Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Hobi yang Dapat Mengurangi Stres dan Bisa dilakukan di Kantor

by Ariesta on 7 November, 2016

Kesibukan dan tekanan pekerjaan di kantor sering menjadi biang keladi stres.

Bagaikan efek domino, stres karena pekerjaan bisa mempengaruhi kualitas hidup bahkan menyebabkan kematian. Di Jepang misalnya, kasus kematian karena stres dan kerja terlalu berlebih sudah sering terjadi. Di Indonesia, kasus serupa pun pernah terjadi.

Salah satu cara untuk menanggulangi stres akibat mengejar karier adalah dengan melakukan hal-hal menyenangkan. Salah satunya melakukan hobi di kantor . Berikut tujuh hobi yang dapat membantu mengurangi stres.

Berkebun/merawat tanaman

Tidak semua kantor punya lahan untuk berkebun. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memelihara beberapa pot tanaman hias di dalam ruangan. Dalam sebuah studi, berkebun atau merawat tanaman terbukti dapat menurunkan level stres. Studi tersebut dilakukan dengan meminta partisipan mengerjakan tugas sulit yang mengakibatkan stres. Kemudian para partisipan diminta untuk berkebun selama 30 menit atau membaca dalam kurun waktu yang sama.

Kedua grup partisipan menunjukkan penuruan level stres yang signifikan. Namun mereka yang berkebun memperlihatkan penurunan level stres yang lebih banyak (diukur dari kortisol, hormon stres), dan kondisi mood yang positif.

(Baca juga: 10 Hobi Murah yang Kasih Uang Tambahan)

Memelihara ikan dalam akuarium

Memperhatikan ikan dalam akuarium kaca terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya penurunan tekanan darah dan memulihkan stres. Memelihara ikan dalam aquarium dapat diperhitungkan sebagai hobi karena membutuhkan keteraturan dan ketelatenan. Keberadaannya juga bisa mempercantik ruang kerjamu. Tapi ingat untuk rutin membersihkan akuarium.

Menyusun puzzle

Konsentrasi menyusun puzzle dapat mengalihkan fokusmu dari stres sekaligus menguatkan daya ingat. Hasilnya pikiranmu akan lebih segar dan lebih kuat dalam menyelesaikan pekerjaan yang membuat stres.

Menggambar dan mewarnai

Menggambar dan mewarnai punya segudang manfaat. Apalagi kegiatan ini semakin mudah dilakukan dengan menjamurnya buku-buku mewarnai untuk orang dewasa. Dua kegiatan yang memiliki manfaat klinis ini dikenal sebagai art therapy.

Beberapa manfaat aktivitas ini adalah pengalihan stres, efek meditasi, waktu untuk diri sendiri, penyaluran emosi, dan penyembuhan. Warna juga memiliki efek menenangkan dan merangsang kreativitas.

Berjalan-jalan

Punya hobi jalan-jalan? Meskipun kamu tidak bisa mengambil cuti, stresmu bisa dikurangi dengan berjalan-jalan di bawah sinar matahari saat waktu istirahat.

Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan  SAD (seasonal affective disorder), yang gejalanya adalah kekurangan energi, nafsu makan meningkat, kehilangan gairah, masalah konsentrasi, dan depresi. 

Mendengarkan musik

Saat benar-benar stres, coba keluar ruangan untuk mendengarkan musik di bawah sinar matahari. Penelitian mengungkap, musik memberikan dampak pada fisik maupun psikologis. Musik juga dipakai sebagai terapi penyembuhan bagi penderita kanker, anak hiperaktif, dan pasien yang mengalami rasa sakit hebat.

Musik dapat menenangkan, mengendurkan otot, dan membuat pikiran lebih rileks. Jika mendengarkan musik merupakan hobi yang bemanfaat seperti disebutkan di atas, membuat lagu juga punya manfaat lebih besar mengurangi stres.

(Baca juga: Ini Tandanya Kamu Harus Resign Kerja dan Mulai Tekuni Hobi)

Menulis

Menulis curhatan atau mengisi blog dengan konten menarik rupanya bermanfaat mengurangi stres. Apalagi jika tulisan tersebut disukai banyak orang. Menulis inilah yang dipratikkan oleh penulis besar J.K. Rowling saat masih menjadi sekretaris. Sekarang ia merupakan salah satu wanita terkaya di Inggris

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami