Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

8 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Berpotensial Dapatkan Keuntungan

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 Desember, 2019

Setidaknya ada beberapa ide usaha modal 20 juta yang paling berpotensial dapatkan keuntungan besar. Pasalnya, ketika ingin memulai bisnis, modal adalah salah satu hal yang sangat penting. Setelah itu, baru kamu bisa memikirkan ide usaha yang bisa disesuaikan dengan modal yang telah dimiliki.

Tidak sulit untuk menentukan ide usaha modal 20 juta, karena saat ini sudah banyak peluang-peluang bisnis bagus yang memiliki prospek besar mendapatkan banyak keuntungan.

Terlebih, semakin banyak modal yang kamu punya, maka semakin banyak pula pilihan bisnis yang bisa kamu pilih. Namun, dibalik itu kamu juga harus memikirkan segala pertimbangan sebelum memilih jenis ide usaha modal 20 juta.

Pasalnya, beberapa pertimbangan dalam memilih jenis usaha setidaknya harus berdasarkan niat, minat, passion, bakat, atau keahlian. Meski modal juga sangat penting dalam menjalankan usaha, tetapi besar kecilnya modal nantinya akan menentukan skala bisnis yang hendak kamu bangun.

Meski ide usaha modal 20 juta, bukan termasuk modal yang bisa dikategorikan besar, akan tetapi nominal tersebut setidaknya bisa membuat kondisi keuangan bisnis kamu cenderung aman. Karena, dengan modal 20 juta, kamu bisa memiliki cukup ruang gerak, dalam bisnis skala kecil.

Deretan Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Berpotensial
1. Kafe Ala Rumahan

Ide usaha modal 20 juta yang pertama adalah membuat bisnis kafe ala rumahan. Bisnis yang memiliki pasar anak muda ini, memang sangat memiliki peluang yang cukup bagus. Setelah itu, kamu hanya tinggal menentukan konsep kafe yang kamu inginkan, dan disesuaikan dengan lokasi usaha.

Untuk bisnis kafe ala rumahan, kamu bisa mulai dengan membuka usaha di rumah sendiri dulu. Untuk menu yang disediakan juga, diusahakan harus bisa diterima oleh target pasar kamu, dan mungkin bisa dijual lebih murah terlebih dahulu. Untuk menu yang bisa ditawarkan, mulai dari kopi, susu, roti bakar, mie instan, dan lain-lain.

2. Bisnis Kulier Ayam Geprek

Ide usaha modal 20 juta berikutnya adalah bisnis kuliner ayam geprek. Dimana ayam geprek saat ini juga menjadi salah satu makanan yang sangat digemari penduduk Indonesia. Terlebih, jenis usaha kuliner dinilai lebih bertahan lama, bahkan tidak ada matinya. Namun, di sini kamu juga harus cerdik dalam menciptakan sebuah produk yang unik, dan berbeda daripada yang lain.

Untuk membangun usaha ini, kamu bisa mulai dengan sistem franchise, atau bisa juga dengan modal sendiri dari nol. Untuk lokasi usaha, disarankan yang dekat dengan pusat keramaian, seperti dekat kantor, kampus, sekolah, atau pabrik.

2. Bisnis Budidaya Hewan Ternak

Nah, untuk bisnis yang satu ini mungin cocok bagi kamu yang senang beternak, dimana bisnis budidaya hewan ternak bisa dijadikan salah satu ide usaha modal 20 juta. Kamu bisa memilih jenis ternak seperti ayam, bebek, kambing, ikan, hingga ternak hewan peliharaan.

Agar bisa lebih menguntungkan lagi, kamu bisa bekerja sama dengan berbagai produsen yang membutuhkan ternakmu. Misalnya, jika kamu berbisnis budidayya hewan ternak bebek, kamu bisa bekerja sama dengan restoran bebek, atau hotel yang membutuhkan pasokan bebek yang banyak. Cara ini, dilakukan agar bisnismu bisa terus berjalan lancar, tanpa takut kehilangan pembeli tetap.

3. Jasa Event Organizer

Ide usaha modal 20 juta yang tak kalah menguntungkan adalah membuka jasa event organizer atau EO. Pasalnya, saat ini jasa event organizer sangat dibutuhkan, demi kelancaran sebuah acara. Kamu bisa menawarkan jasa event organizer, mulai dari acara kecil seperti acara lamaran dan ulang tahun, hingga acara besar seperti pernikahan atau acara konser musik.

Tidak sendirian, untuk membangun bisnis jasa event organizer, setidaknya kamu membutuhkan tim untuk bekerja sama, membangun acara dari perencanaan hingga selesai dan sukses. Tidak hanya mengasyikan, menjadi event organizer juga sangat menguntungkan lo. Dimana kamu bisa bertemu dengan banyak klien yang berbagai macam.

(Baca juga: Ide Usaha Modal 10 Juta yang Menguntungkan!)

4. Toko Sembako Rumahan

Ide usaha modal 20 juta yang bisa dilakukan di rumah dan dilakukan siapa saja adalah membangun toko sembako. Dengan modal 20 juta, setidaknya kamu bisa membangun toko sembako sederhana, dengan produk yang lengkap, meski tak sebesar agen.

Untuk tempat usahanya, kamu bisa mulai di rumah sendiri, dan memanfaatkan ruang kosong untuk berdagang. Nah, setelah dikira bisnis toko sembakomu sudah mulai besar dan punya banyak pelanggan, baru kamu bisa membuka toko yang lebih besar, dengan menyewa ruko di pinggir jalan.

6. Jasa Make Up Artist

Hal mengasyikan yang bisa datangkan keuntungan adalah berbisnis sambil menjalankan hobi. Dan menjadi make up artist atau MUA juga termasuk dalam salah satu ide usaha modal 20 juta, yang paling direkomendasikan. Akan tetapi, untuk bisa menjalankan bisnis ini, setidaknya kamu harus memiliki hobi berdandan, atau keahlian dalam berdandan.

Untuk kamu yang belum ahli, jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak tempat les privat atau kursus make up sederhana. Tidak perlu langsung menjadi make up artist untuk pernikahan, kamu bisa mencoba make up artist untuk kondangan, wisuda atau lamaran.

Nah, dengan banyaknya jam terbang, baru deh, kamu bisa menaikan kelas make up kamu, menjadi yang lebih besar. Terlebih, kini pendapatan seorang make up artist juga lumayan besar lo, jadi tidak heran jika profesi ini sering dijadikan mata pencaharian utama, khususnya bagi para wanita.

7. Bisnis Laundry

Sudah tidak asing lagi dengan ide usaha modal 20 juta ini, karena bisnis laundry memang dikenal memiliki banyak keuntungan. Bahkan, hanya dengan modal 20 juta, kamu sudah bisa membeli peralatan cuci lengkap. Nah, yang terpenting dari bisnis ini adalah menentukan lokasi yang tepat.

Pasalnya, sebesar apapun bisnis laundrymu, jika lokasinya tidak tepat sasaran, maka bisnismu bisa berantakan. Usahakan cari lokasi yang dekat dengan kos-kosan, wilayah perkantoran, kawasan kampus, atau perumahan.

8. Jasa Foto dan Videografer

Untuk ide usaha modal 20 juta yang selanjutnya adalah membuka jasa foto dan videografer. Mengapa bisnis ini termasuk dalam bisnis yang menguntungkan? Hal tersebut dikarenakan, tidak semua orang memiliki keahlian dalam mengambil gambar yang bagus, meski kamera yang digunakan memiliki berteknologi tinggi.

Sehingga, jika seseorang memiliki sebuah momen yang ingin diabdikan, tentunya jasa fotografer atau videograferlah yang akan dicari pertama kali. Terlebih, kamu hanya perlu modal membeli kamera berkualitas tinggi, laptop untuk mengedit, dan keahlian dalam dunia fotografer dan seni.

Bagaimana, sudahkah ada bayangan terkait ide usaha modal 20 juta yang akan kamu pilih? Seberapapun modal yang kamu punya, alangkah baiknya jika bisnis tersebut bisa direalisasikan dengan niat yang besar. Namun, jika kamu masih kesulitan soal sumber modal usaha, kini sudah ada berbagai tempat pinjaman dana tunai cepat yang dijamin bisa bantu meringankan masalah keuanganmu.

(Baca juga: Pinjaman Dana Tunai Cepat 20 Juta Tanpa Jaminan)

Yuk ajukan segara pinjaman dana tunai cepat atau KTA, hanya di Cekaja.com, dan gapai impianmu dengan cara berbisnis dengan modal awal hanya 20 juta saja!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk