Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

9 Langkah Sebelum Mengajukan Pinjaman Uang Secara Online

by lhmdi on 12 Juli, 2016

pinjaman uang cepat_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Meminjam uang merupakan hal yang sudah lumrah terjadi. Nilai pinjaman pun bervariasi, mulai dari jumlah uang Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000. Di masa lalu, salah satu pilihan tempatnya adalah koperasi.

Setelah itu, satu per satu beberapa bank menyediakan produk tentang pinjaman yang dapat diajukan oleh masyarakat. Dan kini, dengan semakin berkembangnya teknologi, pinjaman pun bisa dilakukan dalam waktu singkat bermodalkan internet.

Layanan ini disebut dengan dengan Fintech atau Finansial Technology yang menyediakan layanan pinjaman online untuk kebutuhan pribadi. Selain itu seseorang yang akan mengajukan pinjam uang online ini dimudahkan dengan syarat yang tidak terlalu berat seperti halnya mengajukan pinjaman di bank.

Bahkan untuk menarik minat masyarakat bertransaksi beberapa layanan bahkan menambahkan “gimmick” pinjaman online langsung cair, yang artinya dalam waktu sangat singkat seseorang bisa mendapatkan dana segar yang dibutuhkanya.

Namun, diantara banyaknya layanan pinjaman uang online yang menawarkan kemudahan seperti pencairan cepat serta tanpa jaminan dan syarat yang ribet, sebaiknya tetap dilakukan dengan berhati-hati.

Alasan khususnya adalah agar kamu terhindar dari risiko-risiko kerugian yang besar karena berbagai macam faktor seperti bunga yang tinggi serta penipuan dan tindakan kejahatan dalam transaksi keuangan lainnya.

Jika kamu tertarik mengajukan pinjaman online untuk kebutuhan pribadi pastikan untuk mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Pastikan sudah terdaftar di OJK

pinjaman bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Seperti yang sudah kita ketahui Otoritas Jasa Keuangan atau OJK merupakan lembaga Negara dengan tugas berfungsi mengatur dan mengawasi semua kegiatan yang terkait dengan jasa keuangan seperti perbankan, pasar modal dan tentu saja termasuk Fintech.

Nah! Agar tidak salah langkah dalam memilih pinjaman dana yang kamu cari, maka pastikan untuk mencari informasi akurat, apakah pinjaman online yang kamu tuju sudah resmi berada di dalam pengawasan OJK.

Cara ini akan membantu kamu terhindar dari praktik penipuan-peniupan yang berkedok pinjaman dana yang mudah serta bunga ringan. Selain itu, ketika berada dalam pengawasan OJK, layanan pinjaman online ini akan lebih mudah untuk diawasi jika terjadi sesuatu hal dengan nasabah atau debiturnya.

  1. Hindari layanan abal-abal

lowongan kerja palsu_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Layanan abal-abal yang dimaksud di sini adalah layanan yang menggunakan domain gratis seperti WordPress (dot) com atau Blogspot (dot) com. Tidak jarang pula banyak masyarakat yang masih tertipu dan memilih mengajukan pinjaman melalui informasi yang digunakan menggunakan domain gratis.

Agar tidak salah langkah, sebaiknya kamu menggunakan layanan menggunakan domain resmi tanpa embel-embel penggunaan WordPress atau Blogspot. Terakhir, jangan lupa pastikan untuk mengarahkan cursor kamu hingga bagian bawah situs pinjaman uang online.

Lalu, cek pada bagian footer (bawah) situs tersebut apakan mereka bekerjasama dengan OJK atau tidak.

  1. Pilih yang menyediakan kalkulator pinjaman

Kalkulator simulasi kredit bank - CekAja.com

Bicara tentang pinjaman dana, maka kita akan bicara tentang dana yang kamu butuhkan, jangka waktu pembayaran cicilan hingga nilai bunga. Nah! Agar tidak membebani pembayaran cicilan, pastikan layanan yang kamu pilih menyediakan simulasi atau kalkulator penghitungan pinjaman.

Rata-rata, layanan pinjaman online yang terpercaya sudah menyediakan layanan ini di halaman depan mereka agar masyarakat lebih mudah menghitung semua pinjaman yang dibutuhkan.

  1. Cari tahu sumber pinjaman

pinjaman modal bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Karena layanan pinjaman uang online atau daring rata-rata tidak bekerjasama dengan bank, maka penting untuk mencari tahu siapa saja para investor yang menanamkan dananya untuk dijadikan modal pinjaman bagi  calon nasabah atau debitur.

Sebagai contoh beberapa layanan seperti Investree, menampilkan perusahaan-perusahaan yang menampilkan sumber dana pinjaman. Bahkan, layanan yang satu ini cukup lengkap memberi informasi tentang sumber pinjaman.

  1. Lihat bagaimana cara serta syarat-syaratnya

pinjaman bank_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Layanan pinjaman daring yang baik biasanya akan menampilkan proses pengajuan pinjaman online beserta syarat-syaratnya.

Nah! Jika kamu tidak menemukan cara serta persyaratan yang jelas di berbagai laman situs pinjaman maka, sebaiknya hentikan untuk mengajukan kredit atau pinjaman di situs tersebut.

  1. Cari ulasan tentang layanan pinjaman online

tips bisnis _ pinjaman UKM - CekAja.com

Rata-rata saat ini beberapa layanan pinjaman online kini menambahkan ulasan dari masyarakat yang sudah mengajukan pinjaman di situs tersebut. Informasi yang bisa kamu lihat rata-rata akan menampilkan ulasan yang baik.

Namun, alangkah bijaknya untuk terus mencari informasi yang akurat tentang ulasan tersebut. Salah satu cara termudah adalah “kepo” atau mencari tahu tentang situs pinjaman tersebut melalui akun media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram.

Biasanya melalui layanan media sosial ini kamu akan mendapatkan masukkan tentang berbagai macam informasi seperti layanan customer service, atau bagaimana cara layanan pinjaman daring tersebut merespon keinginan konsumen yang akan mengajukan pinjaman.

  1. Disertai alamat lengkap dan nomor telepon yang tepat
telkomsel
telkomsel

Nah! Ini yang paling penting. Ketika kamu membuka situs pinjaman daring, pastikan layanan tersebut dilengkapi dengan nomor telepon yang dapat dihubungi serta alamat informasi yang jelas.

Cara ini akan membantu kamu terhindar dari praktik-praktik yang merugikan atau penipuan yang justru merugikan diri sendiri.

  1. Tunda dulu menggunakan aplikasi mobile

aplikasi android untuk mahasiswa - CekAja.com

Untuk mencari sebanyak-banyaknya calon nasabah atau debitur yang mengajukan pinjaman, tidak jarang beberapa perusahaan pinjaman sudah menyediakan aplikasi agar mudah diakses melalui perangkat gawai atau ponsel pintar.

Namun, sebaiknya kamu menunda rencana ini terlebih dahulu. Karena beberapa aplikasi yang hadir dalam perangkat ponsel pintar atau komputer tablet biasanya akan memiliki masalah gangguan yang justru membuat layanan ini tidak dapat diakses dengan baik.

Jika kamu tetap ingin mengajukan pinjaman dana segar melalui layanan internet ini pastikan untuk mengaksesnya menggunakan halaman peramba (browser) di perangkat komputer.

  1. Ketahui kemudahan pembayaran cicilan
membayar cicilan
membayar cicilan

Terakhir, pastikan tempat pinjaman daring ini memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran cicilan. Misalnya, bisa dilakukan melalui mesin ATM, atau Auto-debet karena terdapat beberapa layanan pinjaman yang bekerjasama dengan bank-bank tertentu.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami