Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

9 Keuntungan Berkarir di Startup yang Perlu Kamu Ketahui

by Kyla Damasha on 1 Maret, 2020

Keuntungan berkarir di startup rasanya belum terlalu banyak dipertimbangkan oleh masyarakat, khususnya fresh graduate yang lebih merasa bahwa bekerja di perusahaan besar akan jauh lebih menjanjikan dan cenderung aman.

keuntungan berkarir di startup

Padahal, saat ini perusahaan startup di Indonesia sudah mulai berkembang dengan cukup pesat dan mewarnai dunia karir dalam negeri. Walaupun sudah banyak generasi muda yang terbuka dan menerima berbagai peluang yang datang, tetapi tetap saja ada yang merasa ragu untuk bekerja di startup karena berbagai alasan dan kepentingan.

Maka dari itu, agar kamu tidak mengalami dilema berkepanjangan, yuk kita ketahui dulu beberapa keuntungan berkarir di startup, khususnya bagi kamu fresh graduate. Apa sajakah itu?

Keuntungan Berkarir di Startup
1. Kesempatan untuk Belajar dan Berkembang

Keuntungan berkarir di startup yang pertama adalah kesempatan kamu untuk belajar dan berkembang. Tidak seperti perusahaan besar yang sudah memiliki sistem dan manajemen yang tetap tanpa adanya perubahan yang berarti, banyak perusahaan startup yang cenderung masih belajar atau mencoba berbagai sistem-sistem baru yang disesuaikan dengan karakter dari perusahaan itu sendiri.

Maka dari itu, tak jarang karyawan yang bekerja di perusahaan startup justru diberikan kesempatan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengembangkan perusahaan tersebut. Dari sinilah kamu akan belajar mengenai berbagai hal yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

2. Turut Membangun Kultur

Keuntungan berkarir di startup yang kedua adalah bahwa kamu akan diberikan kesempatan dalam membangun kultur. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, perusahaan startup biasanya memiliki lingkungan kerja yang cenderung terbuka.

Selain itu, karena usianya yang masih muda, banyak perusahaan startup yang tidak akan membiarkanmu terperangkap di dalam kebiasaan rutinitas yang sudah turun temurun. Kamu akan dibiarkan untuk mengekspresikan diri dengan mengenakan pakaian yang casual dengan jam kerja yang lebih fleksibel.

3. Memupuk Kreativitas

Di perusahaan startup kamu tidak hanya diminta untuk mengerjakan tugas-tugas yang sudah diberikan, melainkan juga turut berkontribusi dalam memberikan berbagai ide-ide kreatif demi mencapai target perusahaan.

Dengan sering diadakannya diskusi antar tim dan brainstorming membuat kamu lebih leluasa untuk mengungkapkan ide-ide kreatif yang akan membantu perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi.

Biasanya perusahaan startup tidak akan membatasi para karyawan untuk mengungkapkan pendapatnya.

4. Menciptakan Inovasi

Selain dapat memupuk kreativitas, membantu dalam menciptakan inovasi juga menjadi salah satu keuntungan berkarir di startup yang mungkin belum tentu bisa kamu dapatkan di perusahaan-perusahaan besar. Jika kamu merupakan sosok yang penuh dengan inspirasi dan ide-ide gila, maka bekerja di startup bisa menjadi keputusan yang baik.

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kultur perusahaan yang terbuka akan inovasi dan temuan-temuan baru bisa membuatmu untuk lebih leluasa dalam menciptakan inovasi yang dapat membantu dalam mengembangkan perusahaan.

Dengan sering terlibat di dalam diskusi bersama tim untuk menciptakan inovasi baru, pikiranmu pun akan semakin terbuka mengenai berbagai hal. Jangan pernah ragu untuk mengungkapkan ide-ide yang kamu miliki, karena apapun yang kamu ungkapkan akan diapresiasi oleh perusahaan.

5. Ada Rasa Memiliki

Ini mungkin menjadi salah satu keuntungan berkarir di startup yang tidak akan bisa kamu rasakan ketika bekerja di perusahaan besar. Ketika bekerja di sebuah perusahaan besar, maka yang kamu lakukan adalah hanya mengikuti regulasi, sistem, dan manajemen yang sudah terbentuk dari awal.

Namun ketika kamu bekerja di perusahaan startup, secara tidak langsung kamu turut berkontribusi di dalam perkembangan perusahaan. Apalagi jika kamu benar-benar mengikuti pembangunan perusahaan tersebut dari awal, tanpa disadari rasa memiliki pun akan muncul dengan sendirinya.

Nah, rasa memiliki inilah yang justru bisa memberikanmu motivasi untuk bekerja lebih baik dan lebih produktif lagi. Pada nantinya, tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi sosok yang berpengaruh terhadap perusahaan startup tersebut.

6. Hasil Pekerjaan Lebih Dihargai

Setiap pekerjaan yang kamu lakukan pasti akan memberikan dampak yang berarti terhadap perusahaan. Meskipun hanya mengalami sedikit progress, hal tersebut tetap memberikan dampak terhadap perusahaan startup, dan hal inilah yang membuat setiap pekerjaan yang kamu lakukan menjadi lebih bermakna.

(Baca Juga: Mau Asyik di Kantor? Lakukan 4 Hal Ini!)

Dengan mengerjakan sesuatu yang mendapatkan apresiasi, kamu pun akan semakin semangat untuk memberikan hasil yang jauh lebih baik lagi.

7. Belajar Menjadi Sosok yang Lebih Bertanggung Jawab

Walaupun bekerja di perusahaan besar kamu juga memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan, namun bekerja di perusahaan startup justru akan memberikanmu tanggung jawab yang lebih besar.

Masing-masing anggota tim akan memegang tanggung jawab yang besar yang mana juga akan turut mempengaruhi performa dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, salah satu keuntungan berkarir di startup tidak hanya memberikanmu pengalaman kerja, namun juga menuntutmu untuk bersikap lebih dewasa.

8. Memiliki Banyak Peluang dan Kesempatan

Meskipun gaji yang kamu dapat di perusahaan startup mungkin tidak sebesar di perusahaan besar, namun ada banyak sekali pengalaman yang jauh lebih berharga yang bisa kamu dapatkan.

Bukan berupa uang, melainkan lebih kepada kesempatan dan peluang. Karena kamu memiliki peran yang penting di dalam perusahaan, maka hal tersebut juga akan membuatmu menjadi lebih cepat tumbuh dan berkembang.

Di perusahaan besar, apabila kamu baru saja lulus dengan pengalaman kerja yang minim, biasanya kamu akan ditempatkan di jabatan paling bawah. Sementara itu di perusahaan startup, meskipun kamu masih memiliki pengalaman kerja yang minim, kamu memiliki kesempatan besar untuk menempati posisi atau jabatan penting, selama kamu memiliki keinginan kuat untuk terus belajar dan menambah ilmu.

9. Belajar Menjadi Pebisnis

Nah, ini dia salah satu keuntungan berkarir di startup yang juga akan memberikanmu keuntungan secara pribadi. Di dalam perusahaan startup kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat sang CEO turun secara langsung dalam menangani perusahaan. Tentu hal ini akan membuatmu belajar lebih banyak mengenai bidang bisnis itu sendiri.

Berbeda dengan perusahaan besar yang biasanya memiliki jarak yang cukup jauh antara pendiri perusahaan dan karyawan, di perusahaan startup kamu justru bisa belajar mengenai bisnis secara langsung. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana sang CEO mengatasi suatu masalah secara nyata.

Ternyata, banyak sekali keuntungan berkarir di startup yang bisa kamu pertimbangkan, bukan? Jangan melihat dari segi gajinya saja, melainkan juga segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan. Walaupun bekerja di startup juga tidak akan jauh dari berbagai risiko yang mengintai, tetap saja kamu perlu melihat keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan.

Nah, jika kamu masih dilema untuk memulai karir di startup, kamu juga bisa kok untuk mulai membuat perusahaan startup sendiri. Yuk segera ajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com dan wujudkan impian untuk menciptakan lapangan kerja dengan membangun perusahaan startup sendiri.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda