajibkan mendaftar atau login terlebih dahulu untuk melihat mobil yang akan dibeli.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami