Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

9 Hal yang Paling Bikin Stres di Dunia Kerja Modern

by Rafly Aditia on 24 Februari, 2017

penyakit stress bekerja _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Dunia kerja modern memang terbilang cukup keras. Kalau kamu belum siap secara mental maupun fisik, bukan tak mungkin mengalami stres.

Perlu kamu ketahui, stres di dunia kerja modern memiliki berbagai macam penyebab. Apa saja yang bisa menyebabkan kamu stres dalam menghadapi dunia kerja modern? Berikut 10 penyebabnya:

Jam kerja panjang

Jam kerja yang panjang merupakan salah satu hal yang bikin stres. Seringkali lembur atau overtime adalah salah satu penyebabnya. Apalagi, karier kamu juga tidak pernah meningkat. Di beberapa negara, stres yang diakibatkan panjangnya jam kerja bahkan memicu pekerja untuk mengakhiri hidup.

Lembur tidak dibayar

Lembur tidak dibayar memang merupakan hal yang menjengkelkan, apalagi kalau manajer sering memintamu lembur bahkan hampir setiap hari.

Perusahaan kepo dengan kehidupanmu

Belakangan di dunia kerja modern, banyak perusahaan yang mendadak kepo tentang kehidupan sehari-hari para karyawannya, seperti misalnya stalking media sosial karyawan. Tentu hal ini membuat jadi tidak nyaman dan bisa bikin stres.

Kebanyakan kerja

Karena kebanyakan kerja, kamu bisa mengalami sakit kepala, kelelahan, sakit pinggang dan masalah kesehatan lainnya.

Tekanan kerja berlebih

Sebuah penelitian di Amerika mengatakan, sekitar 60% pekerja di bidang elektronik dan teknologi ternyata memiliki masalah kesehatan mental karena pekerjaannya. Hal ini disebabkan oleh tekanan kerja yang sangat hebat dari industri tersebut.

Ruang kantor kurang ramah lingkungan

Ruang kantor tidak ramah lingkungan adalah salah satu penyebab stress. Seperti yang dilansir Cosmopolitan, seorang ahli bernama Dr.Sood mengatakan bahwa ruang kerja yang tidak memiliki tanman dan dekorasi warna hijau akan lebih intimidatif dan lebih berpotensi menimbulkan stres. Bila ruang kerja ramah lingkungan, karyawan juga bisa makin hidup sehat.

Suka lupa istirahat

Kurang istirahat juga jadi alasan mengapa kamu gampang stres. Pekerjaan yang menumpuk adalah alasan mengapa seseorang kerap kali mengalami stres, untuk itu sebanyak apapun pekerjaanmu ambil jeda waktu untuk rehat sebentar agar otak dapat rileks dan lebih optimal.

Dikit-dikit cek email

Sebaiknya kamu memiliki waktu atau jadwal khusus untuk membuka email. Karena kalau selalu membukanya setiap email masuk, kamu tidak akan bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu. Akibatnya, kamu stres karena memikirkan pekerjaan lain yang baru saja datang lewat email.

Makan siang terlewatkan

Lupa makan siang merupakan alasan mengapa seseorang mudah stres. Ingat, otak dan tubuhmu membutuhkan asupan agar dapat berfungsi optimal. Waktu makan siang jangan sampai terlewatkan hanya karena mengejar deadline.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk menyediakan camilan agar kamu bisa bekerja sambil mengisi perut sehingga tidak merasakan kelaparan saat bekerja.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.