8 Merk Regulator Kompor Gas Terbaik Beserta Tips Memilih yang Tepat

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Merk regulator kompor gas terbaik merupakan perangkat paling penting yang wajib dimiliki bagi keluarga yang menggunakan kompor gas untuk memasak.

Pernahkah kamu melihat berita mengenai gas di dapur yang tiba-tiba meledak? Nah, hal tersebut bisa saja terjadi karena salah memilih regulator kompor gas yang tepat.

Dikarenakan hal itulah, memilih merk regulator kompor gas terbaik perlu diketahui, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk disimak bersama!

Cara Memilih Regulator Kompor Gas Terbaik

Sebelum kita membahas tentang merk regulator kompor gas terbaik, ada bagusnya apabila kita juga turut mengetahui tentang cara memilih regulator kompor gas itu sendiri.

Sebenarnya, penggunaan kompor dan tabung gas tidak berbahaya, selama regulator yang digunakan memang telah memenuhi standar keamanan yang berlaku.

(Baca Juga: 10 Merk Kompor Listrik Terbaik)

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa membeli regulator kompor gas tidak hanya memeriksa status pengujian dan standar keamanannya saja lho, melainkan juga memahami karakter dari masing-masing produk.

Terdapat dua tipe regulator kompor gas yang mana masing-masing digunakan untuk skala yang berbeda, yaitu skala penggunaan dalam jumlah kecil yang seringkali dipakai di rumah, ada pula dalam skala besar yang biasa digunakan di restoran.

Selain itu, komponen lainnya seperti katup, seal, dan selang, juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan kualitasnya. Lalu sekiranya, apa saja tips memilih merk regulator kompor gas terbaik?

  • Pilih Berdasarkan Tekanan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa terdapat dua tipe regulator kompor gas, yaitu adalah regulator tekanan tinggi, yang memiliki besaran 0,6 Kg/jam dan regulator tekanan rendah yang memiliki tekanan lebih rendah dan biasa digunakan dalam skala kecil.

Oleh karena itu agar tidak salah, pastikan bahwa regulator kompor gas yang kamu pilih memang telah disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Terbuat dari Bahan yang Kuat dan Dilengkapi Oleh Pengaman

Tips selanjutnya dalam memilih merk regulator kompor gas terbaik adalah, pastikan bahwa regulator tersebut terbuat dari material yang kuat serta dilengkapi oleh pengaman.

Regulator kompor gas bisa dikatakan berkualitas apabila terbuat dari material kuningan yang kuat, tahan lama, dan anti karat.

Tak hanya itu, pastikan pula bahwa produk pilihan kamu telah dilengkapi dengan pengaman atau stopper. Sebab, stopper ini berperan dalam menutup celah antara katup regulator dan mulut tabung gas itu sendiri, yang mencegah terjadinya kebocoran pada gas.

  • Perhatikan Kualitas Selang

Selang merupakan salah satu alat yang berguna dalam menghubungkan regulator yang menempel pada tabung gas dengan kompor.

Peran dari selang ini adalah untuk mengalirkan gas dengan tekanan yang telah disesuaikan dengan regulatornya itu sendiri, sehingga tekanan gas menjadi tetap stabil serta berpengaruh pada keamanan.

Tak hanya stopper, kehadiran selang juga berperan penting dalam mencegah terjadinya kebocoran. Oleh karena itu, pilihlah selang yang berkualitas.

Biasana, selang bertahan selama kurang lebih 1 – 3 tahun, yang mana setelah itu harus diganti secara periodik. Apabila selang di rumah kamu masih berfungsi dengan baik, maka setidaknya kamu juga turut memahami tentang bagaimana ciri-ciri selang yang berkualitas.

  • Ketahui Fungsi Jarum Indikator pada Regulator

Dalam memilih merk regulator kompor gas terbaik, pastikan bahwa terdapat jarum indikator yang juga berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui bahwa hadirnya jarum ini bukanlah untuk memberikan informasi terkait volume atau isi gas di dalam tabung, melainkan tekanannya.

Jarum indikator bergerak pada skala berwarna kuning, hijau, hingga merah, yang mana menunjukan tekanan gas di dalam tabung dan perubahannya dipengaruhi oleh suhu ruangan dimana gas tersebut digunakan.

Apabila tekanan di dalam tabung semakin tinggi, maka jarum indikator akan bergerak ke arah sebagai bentuk sinyal bahaya.

  • Pilih Regulator yang Telah memenuhi Standar Indonesia (SNI)

Tips terakhir dalam memilih merk regulator kompor gas terbaik adalah, dengan memilih regulator yang telah memenuhi standar Indonesia (SNI).

Sebab, banyak terjadi kasus kebocoran yang berakibat fatal karena pengguna yang tidak menggunakan regulator gas ber-SNI.

Perlu diketahui bahwa biasanya, regulator gas yang tidak memiliki SNI dibanderol dengan harga yang lebih murah, untuk bisa menarik minat konsumen.

Selain itu, regulator yang telah terjamin keamanannya sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan cetak timbul.

Rekomendasi Merk Regulator Kompor Gas Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa merk regulator kompor gas terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. Quantum QRL 03

Merk regulator kompor gas terbaik yang akan kita bahas pertama adalah Quantum QRL 0, yang terbuat dari tembaga yang kuat dan berkualitas, sehingga dapat dipastikan akan sangat kecil kemungkinan terjadinya kebocoran.

Apabila kamu mencari regulator gas yang hadir tanpa selang, maka produk keluaran Quantum ini memang layak untuk dijadikan sebagai salah satu opsi.

Dengan tekanannya yang rendah dan sistem pengamanannya yang diputar, regulator kompor gas ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas memasak rumah tangga, alias tidak dalam jumlah besar.

Hadir dengan warna hijau kebiruan, merk regulator kompor gas ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp62 ribu.

2. Destec Com 201_S

Merk regulator kompor gas terbaik selanjutnya adalah adalah Destec Com 201_S yang dilengkapi oleh dua pengaman di dalamnya.

Pengaman pertama berbentuk C yang berfungsi dalam melakukan penguncian pada tabung gas dengan kuat dan tidak goyang.

Tak hanya itu, terdapat pula karet di bagian dalam yang berperan untuk mencegah kebocoran.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ketika membeli produk ini, regulator tidak dilengkapi oleh selang, sehingga kamu perlu membeli selang lagi untuk menghubungkan antara gas dengan kompornya.

Di luar itu, regulator kompor gas dari Destec ini memiliki kualitas yang cukup mumpuni, meskipun kamu juga harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya.

3. Winn Gas W181 Regulator Gas

Apabila kamu membutuhkan regulator kompor gas yang bisa digunakan untuk skala besar, maka Winn Gas W181 bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Dirancang untuk tipe tekanan tinggi, regulator ini memiliki kapasitas aliran gas 0 – 6 Kg/jam, sehingga produk ini memang didesain untuk bisa menyalurkan gas menjadi lebih hemat dan sangat cocok bagi kamu yang ingin meminimalisir anggaran mingguan.

Tak hanya itu, sebelum perilisannya, regulator ini juga telah diuji kebocoran gas dan terbukti aman. Dikarenakan hal itulah, regulator Winn Gas W181 juga sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Jika sedang tidak digunakan, ada baiknya jika kamu mencabut regulator gas dari tabung, untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Terbuat dari material besi yang kokoh, merk regulator kompor gas terbaik satu ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp75 ribu.

4. Poligas Regulator

Sudah melalui uji kelayakan membuat Poligas Regulator dapat dipastikan akan aman dari kebocoran, sehingga bisa masuk pula ke dalam jajaran rekomendasi merk regulator kompor gas terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

Karet pengaman yang ada di dalamnya juga mampu mencegah ledakan yang diakibatkan dari tekanan tinggi pada gas.

Tak hanya itu, regulator kompor gas satu ini bahkan juga menggunakan dua pengunci, yang membuatnya menjadi jauh lebih aman.

Akan tetapi, walaupun sudah dilengkapi dengan indikator tekanan, pembelian produk ini tidak dilengkapi dengan selang, sehingga kamu harus membelinya secara terpisah.

5. Winn Gas 118 Regulator Meter

Satu lagi produk dari Winn Gas yang turut masuk ke dalam jajaran rekomendasi merk regulator kompor gas terbaik, yaitu Winn Gas 118 Regulator Meter.

Dirancang memiliki tipe tekanan rendah, regulator kompor gas ini telah melalui proses pengujian, untuk melihat bagaimana kemampuannya dalam menahan kestabilan gas yang disalurkan tanpa harus menimbulkan kebocoran.

Tak hanya itu, produk satu ini juga memiliki stopper atau pengaman yang mampu menghentikan aliran gas ketika sewaktu-waktu terjadinya kebocoran pada selang yang diakibatkan oleh karet penyekat (seal) yang kurang baik.

Tentu saja, Winn Gas juga menjamin bahwa regulatornya mampu menghemat pemakaian gas, guna meminimalisir anggaran rumah tangga. Merk regulator kompor gas terbaik satu ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp74 ribu.

6. Starcam SC-235

Starcam SC-235 merupakan salah satu merk regulator kompor gas terbaik yang dibuat menggunakan bahan baja kokoh, yang membuatnya menjadi sangat awet dan dapat digunakan hingga bertahun-tahun lamanya.

Selain itu, bentuknya juga cukup kecil, sehingga memudahkan dalam hal pemasangannya pada tabung. Ketika membeli produk ini, selang tidak termasuk ke dalam paket yang akan kamu dapatkan.
Jadi, kamu tetap perlu mencari selang secara terpisah. Akan tetapi, regulator ini juga dilengkapi dengan indikator tekanan gas, yang bisa memberikan informasi ketika gas sudah mau habis.

7. Gascomp GRS-01 Regulator Meter Super Lock

Jika dibandingkan dengan merk regulator kompor gas terbaik lainnya, dapat dikatakan bahwa Gascomp GRS-01 memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Akan tetapi, produk ini memiliki sejumlah keunggulan yang belum tentu ada di regulator kompor gas lainnya.

Selain telah memenuhi standar SNI, regulator kompor gas satu ini juga diklaim memiliki pengunci dengan 50.000 kali lebih kuat, yang tentunya dapat dipastikan kebocoran gas tidak akan terjadi.

Meski begitu, pemasangannya dapat dikatakan sangat mudah lho. Bahkan kamu bisa melakukannya hanya dengan menggunakan 1 jari saja.

Yang membuatnya menjadi semakin luar biasa, merk regulator kompor gas terbaik satu ini juga telah diuji ketahanan dari material yang dimilikinya.

Pada jarak ketinggian 1 meter, apabila Gascomp GRS-01 dijatuhkan, maka tidak akan menghasilkan retakan ataupun pecah pada badan regulatornya, baik itu secara visual maupun mekanismenya.

Produk ini bisa kamu dapatkan melalui toko online favorite, seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak, dengan harga berkisar di angka Rp150.000.

8. Miyako RMS-106

Merk regulator kompor gas terbaik ini merupakan salah satu produk asli Indonesia yang sudah lulus pada uji kelayakan, termasuk memiliki kode SNI.

Miyako memberikan clamping di dalam regulatornya, sehingga bisa mempermudah dalam hal pemasangan serta pelepasannya pada tabung.

Selain itu, regulator ini juga bisa memutus aliran gas saat terjadi kebocoran. Di dalam paket pembeliannya kamu akan turut mendapatkan selang sepanjang 1,8 meter.

Namun, merk regulator kompor gas terbaik satu ini belum dilengkapi dengan kunci pengaman ganda, jadi kamu harus ekstra hati-hati ketika ingin memasangnya.

(Baca Juga: 10 Merk Teflon Terbaik Anti Lengket)

Jadi, itulah beberapa merk regulator kompor gas yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Agar lebih hemat, jangan lupa untuk memanfaatkan kartu kredit dalam melakukan transaksi.

Sebab, saat ini sudah mulai banyak lho jenis kartu kredit yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik yang membuat pengeluaran kamu menjadi lebih hemat.

Belum punya kartu kredit? Jangan khawatir! Segera ajukan saja hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha